Feature

[Diary Kru Kotga] Cara Gampang Tahan Lama di Gym Pokemon Go

oleh: Master-Fakry

Halo Kotakers,

Agar pengalaman bermain Pokemon Go semakin seru, Kru Kotga menyarankan supaya kamu sesekali mencoba fitur bertanding di gym. Berbeda dari mencari dan menangkap Pokemon, bertanding di gym menghadirkan kepuasan yang lebih, apalagi kalau berhasil menang dan mempertahankannya selama 21 jam.

Ada dua jenis gym di Pokemon Go, yaitu rival gym atau gym yang yang dikuasai oleh tim lawan, dan friandly gym atau gym yang dikuasai oleh tim yang sama dengan kamu. Apabila Kru Kotga tergabung dalam Team Instinct, maka rival-nya adalah Team Mystic dan Team Valor, sedangkan friend-nya adalah sesama Team Instinct.


Apabila berhasil merebut gym lawan, kamu bisa meletakkan hanya 1 Pokemon di sana. Ketinggian/level gym dipengaruhi oleh jumlah Prestige yang mana aksimal level gym adalah 10 (52.000 Prestige). Posisi Pokemon yang kamu letakkan di gym akan dilihat berdasarkan CP-nya. Semakin tinggi CP, maka semakin tinggi pula posisi Pokemon kamu di gym.

Dibandingkan dengan memburu Pokemon, Kru Kotga lebih suka untuk bertanding di gym sebab kalau berhasil mempertahankan gym dalam kurun waktu 21 jam, akan mendapat reward berupa 500 Stardust dan 10 Poke Coin. Maksimal reward yang bisa diambil hanya untuk 10 gym. Apabila kamu memiliki 20 gym, maka reward yang dihitung tetap cuma 10 gym.


Ada trik spesial untuk memilih gym mana yang aman dari serangan lawan. Hal ini cukup penting sebab perebutan gym di Pokemon Go terjadi cukup sering dan sengit. Gym kepunyaan tim kamu bisa direbut lawan hanya dalam hitungan menit. Jika kamu memilih gym dengan frekuensi perebutan yang tinggi, maka kemungkinan kamu untuk bertahan akan kecil.

Bagaimana cara menentukan sebuah gym aman atau tidak? Berdasarkan pengalaman Kru Kotga, gym yang baru direbut dari tim lawan dan berlevel kecil (level 3-5) memiliki kemungkinan untuk direbut lagi yang cukup tinggi. Sedangkan gym teman yang sudah berlevel 7 ke atas memiliki kemungkinan untuk direbut cukup rendah.


Jika dulu lebih sering bertanding untuk merebut gym lawan, saat ini Kru Kotga lebih suka mencari gym teman dengan level cukup tinggi kemudian mningkatkan Prestige-nya hingga terbuka slot kosong untuk diisi Pokemon baru. Dengan menggunakan cara seperti itu, Kru Kotga bisa bertahan hingga lebih dari seminggu di gym.

Biasanya Trainer (julukan gamer) enggan untuk merebut gym berlevel tinggi, apalagi sudah level 10. Hal tersebut dikarenakan butuh usaha yang besar untuk merebutnya, mulai dari waktu lama serta menghabiskan stok potion dan item revive. Akan semakin malas jika tidak ada teman yang membantu, alias merebut gym sendirian.

Baca ini juga :

» Apakah Pembajakan Akan Membuat Developer Tidak Lagi Merilis Game di PC?
» [Diary Kru KotGa] 2019, Tahun Dimana Anime Bleach Akan Kembali?
» [Diary Kru KotGa] Semakin Terancam, Bagaimana Jadinya Masa Depan Final Fantasy?
» [Diary Kru KotGa] Devil May Cry vs Bayonetta, Mana Franchise Hack and Slash Terbaik?
» [Diary Kru KotGa] Makin Sengit, Game Mana yang Bakal Meraih Gelar GOTY 2018?
Kru Kotga pernah merebut gym lawan berlevel 10 sendirian, dan itu membutuhkan waktu hampir 1 jam serta sangat menguras potion dan revive. Hanya saja semakin tinggi level gym yang berhasil ditaklukkan, kepuasannya akan lebih besar dan jumlah XP yang didapat semakin banyak.

Satu hal yang perlu kamu ketahui, supaya aman dari sengitnya perebutan gym, Kru Kotga menyarankan agar kamu memiliki lebih dari 10 gym demi reward harian yang maksimal (5.000 Stardust dan 100 Poke Coin). Sebab selalu ada kemungkinan gym yang sudah kamu kuasai direbut oleh tim lawan.


Demikian sharing Kru Kotga mengenai tips dan trik bertahan lama di gym. Jangan lewatkan tips dan trik Pokemon Go lainnya dari Kru Kotga ya!

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru