SPECIAL FEATURE

Ada Giveaway! Mending Mana? Xiaomi Redmi Note 9 Pro VS realme narzo 20 Pro


oleh: Reza Alif

Halaman 2

PERFORMA KEDUA HAPE DALAM BERMAIN GAME



Jika sedang melakukan perbandingan kedua smartphone, tentu kita akan langsung membahas segi performanya. Apalagi dengan budget 3 jutaan kamu pasti berharap bisa bermain game dengan lancar di sebuah smartphone mid range tanpa lagging sama sekali.

realme narzo 20 Pro hadir dengan membawa prosesor gaming dari MediaTek, yaitu Helio G95 didukung RAM sebesar 8GB dan storage 128GB yang merupakan spesifikasi yang mumpuni untuk mengangkat game-game berat seperti Genshin Impact maupun LoL: Wild Rift. Sementara kompetitornya Redmi Note 9 Pro yang seakan tidak mau kalah membawa chipset Qualcomm Snapdragon 720G sebagai otak pengendalinya dan didukung RAM sebesar 6GB dan storage 64GB.

Diatas kertas, kedua hape ini memiliki jeroan yang bisa dibilang seimbang. Tetapi kita akan mengujinya lebih jauh untuk melihat siapa yang memiliki performa lebih baik diantara keduanya. Kru KotGa telah menyiapkan 4 game mobile seperti Genshin Impact, MLBB, Wild Rift, hingga CODM untuk mengetahui siapa yang lebih cepat.

Baca ini juga :

» Lebih Tahu dan Lebih Kenal dengan Tim Terkuat di Segala Divisi, Tim EVOS Esports!
» Makin Kenal Makin Dekat dengan Tim Terkuat PUBG Mobile, Bigetron Esports!
» Makin Dekat dengan XCN Esports, Tim Esports dengan Spesialisasi Game FPS!
» Perjalanan Panjang Auto Chess dan Genre Auto Battler Bisa Hype Banget seperti Saat Ini
» Dari Warnet Hingga Menjadi Sebuah Tim Esports yang Solid, Kenalan Yuk Dengan Tim PG.Barracx!

Sumber: Dok. KotakGame

Ketika mencoba Genshin Impact, realme narzo 20 Pro berhasil masuk lebih dulu dibandingkan Redmi Note 9 Pro. Tetapi memiliki rentang waktu yang tidak kalah jauhnya.


Sumber: Dok. KotakGame

Untuk MLBB, Redmi Note 9 Pro berhasil mengungguli narzo 20 Pro walaupun hanya sepersekian detik. Hanya terpaut sekitar 0,1 detik dari Redmi Note 9 Pro yang lebih cepat masuk ke dalam kolom menu dibandingkan narzo.


Sumber: Dok. KotakGame

Sedangkan dalam percobaan masuk ke dalam game PUBG Mobile, justru realme narzo 20 Pro berhasil masuk lebih dulu. Sama seperti percobaan pada Mobile Legends, mereka hanya terpaut sepersekian detik.


Sumber: Dok. KotakGame

Terakhir kita akan melakukan pengujian dengan game LoL: Wild Rift dan sekali lagi realme narzo 20 Pro kembali memenangkan dengan menjadi yang tercepat dibandingkan dengan Redmi Note 9 Pro.

Selain itu pada pengujian melalui Antutu Benchmark, realme narzo berhasil diatas Redmi dengan angka 298444 poin. Berbeda dengan Redmi Note yang hanya mencatut angka 271644 poin saja.

Meskipun beberapa poin diatas membuat realme bisa lebih unggul, namun tidak ketika bermain game. Dalam beberapa kali percobaan dengan mengambil sample saat bermain Genshin Impact dengan settingan low, Redmi Note 9 Pro justru berhasil mendapatkan performa yang lebih baik dengan tidak adanya framing yang terjadi ketika bermain. realme narzo 20 Pro sering mengalami framing sehingga kurang nyaman saat digunakan bermain.

Tapi karena kita membahas pada performa yang konstan dalam bermain tentunya bisa dibilang Redmi lebih unggul dibandingkan realme, skor lagi untuk Redmi.

DAYA TAHAN BATERAI



Membahas desain sudah, kamera sudah, performa sudah, sekarang kita akan membahas daya tahan baterai dari kedua smartphone mid range ini. Untuk kuantitas, Redmi Note 9 Pro bisa dibilang lebih unggul dari realme, pasalnya mereka memiliki baterai 5020 mAh dan ini lebih besar dari realme narzo 20 Pro yang hanya 4500 mAh saja.

Diuji dalam satu kali match Mobile Legends sekitar 10 hingga 12 menit, Redmi Note 9 Pro hanya menghabiskan sekitar 5% saja. Sedangkan realme narzo 20 Pro dengan durasi yang sama dan game yang sama, menghabiskan 7-8%.


Sumber: Dok. KotakGame

Meskipun realme narzo 20 Pro lebih banyak memakan baterai, namun hal tersebut berhasil ditambal dengan sistem SuperDart Charge yang mampu charging realme hingga 100% hanya dalam waktu 45 menit saja. Tentu ini berbeda dengan Redmi Note 9 Pro yang harus memakan waktu meskipun ia memiliki sistem fast charging 30 Watt.

Jadi dengan fleksibilitas charging yang dimiliki realme, tentunya poin baterai ini bisa kita sematkan kepada realme, 1 poin untuk realme.

KESIMPULAN




Sumber: Dok. KotakGame

Setelah kita membandingkan dan melakukan berbagai tes, seperti performa, kamera, Redmi Note 9 Pro sedikit lebih diatas realme narzo 20 Pro. Namun jika sudah urusan baterai dan display, justru malah realme narzo lebih unggul dibandingkan Redmi Note.

Meskipun begitu, karena kedua hape ini masuk ke dalam kategori yang berimbang kamu bisa memilih diantara kedua hape ini untuk menjadi daily driver kamu. Jika kamu menginginkan performa dan kamera yang baik, kamu bisa menebus Redmi Note 9 Pro ini hanya dengan Rp3.499.000 varian yang 6/64GB sementara untuk varian 8/128GB harganya Rp3.899.000.

Sedangkan jika kamu ingin lebih irit dan ingin mendapatkan sebuah smartphone dengan Refresh Rate 90Hz lengkap dengan SuperDart Charging, kamu bisa memilih realme narzo 20 Pro dengan harga Rp3.399.000.

Namun, buat yang nggak memiliki budget tapi ingin punya salah satu dari kedua ponsel. Kamu bisa ikutan giveaway yang sedang diadakan di channel YouTube KotakGame. Link giveaway ada di deskripsi, jadi jangan ketinggalan. SIapa tahu, kamu bisa mendapatkan Hp idaman yang kamu impikan.

Kalau menurut kamu, mana yang lebih baik, Xiaomi Redmi Note 9 Pro atau realme narzo 20 Pro? Jangan lupa ikutan GIVEAWAY Redmi Note 9 Pro dan realme narzo 20 Pro, ya! Caranya bisa kamu lihat dan tonton video dibawah ini ya!

Intip juga, Redmi Note 9 Pro VS realme narzo 20 Pro.


TAGS



(Total View : 17916)
rekomendasi terbaru