SPECIAL FEATURE

[Edisi Master Fakry] Luthfi Suryanda: Wibu Telat Lulus Kuliah, tapi Kaya Prestasi


Nyesel nggak?

5. Bagi kamu, hal penting apa sih yang harus dimiliki seorang pelajar, khususnya mahasiswa, untuk bisa sukses dalam karir?

Kalau kamu merasa masuk jurusan kuliah sudah sesuai dengan minat, eksplorasi bidang itu sedalam-dalamnya dan jadilah orang yang paling jago di bidang itu. Tapi kalau kamu merasa salah jurusan, cari banyak pengalaman di luar kampus dengan cara berorganisasi, bertemu, dan ngumpul bareng dengan komunitas yang positif, ikut banyak seminar dan asah keterampilan terutama soft skill. Kalau misalkan pada akhirnya kamu lulus dengan nilai pas-pasan, menurut saya itu gak apa-apa karena kamu sudah punya tabungan soft skill, networking, dan pengalaman yang kamu bawa ketika kuliah. Investasi paling mahal yang dibuat pada masa perkuliahan adalah waktu. Jadi, saya selalu bilang ke adik kelas, "Ketika kamu kuliah, manfaatin waktu sebanyak-banyaknya. Karena ketika kamu lulus, semuanya ga akan sama lagi".


6. Setelah lulus, target baru apa yang ingin kamu capai?

Karena kemarin target di waktu kuliah alhamdulillah semuanya sudah tercapai, sekarang targetnya mencoba untuk belajar menjadi orang yang lebih baik, lebih bannyak berinvestasi di waktu dan di keuangan. Terus level up, menjalani hidup dengan senang hati dan belajar untuk selalu tersenyum ketika menghadapi masalah. Karena orang kuat itu selalu tersenyum (macem kata-kata mentornya All Might aja, haha).

7. Ada nggak sih penyesalan dalam diri kamu, seperti "Kenapa nggak lulus dari dulu aja sih"?

Dulu sempet ada rasa penyesalan kaya gitu dan ada rasa iri sambil bilang, "Kok saya lulusnya lama dan temen saya lulus duluan". Alhamdulillah, setelah melihat kembali, justru saya seneng lulus lama. Karena kalau lulus dari dulu, mungkin harta berupa pengalaman berharga yang bisa saya bawa pulang setelah lulus tidak akan sebanyak ini.


8. Siapa sih yang paling senang atau bangga dengan kelulusan kamu ini?

Orang tua, terutama ibu. Karena ibu saya yang sebenarnya memperbolehkan untuk lulus lama dan ibu saya juga yang mengerem agar saya tidak dropout. We've been through a lot into this.

TAGS



(Total View : 20255)
rekomendasi terbaru