Release Date6 June 2016
ESRB RatingTeen
GenreMOBA
Publisher
Garena Indonesia

Developer
Tencent Games

Console
KOTAK GAME RATING
85
PLAYER RATING
85
BERI RATING
FEATURE

Kisah Perjalanan Arena of Valor dari Awal Rilis sampai Sukses Saat Ini


oleh: Master-Fakry,

Intro


Halo Kotakers,

Arena of Valor atau AoV merupakan salah satu mobile game bergenre MOBA yang populer sekaligus paling sukses di Indonesia. Hal tersebut tercermin dari banyaknya pemain, adanya kompetisi musiman yang bertaraf nasional dan internasional, sampai para gamers yang ikut kecipratan rejeki karena memainkan game buatan Tencent Games ini.


Namun, tahukah kamu kalau perjalanan awal AoV hingga mendapat popularitas tinggi seperti saat ini bukan tanpa rintangan. Tentu saja ada proses yang harus dilalui AoV dan penerbitnya di Indonesia agar AoV bisa diterima oleh kalangan gamers pecinta game MOBA di Indonesia yang saat itu sudah cukup nyaman dengan judul-judul yang sudah ada, sebut saja dari PC adalah DOTA 2, League of Legends, dan untuk mobile ada Vainglory dan Mobile Legends.


Baca ini juga :

» Luar Biasa, Pendapatan Industri Game Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara pada Tahun 2018
» Inilah Alasan Arena of Valor Adalah Mobile Game yang Menyenangkan
» Solusi Gaming Tetap Bahagia dan Tenang Walaupun Sering Kalah
» [Edisi Master Fakry] Nikmati Liburan dengan Video Game Kesayangan
» [Edisi Master Fakry] Beli Hape Baru, Main Game Baru Dong!

Well, mengingat AoV rilis belakangan dari judul-judul yang disebut, tepatnya tanggal 6 Juni 2017, jadi bukan hal yang mudah bagi tim AoV untuk mempromosikan game ini di Indonesia. Apalagi saat itu, judul AoV ini masih berbeda-beda untuk setiap negara. Di Indonesia sendiri, AoV rilis pertama kali dengan nama Mobile Arena yang disingkat MobA.


Perbedaan judul itu menurut Kru KotGa yang membuat popularitasnya agak pecah, seakan-akan game yang benar-benar baru, padahal di luar negeri khususnya Tiongkok sangat populer. Berikut sebagian variasi nama AoV di belahan dunia lain, yaitu Honor of Kings / King of Glory (Tiongkok), Strike of Kings (Eropa), Realm of Valor (Thailand), Penta Storm (Korea Selatan), Legendary Showdown (Taiwan), dan Lien Quan (Vietnam).


TAGS



(Total View : 19292)
rekomendasi terbaru