SPECIAL FEATURE

True Story, Lingkaran Khilaf Bermain Game Online


Intro


Meski dibandrol dengan gratis, tidak jarang game online sukses menghabiskan uang saku dari pemainnya. Jangan heran, seperti yang umum diketahui gamer, sebab dalam game online terdapat fitur micro-transaction atau in-app purchase yang menjajakan perlengkapan, item maupun layanan premium yang memudahkan dalam permainan, dan item kosmetik untuk membuat karakter pemain tampil menawan.

Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan selama beberapa tahun di industri game online Indonesia, Kru Kotga menyimpulkan ada beberapa item yang menjadi sorotan di game online genre tertentu. MMORPG misalnya, di item mall atau cash shop (tempat beli item menggunakan cash/alat tukar yang didapatkan dengan membeli menggunakan uang asli), kemungkinan besar dijual equipment yang kualitasnya melebihi equipment yang didapat dari drop monster, item untuk upgrade dan fashion.

Baca ini juga :

» Kangen Masa Kejayaan Game Online PC Terbitan Publisher Indonesia
» 7 Tipe Gamer yang Sudah Kecanduan Parah, Kamu yang Mana?
Di genre game lain seperti first-person shooter (FPS), ada senjata premium yang jumlah pelurunya lebih banyak dan akurasi yang lebih tinggi dari senjata yang dibeli dengan gold biasa, serta armor yang dapat meningkatkan HP karakter. Sedangkan di game rhythm, ada berbagai item kosmetik yang bikin karakter tampil mempesona (meskipun tidak banyak membantu dalam permainan).


Sebenarnya sah-sah saja jika penerbit game online menjual berbagai item tersebut di dalam gamenya, mengingat itulah cara mereka untuk mendapatkan keuntungan dalam bisnis game online. Namun yang menurut gamer jadi masalah, kadang item yang dijual itu membuat penggunanya jadi kelebihan kekuatan dan sulit untuk dikalahkan oleh gamer gratisan yang mengandalkan kerajinan dan skill dalam bermain.

Pada artikel ini, Kru Kotga akan mengajak kamu untuk mengingat kembali, seberapa besar pengeluaran atau khilaf paling besar kamu saat aktif bermain game online.

Yuk baca laman selanjutnya!

TAGS



(Total View : 44727)
KRU KOTGA BISA BACA PIKIRANMU! Kamu pasti akan suka dengan artikel ini :
rekomendasi terbaru