SPECIAL FEATURE

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Gender Lock Pada Game Online


Intro


Ketika bermain game, khususnya MMORPG, mungkin Kotakers pernah menemukan pada tahap pembuatan karakter tidak ada pilihan untuk mengubah gender atau jenis kelamin dari karakter yang dibuat. Sistem itu dinamakan gender lock. Apabila sebuah game mengimplementasikan sistem gender lock maka mustahil bagi gamers untuk menentukan jenis kelamin dari si karakter.

Sayangnya, gender lock ini tidak hanya menentukan seperti apa wujud dari karakter yang dibuat, namun lebih jauh lagi. Sistem gender lock ternyata juga menentukan kelas (class) dan skill (jurus) dari karakter yang dibuat. Misalnya, pada game Echo of Soul apabila ingin menjadi Warrior atau Rogue maka karakternya pasti pria, jika memilih Guardian, Sorcerer atau Archer maka gendernya pasti wanita.

Berdasarkan analisa Kru KotGa selama ini, ternyata sistem gender lock bukan hanya membatasi pemilihan gender karakter saja tetapi lebih luas lagi. Bahkan sampai berpengaruh terhadap kualitas grafis, animasi, ukuran client game dan sistem lainnya di dalam game. Beberapa game online Indonesia yang menerapkan sistem gender lock antara lain DragonNest, Echo of Soul, Clash of Gods, Elsword, dan The Great Merchant.

Hasil

TAGS



(Total View : 58901)
rekomendasi terbaru