SPECIAL FEATURE

Esports di Indonesia & Perkembangannya Selama 20 Tahun


Halaman 5

Istilah esports semakin dikenal luas lagi setelah kejuaraannya menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertunjukkan di Asian Games 2018, Jakarta dan Palembang. Yang lebih membanggakan adalah atlet Indonesia berhasil menyabet medali, yaitu Ridel "Benzer" Yesaya Sumarandak yang meraih Emas dari game Clash Royale dan Hendry "Jothree" Handisurya yang mendapat Perak dari game Hearthstone.


Benzer


Jothree

Esports juga akan menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games 2019 FIlipina, dengan game, yaitu Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor, DOTA 2, StarCraft II, Tekken 7, dan Hearthstone yang menggantikan NBA 2K. Kabar baiknya, Indonesia sudah menyiapkan para atlet berprestasi dari berbagai kejuaraan nasional untuk bertanding dalam pesta olahraga tingkat Asia Tenggara ini.

Baca ini juga :

» Rekap Perjuangan Tim Esports Indonesia untuk Raih Medali SEA Games 2019
» Kenalan dengan Punipun, Brand Ambassador ROG yang Super Imut
» Kenalan Dengan Rex Regum Qeon, Tim 'Raja' yang Miliki Banyak Prestasi
» Yuk Kenalan dengan ONIC Esports, Tim Baru yang Raih Segudang Prestasi!
» Kenalan dengan Cimon (Cindy Monika), Influencer Sekaligus Calon Dokter yang Cemerlang
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, mewakili Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, juga pernah menyatakan dukungan terhadap esports melalui game Free Fire dalam sebuah turnamen esports bertajuk Garena Free Fire Shopee Indonesia Masters 2019. Dikutip dari situs kemenpora.go.id, ia mengatakan, "Pemerintah bergembira dan akan terus mensupport esports ini terutama game Free Fire ini yang menduduki peringkat 1 di Indonesia, untuk itu penting memberikan wahana luas bagi gamer kita untuk mengembangkan ini dalam hal industri dan prestasinya".


Imam Nahrawi

Popularitas esports ternyata juga menarik para brand ternama Indonesia di luar esports atau industri game untuk ikut ambil bagian dalam rangka mempromosikan produknya. Sebut saja, Kratingdaeng yang mengadakan Kratingdaeng Indonesia Esports Championship (IEC) 2018, dan Tokopedia yang menggelar Tokopedia Indonesia Esports National Championship (IENC). Kemudian ada juga Indofood, Gojek dan Traveloka yang menjadi sponsor acara dan juga tim esports profesional.


TAGS



(Total View : 33734)
rekomendasi terbaru