SPECIAL FEATURE

[SPECIAL] 10 Seri JRPG Klasik yang Wajib Untuk Kamu Mainkan


oleh: VolkanKaya

Halaman 2

7. Lunar: Eternal Blue Complete

Mengusung konsep JRPG lawas dengan sistem turn-based battle yang solid memang tidak mudah untuk dieksekusi. Namun, franchise Luna berhasil menjawab tantangan ini dengan kualitas kelas atas dan sensasi petualangan yang luar biasa dari tiap serinya. Jika bicara soal salah satu seri terbaik, maka Eternal Blue mungkin adalah yang paling mendominasi.

Tidak hanya menghadirkan kualitas yang penuh dengan kejutan di segala aspek, tapi game ini juga memiliki beberapa soundtrack terbaik yang akan membuat kamu jatuh cinta. Walaupun banyak dilupakan oleh gamer, tapi game ini berhak untuk mendapatkan perhatian sebagai salah satu JRPG terbaik.

Baca ini juga :

» Spesifikasi Smartphone Android Ideal untuk Gaming Zaman Now
» [SPECIAL] 10 Game RPG PS1 Terbaik yang Penuh Kenangan
» [SPECIAL] 10 Game Arcade Tahun 2000-an yang Paling Sensasional
» [SPECIAL] 10 Game Terburuk dan Paling Mengecewakan di Tahun 2017
» 15 Anime Terbaik Yang Mesti Ditonton Para Gamer

6. Phantasy Star IV

Popularitas franchise Final Fantasy memang sangat tinggi pada era tahun 80-an dulu, tapi SEGA tidak ingin hanya berdiam diri dan melihat kesuksesan dari beberapa franchise JRPG yang mendominasi. Untuk ikut bersaing, mereka akhirnya merilis sebuah game JRPG klasik berjudul Phantasy Star.

Berbeda dari kebanyakan seri JRPG lain, game ini hadir dengan tema sci-fi sebagai fokus utama. Walaupun sempat diragukan di awal, tapi seri ini berhasil mencuri perhatian banyak gamer dan menempatkan franchise ini sebagai salah satu yang terbaik. Dan jika bicara soal yang terbaik, maka Phantasy Star IV adalah rajanya.

5. Persona 3

Setelah debut dari dua seri pertamanya yang masih kurang sukses namun memiliki potensi menjanjikan, Atlus akhirnya memutuskan untuk merilis sekuel ketiga dari Persona yang merupakan spin-off dari franchise Shin Megami Tensei. Dengan banyaknya perubahan dari mekanisme gameplay dan presentasi secara keseluruhan yang lebih stylish, franchise Persona akhirnya berhasil meraih popularitas hingga pasar barat.

Tidak mau melewatkan momentum ini, dua tahun kemudian Atlus akhirnya merilis sekuel keempatnya yang justru lebih sempurna lagi. Walaupun secara keseluruhan Persona 4 memiliki kualitas gameplay dan presentasi yang lebih baik, tapi Persona 3 adalah seri yang mengawali perubahan besar dari Atlus dan beberapa elemen di dalamnya juga terhitung masih lebih superior hingga saat ini.

TAGS



(Total View : 24305)
rekomendasi terbaru