SPECIAL FEATURE

[Edisi Master Fakry] Luthfi Suryanda: Wibu Telat Lulus Kuliah, tapi Kaya Prestasi


Berapa lama lulus?

1. Berapa lama kamu menyelesaikan kuliah, dan lulus di semester berapa?

Saya menyelasaikan kuliah total 6,5 tahun dan lulus di semester 13.

2. Apa yang menjadi alasan lulus kuliahnya bisa selama itu?

Saya pas semester awal kuliah sempat bilang ke dalam diri saya sendiri, "Saya ga mau lulus tepat waktu, saya mau lulus tepat pada waktunya". Saya sendiri waktu itu yakin kalau ada sesuatu yang harus diraih dulu sebelum pergi ninggalin kampus sebagai seorang sarjana dengan menambah pengalaman di luar perkuliahan. Saya belajar dari orang yang sudah lulus duluan dan orang di sekitar saya bahwa mereka mendapatkan skill yang lebih berharga di masa depan ketika mereka keluar dari zona nyaman perkuliahan. Waktu itu, saya juga pengen ketika sudah selesai dari kuliah, saya sudah siap dan punya pengalaman banyak yang bisa saya ceritakan dan saya bawa pulang. Alhamdulillah, impian itu tercapai ketika saya sudah lulus kemarin.


3. Prestasi dalam karir apa saja yang telah kamu raih ketika menjalani masa kuliah?

Saya sempat jadi Duta Musik Jepang di Indonesia oleh J-Music Lab dan terbang ke Jepang selama 5 hari 4 malam. Terus juga jadi Ketua Angkatan Sastra Jepang UNPAD Angkatan 2012. Saya juga pernah juga pegang jabatan sebagai Assistant Product Manager di Agate International, pernah jadi produser, penyiar, sama music director lagu Jepang di program radio Zora Japan Beat selama tiga tahun. Pernah kerja sama dengan Sony Music Indonesia bareng teman-temen KAORI Nusantara, jadi MC (pembawa acara) booth Creator Super Fest (CSF) di AFAID, pernah mewawancara beberapa artis luar negeri, pernah sepanggung juga jadi MC meet & greet bareng Flow (yang nyanyi lagu Naruto berjudul "Go!"), pernah bantu ngisi konten game Ghost Parade yang dikembangkan oleh Lentera Nusantara, dan jadi Content Manager di MangaMon. Saya juga pernah jadi MC di Comifuro sebanyak empat kali dan sempet pada Comifuro 12, saya cosplay jadi karakter Izuku Midoriya (Boku no Hero Academia) di depan panggung sambil membawakan acara.


Baca ini juga :

» Tips Jitu Bikin Festival Jejepangan Jadi Lebih Menyenangkan
» Highlight Anime Festival Asia Indonesia 2014
4. Terlepas dari alasan kamu lulus kuliah yang cukup lama itu, apa pendapat kamu mengenai mahasiswa yang lulusnya di ujung semester akhir atau kalau tidak lulus semester itu, maka akan diberikan sanksi dropout?

Kalau menurut saya sah-sah aja, tapi selama alasan lulus lamanya reasonable kaya nyari pengalaman dulu atau nyari koneksi dan networking dulu menurut saya sah-sah aja. Dulu saya sempet kepikiran buat dropout, cuman orang-orang terdekat saya, khususnya ibu, terus ngedukung karena kelulusan itu sebagai tanda bahwa saya bisa menyelesaikan tantangan terberat dan bukti tanggung jawab terhadap orang tua. Ibarat kata, kalau misalnya kuliah saja tidak selesai, bagaimana bisa menyelesaikan tantangan hidup berikutnya yang bakal lebih susah. Pada akhirnya, waktu ngerjain skripsi itu sebenarnya menurut saya adalah waktu saya diuji secara fisik dan mental. Ketika kamu sudah bisa menyelesaikannya, kamu akan kagum dengan diri kamu sendiri.

TAGS



(Total View : 16488)
KRU KOTGA BISA BACA PIKIRANMU! Kamu pasti akan suka dengan artikel ini :
rekomendasi terbaru