Feature

[Diary Kru KotGa] Tips Memilih VGA Terbaik yang Cocok Untuk Budget Kamu!

Ketika seseorang ingin merakit sebuah komputer yang dibangun untuk bermain game, pasti hal yang paling sering dipertanyakan bahkan berulang kali dipertanyakan sebelum membeli adalah VGA, VGA apa yang paling bagus untuk budget xxx? VGA mana yang paling bagus di kubu hijau? Kira-kira VGA ini bakal bottleneck tidak ya ama prosesor saya? Inilah pertanyaan yang paling sering dipertanyakan.

Bagi seorang PC Master Race, grafis adalah harga mati yang harus dipenuhi dalam bermain suatu game. Tampilan gambar dan grafis harus terlihat sangat sempurna dan smooth dimata PC Master Race. Nah, pada artikel kali ini kru KotGa memberikan sedikit tips untuk kamu yang sedang membangun sebuah PC gaming ataupun ingin meng-upgrade VGA lama mu, yang tentunya kru KotGa sesuaikan dengan budget kamu. Yuk langsung saja disimak.

Baca ini juga :

» Rekomendasi VGA Untuk Gamer Paling Pas Tanpa Harus Rebutan dengan Miner!
» Apakah Pembajakan Akan Membuat Developer Tidak Lagi Merilis Game di PC?
» [Diary Kru KotGa] 2019, Tahun Dimana Anime Bleach Akan Kembali?
» [Diary Kru KotGa] Semakin Terancam, Bagaimana Jadinya Masa Depan Final Fantasy?
» [Diary Kru KotGa] Devil May Cry vs Bayonetta, Mana Franchise Hack and Slash Terbaik?
1. Low-End
Untuk kalian yang ber-budget ketat mungkin hanya memikirkan VGA yang harganya tidak lebih dari satu juta. Untuk itu kru KotGa merekomendasikan Inno3D Nvidia GeForce GT 730 1GB DDR5 yang dijual dengan harga sekitar IDR 680.000. Jika ada tambahan budget sedikit, kamu bisa melirik HIS Radeon HD R7 250 2GB DDR5 dengan harga IDR 995.000.

Jangan berharap performa yang bagus dengan VGA tersebut, mungkin kalian hanya bisa bermain game seperti DOTA 2, CSGO, ataupun GTA V dengan settingan yang menyesuaikan pastinya. Namun mungkin saat ini mencari VGA direntan harga dibawah satu juta sangat sulit, mengingat VGA keluaran terbaru paling murah dijual dengan harga satu juta keatas.

2. Mid-End
Pada kelas mid-end sendiri diperuntukan untuk kamu yang sudah memiliki budget lebih banyak direntan IDR 1.3 juta sampai dengan IDR 2.5 juta. Untuk itu kru KotGa merekomendasikan Sapphire Radeon RX 460 2GB DDR5 OC yang dijual dengan sekitar harga IDR 1.37 juta. Lho kok nggak sekalian aja yang 4GB? Kru KotGa menganggap itu mubazir dengan kemampuan RX 460 yang biasa-biasa saja.

Jika kamu ada tambahan budget sedikit, kamu bisa melirik Colorful Nvidia Geforce GTX 1050 Ti 4GB dengan harga IDR 1.9 juta dengan penambahan performa sekitar 10 persen dibanding RX 460. Dengan VGA mid-end ini kamu sudah bisa memainkan game kekinian dengan settingan yang menyesuaikan.

3. High-End
Pada kelas mid-end sendiri diperuntukan untuk kamu yang sudah memiliki budget lebih banyak direntan IDR 3 juta sampai dengan IDR 4 juta. Untuk itu kru KotGa merekomendasikan XFX Radeon RX 480 4GB DDR5 yang dijual dengan harga IDR 2.9 juta. Agar lebih "future proof" untuk kedepannya kamu bisa mengambil versi 8GB dengan menambah budget IDR 600.000. RX 480 sudah sanggup menjalankan game kekinian dengan settingan high pada resolusi 1080p.

Sebagai alternatif, kalian bisa menggantinya dengan GALAX Nvidia Geforce GTX 1060 6GB DDR5 EXOC yang dijual dengan harga IDR 3.7 juta, dengan keunggulan pada game yang masih menggunakan DirectX 11 dibanding RX 480 yang lebih unggul pada game yang menggunakan API Vulkan dan DirectX 12. Jika kamu ingin garansi yang lebih panjang serta durability yang lebih baik tidak ada salahnya melirik Asus Radeon RX 480 8GB DDR5 Strix ataupun MSI GeForce GTX 1060 6GB DDR5 Gaming X dengan harga yang lebih mahal tentunya.

4. Sultan
Nah, untuk para sultan yang sepertinya memiliki budget tak terbatas mungkin tidak akan bingung untuk memilih VGA terbaik, karena yang terbaik sudah pasti sesuai dengan kantongnya. Pada rentan harga IDR 5.5 juta kru KotGa merekomendasikan GALAX Nvidia Geforce GTX 1070 8GB DDR5 EX. Sementara diatasnya, Zotac Nvidia GeForce GTX 1080 8GB DDR5 AMP Edition dibanderol dengan harga IDR 8.8 juta. Untuk yang terbaik sudah pasti Nvidia Geforce GTX 1080 Ti yang dijual dengan harga IDR 10.8 juta.

Dibawah ini kalian bisa melihat sejauh perbedaan pada masing-masing VGA yang dilansir dari TechPowerUP.
Demikian tips dari kru KotGa yang mungkin akan membantu kamu dalam membangung sebuah PC gaming ataupun sedang ingin meng-upgrade VGA kamu. Sampai jumpa di tips selanjutnya.
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru