Feature

[Diary Kru KotGa] Tips Rakit PC Gaming dengan AMD Ryzen

oleh: Keyboard22
Sepertinya saat ini adalah saat yang tepat bagi kamu yang ingin membuat atau merakit suatu PC gaming. Pasalnya, saat ini pasar PC gaming sedang diramaikan khususnya pasar prosesor high-end, karena AMD sudah "comeback" dengan arsitektur prosesor terbaru mereka dengan AMD Ryzen.

Prosesor baru, arsitektur baru, platform baru, dukungan DDR4, AMD berpotensi menggebrak pasar gaming PC. Tentu AMD sendiri merencanakan AMD Ryzen ini bisa dipakai untuk 5 tahun kedepan mengingat arsitektur sebelumnya yaitu Vishera sangat mumpuni untuk dipakai sampai dengan 5 tahun sejak perilisannya.

Kru KotGa akan memberikan kalian sebuah tips yang mungkin berguna bagi kalian yang ingin merakit sebuah PC gaming dengan AMD Ryzen. Pada artikel ini, kru KotGa menganggap kalian sudah memiliki keyboard, monitor, mouse, dan speaker. Yuk simak artikel nya.

Baca ini juga :

» Tetap Ngebut Meski Murah! Inilah Rekomendasi Rakit PC Gaming dengan AMD Ryzen 3000
» Inilah Alasan Mengapa Rakit PC Gaming Sekarang Adalah Saat yang Tepat!
» Rakit PC Gaming Kentang Tapi Tetap Ngebut Untuk Main Game Kekinian!
» Apakah Pembajakan Akan Membuat Developer Tidak Lagi Merilis Game di PC?
» Rakit PC Paling Ideal Untuk Main Game Kekinian Tanpa Jual Ginjal
1. Motherboard

Mempunyai durability yang mumpuni serta garansi 3 tahun yang diberikan oleh Asus menjadi pertimbangan utama kru KotGa memilih ASUS PRIME B350M-A. Selain itu durability pada motherboard ini sudah cukup bagus terutama jika kalian ingin melakukan overclocking. Harga nya yang cukup terjangkau dengan fitur dan durability tinggi yang dimiliki sangat pantas motherboard ini dipilih.
Harga : IDR 1.799.000

2. Prosesor

AMD Ryzen 7 1700 memiliki 8 core dan 16 thread dengan kecepatan hingga 3.7Ghz dengan fitur XFR. Prosesor AMD yang powerful biasanya boros akan listrik, namun untuk AMD Ryzen kali ini hanya memakan TDP 65W dan dukungan ram DDR4-3200. Serta dukungan overlocking unlimited frekuensi (XFR) tergantung cooler yang digunakan. Tentunya prosesor ini sudah sangat powerfull dan "budget friendly" dibanding prosesor high-end lainnya. Oh ya, setiap pembelian AMD Ryzen 7 1700 kalian akan mendapatkan AMD Wraith Spire Cooler yang keren serta performa yang mumpuni.
Harga : IDR 4.400.000

3. RAM

Untuk komponen RAM, kru KotGa memilih Avexir DDR4 Raiden Series PC24000 16GB (4x4GB) Quad Channel, disatu sisi harga nya yang murah, frekuensi pada ram tersebut juga sudah cukup besar untuk membantu kinerja prosesor khususnya pada game dan aplikasi yang menitik beratkan pada kinerja prosesor.
Harga : IDR 2.070.000

4. VGA

Nah, ini adalah bagian yang paling sensitif dan paling sering dipertanyakan, kali ini kru KotGa memilih Zotac GeForce GTX 1060 6GB DDR5 AMP Edition, memiliki performa yang unggul dibanding RX 480 terutama pada game yang masih menggunakan DirectX 11. Selain itu sistem pendingin serta desain pada merk Zotac cukup bagus dengan harganya yang murah dibanding varian GTX 1060 lainnya. Untuk kedepannya, kalian tidak perlu takut bottleneck untuk upgrade VGA ke GTX 1070 atau "RX Vega" karena prosesor AMD Ryzen 7 1700 sudah sangat mumpuni.
Harga : IDR 3.785.000

5. SSD

Untuk komponen SSD, kru KotGa memilih Galax SSD Gamer L Series 240GB disamping harganya yang murah, rasanya sudah cukup dengan kapasitas tersebut hanya untuk menyimpan beberapa koleksi game seperti DOTA 2 ,Overwatch, ataupun GTA V. Untuk kedepannya kalian bisa menambahkan Hardisk agar kapasitas penyimpanan lebih lega.
Harga : IDR 1.030.000

6. Power Supply

Power supply adalah jantung dari PC kalian, jadi tidak bisa sembarangan memilih power supply. Untuk komponen power supply, kru KotGa memilih Seasonic M12II-520 Evo Edition 520W yang sudah memiliki sertifikasi 80 Plus bronze, serta sudah full modular. Jadi jika ada kabel yang tidak kalian butuhkan bisa dilepas pasang, tentu ini memudahkan kalian dalam mengatur kabel-kabel didalam casing. Untuk urusan kualitas, power supply buatan Seasonic sudah tidak perlu diragukan lagi.
Harga : IDR 880,000

7. Casing

Casing yang sangat cocok buat irit budget, kru KotGa memilih Cube Gaming Weiss, selain bentuk nya yang minimalis dan futuristak dengan kaca samping full acrylic. Banyak fitur yang ditawarkan juga seperti psu cober, slot card reader, serta USB 3.0 dengan harga yang sangat murah.
Harga : IDR 405,000

Lalu bagaimana performa saat main game? Tentu untuk main game kekinian seperti DOTA 2, Overwatch, GTA V, The Witcher 3, ataupun Battlefield 1 sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan settingan resolusi 1080P Ultra, PC gaming ini mampu menjalankan game-game tersebut diatas 60 FPS. Kalian bisa melihat referensi video dibawah ini.

Dengan budget total IDR 14.369.000 tentunya sudah sangat nyaman untuk kalian para gamers PC yang haus akan kualitas grafis "ultra" dan FPS diatas 60. Nah, itulah sedikit tips bagi kalian yang ingin merakit sebuah PC gaming dengan AMD Ryzen. Sampai jumpa di tips selanjutnya!
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru