Feature

[KotaKlasik]: Jatuh Bangun Franchise Resident Evil Untuk Menjadi Raja Survival Horror

oleh: Marvemir

[FEATURE] Halaman 5



Seperti kata pepatah, sepandai-pandai-nya tupai melompat, akhirnya akan jatuh juga. Sesukses-sukses nya ketiga game RE di atas nyatanya, tidaklah menjamin sama sekali kesuksesan franchise seri game ini untuk seterus-nya.

Dan pepatah tersebut terbukti banget ketika, untuk pertama kali-nya, franchis RE mengalami kegagalan yang lumayan parah pada tahun 2000 melalui perilisan Resident Evil: Survivor AKA Bio Hazzard: Gun Survivor pada tanggal 27 Januari 2000 di Jepang dan 30 Agustus 2000 di AS.

Sebenarnya, di atas kertas, ide sekaligus konsep dari game FPS RE pertama ini, lumayan oke. Namun sayangnya, ketika di-eksekusi, game yang karakter utamanya bernama Ark Thompson ini, sangatlah mengecewakan.

Baca ini juga :

» ACTION RPG Open World Terbaru Capcom, Bisa Panjat Monster, AI Canggih, dan Dunianya Luas!
» Ini Dia Ciri Khas yang Wajib Ada di Game Resident Evil Berikutnya!
» Hadoken!!! Inilah 7 Jurus Paling Legendaris di Game Street Fighter!
» Gak Cuma Keren, Ini Berbagai Keuntungan Ketika Mendapatkan Karakter Street Fighter
» Gempar! Ryu Ken & Karakter Street Fighter V: Champion Edition lainnya Menyerang Dunia Summoners War!

Dan kekecewaan ini, sebagian besar bersumber dari seluruh fans yang kecewa berat dengan tampilan game ini yang menjadi First Person ketimbang Third Person layaknya seperti di game-game RE sebelumnya. Kekurangan ini diperparah lagi dengan kontrol-nya yang kurang responsif plus gameplay-nya yang sangat repetitif.

Berdasarkan hal-hal di atas, maka tidaklah mengherankan apabila Survivor mendapatkan review dan jumlah penjualan yang sangat buruk. Akan tetapi untungnya, kegagalan Survivor ini, berhasil tertutupi dengan game RE berikutnya yang dirilis di tahun yang sama, Resident Evil: Code Veronica yang dirilis di Sega Dreamcast.

Saking sukses-nya game yang dilakoni oleh duo kakak adik Chris dan Claire Redfield tersebut, maka, tidaklah mengherankan apabila setahun kemudian AKA tahun 2001, Code Veronica diperbaharui dan dirilis ulang untuk console Playstation 2 dengan nama Resident Evil: Code Veronica X, yang mana lagi-lagi game ini sukses menjadi hit besar seperti game pendahulunya tersebut.

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru