SPECIAL FEATURE

[SPECIAL] 10 Game RPG PS1 Terbaik yang Penuh Kenangan


Halaman 3

4. Persona 2: Innocent Sin

Untuk pilihan yang satu ini memang lebih personal, karena sebagian besar gamer veteran dulunya pasti belum pernah memainkan Persona 2. Jika dibandingkan dengan sekarang, franchise Persona dulunya memang tidak populer sama sekali. Jangankan Persona, bahkan Shin Megami Tensei yang merupakan franchise JRPG utama besutan Atlus masih tidak mendapatkan banyak perhatian. Tapi jika kamu mau minyisihkan waktu dan memainkan Persona 2: Innocent Sin, reaksi yang pertama kali kamu dapatkan pasti "What the hell is this game?"

Penuh kebingungan, tapi disaat yang bersamaan kamu akan semakin jatuh cinta dengan konsep yang ditawarkan seiring jalannya permainan. Persona 2: Innocent Sin memperlihatkan potret dari kehidupan anak sekolah normal dan memadukannya dengan rahasia dunia lain khas mitologi Jepang yang gelap. Kamu bahkan bisa berhadapan langsung dengan Fuhrer (Hitler) yang dibantu dengan sosok iblis terkuat Nyarlathotep, cukup menarik bukan?


3. Wild Arms

Terlepas dari statusnya sebagai game JRPG, Wild Arms mengambil latar dunia di wilayah barat yang kaya akan kehidupan dan rahasia menarik. Merangkum jalan cerita dengan berfokus pada tiga karakter utama (Rudy, Jack, dan Cecilia) adalah langkah yang sangat tepat untuk memberikan ikatan lebih personal kepada para pemain. Menawarkan sistem battle turn-based yang dikombinasikan dengan berbagai macam skill dan stats karakter, Wild Arms adalah game JRPG yang jauh lebih nyaman untuk dinikmati gamer pendatang baru.

Tidak ada pujian yang lebih sempurna untuk menggambarkan betapa sempurnya perpaduan elemen medieval klasik dengan dunia fantasi dalam Wild Arms. Pendekatan konsepnya yang unik ini juga memegang peranan besar saat genre JRPG mulai diterima di wilayah barat.

Baca ini juga :

» 25 Perusahaan Game dengan Pendapatan Terbesar di Dunia, Favorit Kamu yang Mana?
» [KotakGame Rewind 2018] Kilasan Berita Hype Tahun 2018 yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan
» [TGS 2018] Kru KotGa Nyobain One Piece: World Seeker, Sensasi Open World yang Menarik!
» [SPECIAL] 10 Game Arcade Tahun 2000-an yang Paling Sensasional
» [SPECIAL] 10 Game RPG PS2 Terbaik yang Penuh Kenangan

2. Vagrant Story

Seolah tidak ingin menawarkan pendekatan konsep JRPG yang terkesan monoton, Square Soft akhirnya memutuskan untuk merancang sebuah game JRPG dengan pendekatan jalan cerita, karakter, latar dunia, hingga mekanisme gameplay yang jauh lebih unik. Salah satu contohnya adalah mekanisme combat yang penuh resiko dan berhubungan dengan peran Ashley Riot sebagai seorang Riskbreaker.

Kelebihan terbesar dari game ini sendiri adalah jalan cerita yang sangat kompleks dan penuh rahasia di dalamnya. Karena game ini mengambil latar dunia yang sama dengan Final Fantasy XII dan Final Fantasy Tactics, maka kamu tentunya bisa membayangkan banyaknya rahasia besar yang masih disimpan oleh Vagrant Story hingga saat ini.


1. Final Fantasy IX

Sebagai seri Final Fantasy terakhir yang dirilis untuk platform PlayStation 1, Final Fantasy IX akhirnya kembali ke akar tema klasik yang seharusnya diusung di franchise ini. Respon dari sebagian fans dan gamer memang cukup negatif, hingga membuatnya menjadi salah satu seri yang paling diremehkan waktu itu bahkan hingga sekarang.

Tapi jangan menilai buku dari sampulnya, impresi awal yang kamu berikan pasti juga begitu, dengan melihat desain karakter chibi yang terkesan kekanakan dan terasa kurang menarik. Namun, dibalik keraguan ini tersembunyilah suatu seri Final Fantasy terbaik. Mulai dari jalan cerita, karakter, gameplay, soundtrack, hingga latar dunia mempesona yang memang menjadi kekuatan utama di franchise ini semua dieksekusi dengan sempurna.

Nah itu dia list dari 10 game RPG PlayStation 1 terbaik yang penuh dengan kenangan saat dimainkan kembali. Jika Kotakers punya pengalaman dari seri RPG lainnya yang juga tidak kalah berkesan, jangan lupa untuk isi kolom komentar dibawah ini ya.

(KotakGame)

TAGS



(Total View : 75838)
rekomendasi terbaru