SPECIAL FEATURE

[KotakGame Rewind 2018] Kilasan Berita Hype Tahun 2018 yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan


Mobile Game

Tahun 2018 juga menjadi awal perilisan dari mobile game sejuta umat terpopuler saat ini, mulai dari PUBG MOBILE dan Ragnarok M: Eternal Love. Yap, walaupun demikian, ada juga mobile game lainnya yang popularitasnya tidak boleh dipandang sebelah mata, antara lain Dragon Nest M juga rilis tahu 2018. Mobile game lama seperti Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor dan Lords Mobile juga masih eksis, bahkan Pokemon Go yang dibilang sebagai dead game oleh gamer, komunitasnya di Indonesia masih solid banget.


Mobile game yang mendapat banyak sorotan di tahun 2018 adalah PUBG MOBILE. Berita-berita unik dari para gamer PUBG MOBILE juga berseliweran di dunia maya, khususnya mengenai pernikahan antar sesama pemainnya. Popularitas PUBG MOBILE semakin gemilang berkat update map barunya, mulai dari yang pertama adalah Miramar, kemudian Sanhok dan yang terbaru adalah Vikendi yang bersalju. Taring PUBG MOBILE semakin terlihat ketika grand final PUBG MOBILE Indonesia National Championship (PINC). Kompetisi nasional yang babak penyisihannya dilakukan pada 12 kota di Indonesia ini mendapat sambutan yang sangat tinggi dari gamer. Pada ajang KotakGame Awards 2018, PUBG MOBILE berhasil meraih penghargaan sebagai Best Mobile Game Battle Royale, Best Mobile Game Esports, dan Best Mobile Game of the Year.


Tidak ketinggalan nih, drama CEO Moonton yang dituntut oleh Tencent Games yang banyak disalah infokan oleh media game Indonesia. Sebagian media ada yang mengabarkan bahwa masalah terjadi antara Moonton dan Riot Games yang mengacu pada tuntutan Riot Games terhadap Moonton sebelumnya. Padahal maksud dari berita yang bersumber dari situs Dot Esports itu tidak seperti yang disampaikan oleh sebagian media. Faktanya, yang bermasalah di sini bukan Riot Games, melainkan Tencent Holdings dengan Xu Zhenhua yang kebetulan adalah CEO Moonton.


Baca ini juga :

» Luar Biasa, Pendapatan Industri Game Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara pada Tahun 2018
» Ngobrol Santai bersama Azizah Assattari, Pengembang Game Unik Bertema Hantu dan Kerusakan Lingkungan
» [SPECIAL] 10 Game RPG PS1 Terbaik yang Penuh Kenangan
» Bingung Mau Ngapain di Hari Game Indonesia? Inilah yang Seharusnya Gamer Lakukan untuk Merayakannya
» [KotaKlasik] PlayStation 1: Pengkhianatan Nintendo yang Berbuah Manis Bagi Sony
Di samping perilisan dan hype mobile game baru, update juga menjadi salah satu daya tarik dari mobile game lama. Salah satu yang mendapat update paling fenomenal adalah Vainglory dengan mode 5v5 dan virtual analog-nya, haha. Sambutan gamer ketika pengumuman update 5v5 di Vainglory cukup beragam, ada yang pro dan kontra, khususnya dari gamer Vainglory itu sendiri. Ada juga yang berpendapat Vainglory akhirnya ikut-ikutan kontrol MOBA analog seperti Mobile Legends dan Arena of Valor. Terlepas dari pro dan kontra, Vainglory masih merupakan mobile game MOBA dengan grafis terbaik dan gameplay paling mendalam hingga saat ini, menurut Kru KotGa.


Terlepas dari game yang sudah disebutkan itu, perilisan mobile game lainnya juga tidak boleh dilupakan, khususya perilisan secara global atau versi bahasa Inggris sehingga gamer Indonesia akhirnya bisa main, antara lain Ragnarok Rush, Lineage2 Revolution yang akhirnya rilis di Indonesia, Brawl Stars dari kreator Clash of Clans, dan gamenya para wibu, yaitu BanG Dream (Bandori) dan Azure Lane, dan Honkai Impact 3.


Well, itulah kilasan mengenai hype mobile game di tahun 2018. Yuk lanjut ke laman berikutnya!

TAGS



(Total View : 21370)
rekomendasi terbaru