Feature

Ini Dia Hasil dari Polling Kotakgame Awards 2016

oleh: Master-Fakry

1. Game Online Indonesia Terbaik

1. MMORPG Terbaik


  • Winner: Dragon Nest
  • Runner-up: Closers
  • Juara 3: RF Online

Dragon Nest kembali memenangkan penghargaan bergengsi sebagai MMORPG Terbaik Indonesia di tahun 2016 dengan perolehan suara sebesar 46,83 persen. Seperti yang diketahui bahwa game yang dirilis oleh Kreon di Indonesia ini sudah beberapa kali menjadi pilihan gamer di Kotakgame Awards 2016. Dengan kemenangan ini, maka Dragon Nest telah berhasil menjadi MMORPG Terbaik Indonesia versi Kotakgame sebanyak 4 kali, yaitu pada Kotakgame Awards 2012, Kotakgame Awards 2014, Kotakgame Awards 2015 dan Kotakgame Awards tahun ini.

RF Online, MMORPG dari Lyto yang setiap tahun langganan menang di Kotakgame Awards pun kali ini harus puas di posisi ketiga dengan perolehan 12,52 persen, sementara runner-up ditempati oleh game pendatang baru dari Megaxus, yakni Closers sebesar 16,26 persen. Sayangnya, game online yang perilisannya sangat hype, Tree of Savior, hanya mampu memperoleh suara sebesar 6,3 persen. Meski demikian, di tengah menurunnya minat gamers Indonesia terhadap game online berbasis PC, Kru Kotga sangat mengapresiasi semua MMORPG yang masih bertahan.

Di bawah ini adalah detail hasil polling-nya.



2. MMO Shooter Terbaik


  • Winner: Point Blank
  • Runner-up: Counter-Strike Online
  • Juara 3: Blacksquad

Jika Kotakers rutin mengikuti Kotakgame Awards setiap tahun ke belakang, mungkin kamu sudah bisa menebak game mana yang akan memenangkan penghargaan ini. Ya, Point Blank dari Garena Indonesia, berhasil menjadi pilihan gamers Indonesia dengan perolehan suara mutlak, yakni 59,16 persen. Kemudian diikuti oleh Counter-Strike Online sebagai runner-up dengan perolehan 25 persen, dan Blacksquad dari Kreon di posisi ketiga dengan 8,28 persen.

Selain ketiga game tersebut, game online bergenre shooter yang masih aktif dan masih layak dimainkan ialah Cross Fire dari Lyto dan Xshot dari Winner Interactive. Pada ajang ini, Cross Fire berhasil memperoleh suara sebesar 5,1 persen, sedangkan Xshot hanya memperoleh 2,05 persen. Shooter merupakan genre game yang sangat kompetitif, pemain dapat memainkannya dengan santai untuk sekadar bersenang-senang maupun main secara serius untuk memenangkan kompetisinya.

Kilas balik ke dua tahun yang lalu di tahun 2015, kejuaraan nasional Point Blank telah menghadiahkan uang tunai sebesar IDR 1 miliar kepada tim yang berhasil menjuarainya, kemudian kejuaraan dunia Point Blank juga diselenggarakan di Indonesia. Pada tahun 2016, kejuaraan nasional Point Blank menghadiahkan total uang tunai sebesar IDR 1,5 miliar kepada para pemenang.

Di bawah ini adalah detail hasil polling-nya.


3. MMO Casual Terbaik


  • Winner: Touch Online
  • Runner-up: Lost Saga
  • Juara 3: League of Legends

Hasil dari sub-kategori ini sangat mengejutkan Kru Kotga karena game browser dapat mengalahkan popularitas dari game online berbasis PC. Pada bagian ini, game yang berhasil menjadi pilihan gamers Indonesia adalah Touch Online dari Prodigy Infinitech dengan perolehan suara sebesar 30,5 persen, mengalahkan game dengan basis penggemar besar Indonesia lainnya, seperti Lost Saga dari Kreon di posisi runner-up yang harus puas dengan perolehan suara 27,46 persen, dan posisi ketiga yang ditempati oleh League of Legends dari Garena Indonesia dengan perolehan 19,54 persen.

Ketiga game tersebut merupakan para penerima penghargaan di Kotakgame Awards di tahun-tahun sebelumnya. Luar biasa untuk Touch Online, hasil polling ini membuktikan bahwa Touch Online merupakan game browser dengan komunitas yangs angat besar dan solid di Indonesia. Kru Kotga sempat mengira bahwa game yang akan menang pada kategori ini adalah League of Legends, mengingat saat ini komunitas dari game tersebut sudah semakin berkembang dan kompetisinya pun sangat banyak. Popularitas Lost Saga sebagai game terbaik dari Kreon pun hanya mampu membawa game ini pada posisi kedua.

Di bawah ini adalah detail hasil polling-nya.


4. Game Online Paling Legendaris di Indonesia


  • Winner: Point Blank
  • Runner-up: Ragnarok Online
  • Juara 3: Lost Saga

Walaupun yang lebih dulu hadir di Indonesia adalah Ragnarok Online dari Lyto, namun ternyata gamer Indonesia melalui event Kotakgame Awards 2016 memilih Point Blank sebagai game online paling legendaris di Indonesia.

Point Blank atau PB dengan publisher pertamanya, Kreon, telah mempopulerkan game ini di Indonesia sejak tahn 2008 silam. Kemudian Garena Indonesia mengambil alih PB dari tangan Kreon dan mengubahnya menjadi game e-sports yang lebih heboh dengan menyelenggarakan berbagai kejuaraan berhadiah sampai miliaran Rupiah.

Baca ini juga :

» Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang KotakGame Awards 2021
» Inilah 10 Kolaborasi di Game Mobile yang Paling Menghebohkan Para Gamer
» Jenuh dalam Hidup? Inilah 7 Event Pop Kultur yang Akan Menghiasi Hidupmu di Tahun 2020!
» Makin Seru, Inilah Event Kolaborasi Paling Menarik di Game Mobile Tahun Ini
» Kumpulan Gosip Seputar Game yang Siap Meramaikan Tokyo Game Show 2019
Pada Kotakgame Awards 2016, Point Blank berdiri kokoh pada posisi winner dengan perolehan suara sebesar 35,91 persen, kemudian diikuti oleh Ragnarok Online dengan perolehan suara 22,34 persen sebagai runner-up, dan di posisi ketiga diduduki oleh Lost Saga dengan 12,81 persen. Pesona dan komunitas Point Blank kembali membawa game ini menjadi yang paling disukai oleh gamer.

Predikat game legendaris memang wajar disandang oleh Point Blank, mengingat game ini merupakan yang paling top di antara game online lainnya. Hanya saja, jangan lupakan Ragnarok Online sebagai game online paling sukses di zamannya. Banyak kenangan yang dilalui oleh gamer Indonesia pada game ini.

Di bawah ini adalah detail hasil polling-nya.


5. Payment Gateway Favorit


  • Winner: UniPin
  • Runner-up: Indomog
  • Juara 3: GudangVoucher

Gamer pasti sudah tidak asing dengan payment gayeway yang menjadi winner pada Kotakgame Awards 2016 ini, ia adalah Unipin. Payment gateway yang pembeliannya dapat dilakukan di Indomaret ini berhasil menjadi favorit gamer Indonesia dengan perolehan suara mutlak, yakni 61,2 persen.

Menurut analisa Kru Kotga, UniPin menjadi payment gateway atau sulisi pembayaran gamer dikarenakan akses untuk pembayarannya bisa dilakukan di Indomaret yang pada dasarnya tersebar luas di seluruh Indonesia. Meski pembayaran juga bisa dilakukan secara online menggunakan internet banking, namun tidak semua orang, khususnya anak-anak yang memiliki fasilitas bank itu.
Dengan terpilihnya UniPin sebagai favorit gamer pada polling Kotakgame Awards 2016, maka payment gateway tersebut telah mendapatkan pernghargaan dari Kotakgame sebyak tiga kali. Pada posisi runner-up ada Indomog dengan perolehan suara 15,59 persen, dan GudangVoucher dengan 9,75 persen.

Di bawah ini adalah detail hasil polling-nya.


6. Brand Gaming Peripheral Favorit


  • Winner: RAZER
  • Runner-up: Logitech G
  • Juara 3: SteelSeries

Yap, pemenang kategori ini adalah pemenang juga pada tahun lalu, yakni RAZER, dengan distributor resmi di Indonesia, Technosolutions. RAZER kembali menjadi brand gaming peripheral favorit gamer dengan perolehan suara sebesar 37,32 persen, yang kemudian di posisi runner-up ada Logitech G dengan perolehan suara 24,81 persen, dan di posisi ketiga ada SteelSeties dengan 16,53 persen.

Untuk gamer awam, kebanyakan hanya mengenal beberapa brand gaming peripheral, dan yang pasti mereka ketahui adalah RAZER. Tidak heran hal itu terjadi karena RAZER banyak muncul sebagai sponsor dalam berbagai event dan kompetisi gaming sehingga gamer pun lebih aware dengan brand ini dibandingkan yang lain. Di samping itu, desain keren gaming peripheral dari RAZER pun membuat gamer lebih percaya diri.

Namun beberapa tahun belakangan, brand kantoran seperti Logitech pun sudah merambah ke industri gaming peripheral. Kualitas produk yang ditawarkan oleh Logitech di serial Logitech G tidak bisa dipandang sebelah mata. Dengan pengalaman selama bertahun-tahun dalam menghadirkan peripheral komputer untuk kantoran, Logitech G mampu menghadirkan gaming peripheral berkualitas yang dibutuhkan gamer, yaitu nyaman dan awet.

Di bawah ini adalah detail hasil polling-nya.


Produk gaming peripheral yang ditawarkan oleh RAZER sangat bervariasi, mulai dari mouse, keyboard, dan mousepad yang mana seri terbaru yang ditawarkan oleh RAZER melalui Technosolutions adalah seri Chroma. Dengan perolehan ini, maka RAZER telah mendapat penghargaan dari Kotakgame sebagai brand gaming peripheral favorit sebanyak tiga kali.

Pada ulang tahun Kotakgame yang kedelapan, Kotakgame Awards 2016 adalah salah satu rangkaian acaranya, Kru Kotga telah menyiapkan hadiah gaming peripheral mantap dari Razer dan Logitech G, yaitu Razer DeathAdder Chroma dan Logitech G300s untuk peserta yang beruntung. Apakah kamu ikutan polling-nya? Kira-kira siapakah yang akan mendapatkan hadiah tersebut, ya?



7. Gaming Graphic Card Favorit


  • Winner: ASUS
  • Runner-up: MSI
  • Juara 3: Digital Alliance

Ini adalah pertama kalinya ada penghargaan untuk gaming graphic card di Kotakgame Awards. Posisi teratas dari polling penghargaan ini sekaligus sebagai graphic card favorit gamer adalah ASUS dengan perolehan suara sebesar 55,77 persen, kemudian di posisi runner-up ada MSI dengan perolehan suara 16,2 persen, dan Digital Alliance dengan 8,63 persen.

Di bawah ini adalah detail hasil polling-nya.


Pemilihan kartu grafis akan mempengaruhi pengalaman kamu dalam bermain game di PC. Meski kapasitasnya sama, namun kualitas yang ditawarkan akan berbeda. Hal itu disebabkan setiap brand memiliki spesifikasi tersendiri untuk produk yang diluncurkannya.

Baca ini juga :

» Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang KotakGame Awards 2021
» Inilah 10 Kolaborasi di Game Mobile yang Paling Menghebohkan Para Gamer
» Jenuh dalam Hidup? Inilah 7 Event Pop Kultur yang Akan Menghiasi Hidupmu di Tahun 2020!
» Makin Seru, Inilah Event Kolaborasi Paling Menarik di Game Mobile Tahun Ini
» Kumpulan Gosip Seputar Game yang Siap Meramaikan Tokyo Game Show 2019
Asal kamu tahu saja, Kotakgame telah menyiapkan hadiah bagi peserta polling Kotakgame Awards 2016 berupa kartu grafis ASUS terkini, yakni DUAL-GTX1050-2G, yang cocok banget untuk gamer yang doyan main video game e-sports seperti DOTA 2, League of Legends, Counter-Strike: Global Offensive, dan Overwatch. Siapakah yang beruntung untuk mendapatkan kartu grafis keren ini, ya?


Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru