Release Date6 June 2016
ESRB RatingTeen
GenreMOBA
Publisher
Garena Indonesia

Developer
Tencent Games

Console
KOTAK GAME RATING
85
PLAYER RATING
85
BERI RATING
SPECIAL FEATURE

4 Mobile Game dengan Ekosistem Esports Paling Sehat di Indonesia


Mobile Legends


Tidak dipungkiri, Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) memulai tren mobile game esports dengan penggemar paling heboh yang pernah ada. Hal itu tercermin dari tingginya antusiasme gamer yang hadir pada grand final turnamen nasional maupun internasionalnya di Indonesia. Alasan Kru KotGa menunjuk Mobile Legends sebagai mobile game dengan ekosistem sehat adalah game ini didukung oleh publisher yang aktif menyelenggarakan beragam pertandingan untuk berbagai kalangan, mulai dari amatir hingga profesional, kemudian umum hingga pelajar.

Beragam kompetisi utama Mobile Legends yang diselenggarakan di Indonesia setiap tahun atau musim, yaitu babak kualifikasi nasional Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC), Grand Final MSC yang sudah dua kali digelar di Indonesia, dan Mobile Legends Professional League (MPL). Selain pertandingan, mulai dari komentator, influencer, dan media memberikan sorotan terus menerus untuk game, update hero, kompetisi dan lainnya terkait Mobile Legends.


Kemeriahan MSC 2017

Baca ini juga :

» Srikandi Dunia Esports Indonesia! Inilah Deretan Nama-Nama Talent Esports Wanita Versi Kru KotakGame!
» Rekap Perjuangan Tim Esports Indonesia untuk Raih Medali SEA Games 2019
» Esports di Indonesia & Perkembangannya Selama 20 Tahun
» Kenalan dengan Punipun, Brand Ambassador ROG yang Super Imut
» Kenalan Dengan Rex Regum Qeon, Tim 'Raja' yang Miliki Banyak Prestasi
Hadiah yang ditawarkan untuk kompetisi utama Mobile Legends tersebut juga sangat menggiurkan. Total hadiah untuk Grand Final MSC 2017 adalah USD100,000 atau setara Rp1,4 miliar dan total hadiah Grand Final MSC 2018 adalah USD100,000 plus USD44,951 (total 144,951). Indonesia diwakili oleh Saints Indo dan Elite8 pada Grand Final MSC 2017, sedangkan pada tahun 2018 diwakili oleh Aerowolf Roxy dan RRQ. Sayangnya, Indonesia masih belum bisa menjuarai MSC, baik tahun 2017 maupun 2018.



Ekosistem esports Mobile Legends pun semakin sehat dengan diadakannya MPL yang merupakan liga untuk tim esports profesional. Menariknya dari MPL, pada musim pertandingannya, setiap kali berhasil menang pertandingan, tim akan mendapatkan hadiah uang berdasarkan poin kemenangan yang didapatkan. Total hadiah MPL Indonesia season 1 dan season 2 masing-masing adalah USD100,000 atau sekitar Rp1,4 miliar. Tim yang menjadi juara pada MPL Indonesia season 1 adalah Team nxl> (setelah MPL Indonesia season 1 berakhir, tim ini lepas dari bagian Team nxl> yang kemudian dilanjutkan dengan ganti nama jadi King Slayer, dan saat ini tim tersebut sudah dipinang oleh Aerowolf sehingga namanya sekarang adalah Aerowolf Roxy).


Tidak cuma kompetisi tingkat nasional dan Asia Tenggara, pada tahun 2019, MLBB juga direncanakan untuk dibuatkan kompetisi tingkat dunianya yang dinamakan Mobile Legends World Tournament pada tahun 2019.

Terlepas dari kompetisi utama yang diselenggarakan oleh pihak penerbit, MLBB juga muncul di berbagai ajang esports lain di Indonesia, antara lain Indonesia Games Championship (IGC), Indonesia Esports Championship (IEC) dan Southeast Asia Cyber Arena (SEACA).

TAGS



(Total View : 26769)
rekomendasi terbaru