Feature

[Diary Kru KotGa] Rakit PC Gaming Entry-Level Dengan Budget 6 Jutaan



Membangun sebuah pc gaming memang bisa menjadi sangat mahal, tapi bukan berarti kalian tidak bisa mendapatkannya dan tidak harus yang terlalu mewah bukan? Entah itu mulai dari entry-level, mainstream, sampai dengan hardcore sekalipun. Nah, kali kru KotGa ingin memberikan sebuah panduan untuk merakit sebuah pc gaming untuk kalangan entry-level. Pada artikel ini, kru KotGa menganggap kalian sudah memiliki keyboard , monitor , mouse , speaker.

Sebagaimana yang kru KotGa sampaikan sebelumnya, pc gaming untuk kalangan entry-level ini dibangun dengan tujuan untuk bermain game e-sports kekinian ataupun untuk menemani pekerjaan sehari-hari kalian hanya dengan budget 6 jutaan. Seperti apa sih spesifikasi nya? Yuk simak artikel nya.

Baca ini juga :

» Zona Nyaman! Rekomendasi Rakitan PC Paling Enak Buat Gaming Gak Pake Mahal
» Rekomendasi Rakit PC Gaming Budget Paling Irit Mulai 3 Jutaaan!
» Bisa Main Game Apapun! Inilah Rekomendasi Rakit PC High-End Sampe 10 Jutaan
» Masih Pelajar? Ini Tips Rakit PC Gaming 4 Jutaan Buat Game Kekinian & Mengerjakan Tugas!
» PC Kentang Merapat! Ini Tips Untuk Meningkatkan Performa PC Kamu
1. Motherboard



Mempunyai durability yang mumpuni serta garansi 3 tahun yang diberikan oleh Asus menjadi pertimbangan utama kru KotGa memilih Asus H110M-A. Mendukung prosesor hingga core i7 dan juga dukungan update BIOS yang diberikan Asus sehingga bisa menggunakan prosesor ber-arsitektur kaby lake. Harga nya yang cukup terjangkau dengan fitur dan durability tinggi yang dimiliki sangat pantas motherboard ini dipilih untuk kalangan entry-level.
Harga : IDR 1,060,000

2. Prosesor



Intel Core i3-6100 memiliki kecepatan 3,7 Ghz, terdapat 2 buah inti core dengan teknologi hyper-threading yang membuat prosesor ini semakin powerful. Ditambah lagi TDP prosesor ini yang sangat kecil hanya 51 watt saja serta support memory tipe DDR3L dan DDR4 menjadikan processor lebih responsif, lebih efisien, lebih kencang dan bertenaga daripada generasi core i3 sebelumnya.
Harga : IDR 1,465,000

3. RAM



Untuk komponen RAM, kru KotGa memilih OCPC XTREME DDR4 PC17000 2133Mhz 8GB KIT, disatu sisi harga nya yang murah, frekuensi pada ram tersebut juga sudah cukup untuk motherboard pada chipset h110 mengingat hanya support hingga 2133Mhz, kalau beli yang PC19200 2400Mhz tentu saja sia-sia bukan?
Harga : IDR 575.000

4. VGA



Nah, ini adalah bagian yang paling sensitif dan paling sering dipertanyakan, kali ini kru KotGa memilih Asus GeForce GTX 1050 2GB DDR5 Dual, memiliki performa diatas RX 460 dan juga GTX 950, walaupun harganya cukup mahal dibandingkan yang lain, Asus memberikan fitur durability yang tinggi serta garansi 2 tahun. Dengan adanya dual fan juga akan membuat vga tersebut tetap dingin saat menjalankan game berat.
Harga : IDR 2.070.000

5. Harddisk



Untuk komponen harddisk, kru KotGa memilih WDC Blue 1TB SATA3 64MB disamping harganya yang murah, rasanya sudah cukup dengan kapasitas tersebut hanya untuk menyimpan beberapa koleksi game dan juga film ataupun anime-anime kesayangan kalian.
Harga : IDR 680.000

6. Power Supply



Power supply adalah jantung dari PC kalian, jadi tidak bisa sembarangan memilih power supply. Untuk komponen power supply, kru KotGa memilih Seasonic ECO Series 430W yang sudah memiliki sertifikasi 80 Plus Bronze. Untuk urusan kualitas, Seasonic sudah tidak perlu diragukan lagi dalam hal power supply.
Harga : IDR 560,000

7. Casing



Casing yang sangat cocok buat kalangan entry-level, kru KotGa memilih Cube Gaming Weiss, selain bentuk nya yang minimalis dan futuristak dengan kaca samping full acrylic. Banyak fitur yang ditawarkan juga seperti psu cober, slot card reader, serta USB 3.0 dengan harga yang sangat murah.
Harga : IDR 405,000

Budget yang sedikit untuk kalangan entry-level, lalu bagaimana performa saat main game? Nah, setelah kru KotGa melakukan riset dan juga pengalaman teman menggunakan spek tersebut, game seperti DOTA 2 dan juga Overwatch serta GTA V dan The Witcher 3 dapat dimainkan dengan sangat lancar. Yuk langsung aja lihat hasil benchmark nya.



Dengan settingan high menggunakan resolusi 1080p untuk game kompetitif seperti DOTA 2 dapat dijalankan dengan sangat lancar hingga mencapat 90 FPS+. Tidak lupa juga game lainnya seperti Overwatch, The Witcher 3, serta GTA V dapat dijalankan dikisaran 50 FPS+. Dengan budget total IDR 6,815,000 tentunya sudah sangat nyaman untuk kalian gamer biasa yang belum terlalu hardcore gamer saya rasa sudah cukup.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru