Feature

[Diary Kru Kotga] Intip Uang Rupiah Baru untuk Beli Video Game Yuk!

oleh: Master-Fakry

Wah, ada yang menarik nih terjadi di negara kita tercinta, Indonesia. Tepat pada hari ini, tanggal 19 Desember 2016, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah meresmikan pengeluaran dan pengedaran sebelas pecahan uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2016 di gedung Bank Indonesia, Jakarta.

Diresmikannya uang Rupiah baru ini juga menandai bahwa sebelas pecahan uang tersebut sudah mulai berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebelas uang Rupiah TE 2016 terdiri dari tujuh pecahan uang Rupiah kertas dan dan empat pecahan uang Rupiah logam. Wah, uang Rupiah baru yang heboh dibicarakan selama ini akhirnya terwujud juga.

Uang Rupiah kertas terdiri dari pecahan, yaitu IDR 100.000 TE 2016, IDR 50.000 TE 2016, IDR 20.000 TE 2016, IDR 10.000 TE 2016, IDR 5.000 TE 2016, IDR 2.000 TE 2016, dan IDR 1.000 TE 2016. Sementara uang Rupiah logam terdiri dari pecahan, yaitu IDR 1.000 TE 2016, IDR 500 TE 2016, IDR 200 TE 2016, dan IDR 100 TE 2016. Hanya saja, uang Rupiah nomina IDR 200.000 tetap menjadi gosip, pihak pemerintah hingga saat ini tidak pernah mengeluarkan uang Rupiah dengan nominal tersebut.

Baca ini juga :

» Apakah Pembajakan Akan Membuat Developer Tidak Lagi Merilis Game di PC?
» [Diary Kru KotGa] 2019, Tahun Dimana Anime Bleach Akan Kembali?
» [Diary Kru KotGa] Semakin Terancam, Bagaimana Jadinya Masa Depan Final Fantasy?
» [Diary Kru KotGa] Devil May Cry vs Bayonetta, Mana Franchise Hack and Slash Terbaik?
» [Diary Kru KotGa] Makin Sengit, Game Mana yang Bakal Meraih Gelar GOTY 2018?

Uang Rupiah TE 2016 ini menampilkan dua belas gambar pahlawan nasional sebagai gambar utama di bagian mukanya, yaitu Dr. Ir. Soekarno, Dr. Drs. Mohammad Hatta, Ir. H. Djuanda Kartawidjaja, Dr. G.S.S.J. Ratulangi, Fras Kaisiepo, Dr. K.H. Idham Chalid, Mohammad Hoesni Thamrin, Tjut Meutia, Mr. I Gusti Ketut Pudja, Letjen TNI T.B. Simatupang, Dr. Tjiptomangunkusumo dan Prof. Dr. Ir. Herman Johannes.








Uang Rupiah kertas menampilkan pula gambar tari nusantara dan pemandangan alam dari berbagai daerah di Indonesia untuk lebih memperkenalkan keragaman seni, budaya, dan kekayaan alam Indonesia, antara lain Tari Topeng Betawi, Pemandangan Alam Raja Ampat, Bunga Anggrek Bulan, Tari Legong, Pemandangan Alam Taman Nasional Komodo, Bunga Jepun Bali, Tari Gong, Pemandangan Alam Derawan, dan Bunga Anggrek Hitam.





Pencantuman gambar pahlawan tersebut merupakan bentuk penghargaan atas jasa yang telah diberikan bagi nusantara. Semangat kepahlawanan dan nilai-nilai patriotisme dari para pahlawan nasional tersebut diharapkan dapat menjadi teladan bari rakyat Indonesia, khususnya bagi generasi muda. Sementara keragaman serta keunikan alam dan budaya yang ditampilkan dalam uang Rupiah diharapkan dapat semakin membangkitkan kecintaan terhadap tanah air Indonesia.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang (UU Mata Uang), Rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI. Rupiah merupakan salah satu simbol kedaulatan negara yang wajib dihormati dan dibanggakan oleh seluruh warga negara Indonesia. Kotakers perlu ingat bahwa merusak uang adalah tindakan yang melanggar hukum dan bisa mendapat sanksi, oleh karena itu simpan dan gunakanlah uang kamu dengan baik.

Kru Kotga sudah nggak sabar nih untuk merasakan sensasi uang Rupiah baru itu masuk ke dalam dompet. Setidaknya sepuluh lembar uang dengan gambar Dr. Ir. Seokarno dan Dr. Drs. Mohammad Hatta di dalam dompet akan membuat hadirnya uang baru ini jadi semakin membahagiakan!

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru