NEWS

Headset AR Apple Vision Pro Dijual Mulai Rp 52 Juta, Memangnya Bisa Apa Saja?

Yohanes   |   Rabu, 07 Jun 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Apple baru saja memperkenalkan headset Augmented Reality (AR) pertama mereka dalam konferensi pengembang tahunan Worldwide Developers Conference WWDC 2023. Perangkat ini diberi nama Apple Vision Pro. Apple Vision Pro adalah perangkat yang didesain menyerupai kacamata , tetapi tentu fungsinya lebih dari sekadar kacamata biasa. Pasalnya, perangkat ini memberikan pengalaman dunia virtual di dunia nyata kepada penggunanya. Dengan memakai Vision Pro, pengguna akan bisa melihat dan mengoperasikan aneka layanan Apple yang seolah tampak di depan mata. Nah, tampilan tersebut bisa dinavigasi, misalnya untuk menjalankan aneka aplikasi, menikmati beragam konten digital, dan lain sebagainya.

Perangkat ini seolah menawarkan dunia virtual untuk penggunanya sendiri, karena orang lain yang ada di sekitar pengguna secara fisik, tidak akan mengetahui apa yang sedang dilakukan di ruang virtual tersebut. Rencananya, Apple Vision Pro bakal mulai dijual di Amerika Serikat awal tahun depan dengan harga 3.500 dollar AS atau sekitar 52 juta jika dikonversi ke rupiah dengan kurs saat ini. Dengan banderol yang tinggi tersebut, lantas apa saja yang bisa dilakukan dengan headset AR Apple Vision Pro?

Baca ini juga :


» Kabar Baik Bagi user iPhone! Akhirnya Apple Izinkan Benerin iPhone Pakai Part Bekas dari iPhone Lain!
» Apple Akhirnya Izinkan Emulator Masuk ke App Store, Udah Bisa Mainin Game Retro di iOS!
» Apple Tambahkan Fitur Avatar Spatial Persona ke Vision Pro, Bikin Video Call Berasa Ketemu Langsung!
» Ikut Ramaikan April Mop, Nintendo Umumkan Virtual Boy Pro! Sebuah Parodi Headset Apple Vision Pro!
» Bocoran Tiruan Body iPhone 16 Perlihatkan Ukuran Lebih Besar dan Ada Tombol Fisik Baru!




Sumber: Apple


Melihat keadaan di luar maupun di dunia virtual



Apple Vision Pro didesain dengan lapisan kaca yang transparan. Dengan konsep ini, pengguna bisa melihat tampilan virtual, di atas background dunia nyata. Praktik ini didukung oleh layar depan Vision Pro yang disebut Apple "EyeSight". Lapisan layar ini akan memperlihatkan mata pengguna ketika seseorang mendekati pengguna Vision Pro.

Kontrol tanpa perlu aksesori tambahan



Umumnya, headset AR atau VR hadir dengan aksesori khusus agar bisa mengendalikan atau menavigasi dunia virtual. Namun praktik ini dibuat lebih sederhana oleh Apple. Apple memanfaatkan gerakan tangan pengguna yang diterjemahkan oleh kamera Vision Pro yang menghadap ke luar sebagai alat pengendalinya.

Putar audio spasial



Untuk menikmati audio di Vision Pro juga tak perlu headphone tambahan. Sebab, Apple memasang pod audio driver ganda di gagang Vision Pro, khususnya di area yang dekat dengan telinga pengguna. Audionya juga didukung teknologi Audio Spasial bikinan Apple.


Sumber: Apple


Bisa untuk orang dengan mata minus



Biasanya, orang yang memakai kacamata minus akan terkendala ketika memakai headset AR atau VR. Namun, kendala ini tak akan ditemukan di Apple Vision Pro. Pasalnya, kacamata AR Apple ini dilengkapi dengan lensa yang bisa disesuaikan tingkat minus atau plus mata pengguna. Lensa tersebut bisa diselipkan pengguna ke bagian dalam headset. Tawarkan kualitas 4K Layar dalam Vision Pro berpanel micro-OLED, sehingga diklaim mampu menghasilkan visual berkualitas 4K.

Keamanan Optic ID



Soal keamanannya, Vision Pro menggunakan teknologi Optic ID sebagai pengganti Face ID yang dipakai di beberapa produk Apple. Pasalnya perangkat ini tidak memungkinkan praktik autentikasi wajah. Optic ID sendiri bisa dipakai pengguna Vision Pro untuk mengunci perangkat, memproses transaksi hingga login ke berbagai layanan digital.


Sumber: Apple


Potret foto dan video 3D



Headset ini dilengkapi kamera 3D yang bisa menangkap foto dan video secara spasial atau tiga dimensi. Vision Pro memanfaatkan sensor yang terpasang di headset untuk menangkap gambar secara spasial. Tak heran bila Apple menyebut perangkat ini sebagai "komputer spasial". Nantinya, foto maupun video itu bisa diputar ulang atau dibagikan ke perangkat lainnya.

Avatar



Kacamata AR Apple ini juga bisa membantu pengguna membuat avatar untuk dipakai di dunia virtual. Dalam praktiknya, Vision Pro akan memindai wajah pengguna memakai kamera depth-sensing, kemudian dikombinasikan dengan data machine learning sehingga menghasilkan gambaran diri pengguna dalam bentuk animasi.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru