SPECIAL FEATURE

[SPECIAL] 10 Seri JRPG Klasik yang Wajib Untuk Kamu Mainkan


Halaman 3

4. Vagrant Story

Seolah tidak ingin menawarkan pendekatan konsep JRPG yang terkesan monoton, Square Soft akhirnya memutuskan untuk merancang sebuah game JRPG dengan pendekatan jalan cerita, karakter, latar dunia, hingga mekanisme gameplay yang jauh lebih unik. Salah satu contohnya adalah mekanisme combat yang penuh resiko dan berhubungan dengan peran Ashley Riot sebagai seorang Riskbreaker.

Kelebihan terbesar dari game ini sendiri adalah jalan cerita yang sangat kompleks dan penuh rahasia di dalamnya. Karena game ini mengambil latar dunia yang sama dengan Final Fantasy XII dan Final Fantasy Tactics, maka kamu tentunya bisa membayangkan banyaknya rahasia besar yang masih disimpan oleh Vagrant Story hingga saat ini.

3. Suikoden II

Epik, mungkin adalah kata yang paling tepat untuk menggambarkan keseluruhan kualitas dari Suikoden II. Tidak hanya menawarkan salah satu jalan cerita terbaik dalam genre JRPG, tapi juga salah satu yang terbaik dalam sejarah video game. Mulai dari karakter memorable, mekanisme gameplay yang solid, hingga banyaknya momen penuh kejutan pasti akan membuat kamu langsung jatuh cinta dengan game ini.

Sederhananya, semua aspek dalam game ini dibangun dengan keseriusan dan berakhir sebagai salah satu seri JRPG klasik paling fenomenal. Lebih baiknya lagi, kamu bahkan tidak perlu memainkan seri pertama Suikoden untuk bisa mengikuti jalan cerita yang ditawarkannya.

Baca ini juga :

» Spesifikasi Smartphone Android Ideal untuk Gaming Zaman Now
» [SPECIAL] 10 Game RPG PS1 Terbaik yang Penuh Kenangan
» [SPECIAL] 10 Game Arcade Tahun 2000-an yang Paling Sensasional
» [SPECIAL] 10 Game Terburuk dan Paling Mengecewakan di Tahun 2017
» 15 Anime Terbaik Yang Mesti Ditonton Para Gamer

2. Final Fantasy IX

Sebagai seri Final Fantasy terakhir yang dirilis untuk platform PlayStation 1, Final Fantasy IX akhirnya kembali ke akar tema klasik yang seharusnya diusung di franchise ini. Respon dari sebagian fans dan gamer memang cukup negatif, hingga membuatnya menjadi salah satu seri yang paling diremehkan waktu itu bahkan hingga sekarang.

Tapi jangan menilai buku dari sampulnya, impresi awal yang kamu berikan pasti juga begitu, dengan melihat desain karakter chibi yang terkesan kekanakan dan terasa kurang menarik. Namun, dibalik keraguan ini tersembunyilah suatu seri Final Fantasy terbaik. Mulai dari jalan cerita, karakter, gameplay, soundtrack, hingga latar dunia mempesona yang memang menjadi kekuatan utama di franchise ini semua dieksekusi dengan sempurna.

1. The Legend of Heroes: Trails in the Sky

Franchise JRPG klasik yang pertama kali memulai debutnya pada tahun 2004 lalu ini sebenarnya tidak mendapatkan banyak perhatian dari gamer. Walaupun dirasa cukup telat untuk memulai debutnya, tapi Falcom berhasil menyuntikkan berbagai macam elemen menarik yang tidak ada di franchise JRPG manapun. Trails in the Sky adalah rilis seri pertama dari franchise The Legend of Heroes, dan hingga saat ini kualitasnya masih berada dalam posisi puncak.

Disini kita tidak hanya berbicara soal jalan cerita fantastis, karakter memorable, hingga mekanisme gameplay yang sangat solid, tapi setiap seri seri The Legend of Heroes memiliki keterikatan dari serinya. Hal ini dikarenakan franchise ini mengambil latar dunia yang sama, namun hanya berbeda wilayah. Tujuan Falcom disini adalah untuk membuat gamer memiliki ikatan yang lebih dalam dan memorable dengan seri ini. Tujuan yang cukup ambisius memang, tapi sebagian besar gamer yang sudah memainkannya pasti tidak akan bisa mengelak perasaan yang dalam dan berkesan tersebut.

Nah itu dia list dari rekomendasi 10 game JRPG klasik yang pastinya wajib untuk kamu mainkan. Jika Kotakers punya pendapat lain, jangan lupa untuk isi kolom komentar dibawah ini ya!

(KotakGame)

TAGS



(Total View : 33746)
rekomendasi terbaru