SPECIAL FEATURE

[Kotakgame Awards] Gebrakan dan Inovasi Baru Perusahaan Game Indonesia


10. Tahu Bulat - Own Games

Own Games berhasil mendapatkan dua penghargaan di Kotakgame Awards, yaitu kategori Game Mobile Indonesia Terbaik dan Game Indonesia Terbaik 2016. Seperti yang diketahui bahwa salah satu game yang dibuat oleh Own Games sukses meledak di Indonesia, yakni Tahu Bulat. Game itu pula yang membuat Own Games berhasil mendapatkan dua penghargaan bergengsi tersebut.

Dalam rangka wawancara eksklusif dan penyerahan piala KotakGame Award 2016 yang diraih oleh Own Games melalui game Tahu Bulat, pengembang game yang bermarkas di Bandung ini membeberkan kejutan barunya dalam waktu dekat.


Wawancara berlangsung dengan Eldwin Viriya selaku Founder dari Own Games. Selanjutnya di artikel ini akan disebut sebagai Own. Kira-kira apa kejutan yang akan dihadirkan Own Games setelah Tahu Bulat dan Nasi Goreng?

Yuk simak wawancara eksklusifnya di bawah ini.

Kru KotGa: Apa yang telah dilakukan oleh Own Games sehingga Tahu Bulat bisa begitu heboh saat pertama kali diluncurkan hingga saat ini?

Own: Dari awal, kita memang sudah merencanakan untuk fokus membuat game di market Indonesia. Dari situ kita berpikiran untuk membuat game yang temanya berhubungan dengan kehidupan sehari-hari yang dilakukan masyarakat Indonesia. Salah satu yang terpikirkan, tentu saja makanan. Ketika game-nya benar-benar bisa diterima masyarakat, baru kita berusaha untuk mempertahankan game tersebut agar tetap dimainkan. Caranya dengan terus maintain berdasarkan data yang kita peroleh dari user Tahu Bulat sendiri.

Kru KotGa: Apa rencana Own Games untuk terus mempertahankan prestasi Tahu Bulat di tahun 2017?

Own: Kita masih tetap membaca data untuk mengetahui berapa jumlah pemain tiap harinya, mingguan dan lain sebagainya. Selain itu kita terus menghadirkan update-update baru untuk game Tahu Bulat, seperti beberapa waktu lalu kita memunculkan update Jepang. Reaksi gamer pun beragam, sejauh ini mendapatkan update yang baru itu tentu saja senang sih.


Kru KotGa: Apakah ada update terbaru dari Tahu Bulat kedepannya?

Own: Kita saat ini masih terus mencoba banyak hal di Tahu Bulat. Namun kita juga belum bisa memastikan fitur baru mana yang akan kita munculkan, jadi tidak bisa diinfokan terlebih dahulu agar tidak membuat kecewa. Tetapi jangan khawatir, kedepannya pasti akan ada terus update baru untuk Tahu Bulat.

Kru KotGa: Kejutan apa saja yang akan dihadirkan Own Games untuk para gamer di Indonesia? Mungkin game baru lagi atau apa? Boleh berikan clue-nya?

Own: Kita masih fokus di Tahu Bulat dan Nasi Goreng. Namun tentu saja kita sedang merancang dan menyajikan sesuatu yang baru, doakan saja semoga semuanya bisa lancar. Sehingga nanti pada tanggal 1 April 2017 bertepatan dengan ulang tahun Own Games kita bisa announce perihal sesuatu yang baru ini.

Kru KotGa: Oh iya, ini Own Games hanya berfokus pada makanan saja? Tidak memiliki keinginan untuk membuat game dengan tema lain?

Own: Tentu saja keinginan untuk membuat tema lain ada, namun kita rasa player kita sekarang lagi engaged sama makanan. Jadi kita tidak mau kehilangan hype di sana dan seharusnya ke depan kita juga masih berkutat si seputar makanan.

Kru KotGa: Berapakah jumlah pemain yang telah mencoba game Tahu Bulat?

Own: Yang terdata resmi di Google Play sekitar 7 Juta, tetapi kalau berdasarkan Analytic kita sudah mencapai hingga 10 Juta. Karena sudah tersebar kan jadi ada juga gamer yang men-download game Tahu Bulat dari tempat lain.


Kru KotGa: Terlepas dari game Tahu Bulat, apakah Nasi Goreng menjadi salah satu game andalan dari Own Games saat ini atau ada game lain?

Own: Sudah pasti dong. Gamer Nasi Goreng kita lihat sih happy dan memang kita mencoba membuat game yang gaya permainannya tidak sama persis dengan Tahu Bulat. Sempat kita mendapatkan respon "kok ini game nggak clicker?", karena memang tidak ingin terus-terusan membuat game yang seperti itu, maka munculah Nasi Goreng dengan gaya yang berbeda. Pastinya sama dengan Tahu Bulat kita terus menyajikan update terbaru juga di Nasi Goreng agar para gamer senang.

Kru KotGa: Ada saran tidak nih dari Own Games untuk para kreatif muda yang baru ingin terjun ke dunia pengembangan game? Mungkin tips dan trick? atau ada kesiapan khusus?

Own: Mulailah dengan berkarya, coba apa yang disukai nanti akan ada arahnya mau kemana dan semua akan terlihat sangat jelas. Jadi untuk awal bagi kreatif muda yang ingin terjun, intinya mulailah dengan berkarya.

TAGS



(Total View : 101426)
rekomendasi terbaru



Most Popular Feature
Tidak ada berita terpopuler