Feature

[Diary Kru KotGa] Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Merakit PC Gaming

Ketika diminta untuk memilih perangkat apa yang paling diinginkan untuk bermain game kekinian, pasti kebanyakan gamer lebih memilih PC daripada konsol. Walaupun memang, beberapa orang juga tetap setia menggunakan konsol hingga saa ini. Tetapi tidak bisa dipungkiri lagi memang para pemuja PC gaming yang disebut dengan PC master race tengah menjamur.

Berbagai kesulitan ditempuh para PC master race, yang kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk merakit PC karena akan lebih murah. Akan tetapi beberapa orang juga cukup kesulitan bahkan "keliru" ketika merakit suatu PC gaming. Entah itu salah memilih komponen, hingga diluarnya ekspetasi mereka ketika PC gaming tersebut sudah dibeli atau selesai dirakit.

Untuk itu pada artikel kali ini Kru KotGa akan memberikan sedikit tips untuk kamu yang mungkin saat ini tengah berencana untuk segera mewujudkan mempunyai PC gaming impian. Kamu setidaknya harus memperhatikan hal ini karena memang menurut Kru KotGa penting agar tidak salah langkah ketika merakit PC gaming impianmu.

Pada artikel ini kru KotGa anggap kamu sudah mempunyai atau sudah menentukan budget yang akan kamu alokasikan untuk merakit PC gaming. Artikel ini lebih bertujuan untuk menekankan "beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Merakit PC gaming". Yuk simak artikelnya.

Baca ini juga :

» Juara Turnamen, Auto Kaya! 7 Turnamen Esports dengan Prize Pool Terbesar di Dunia!
» Cedera Hingga Target Sudah Tercapai! 7 Atlet Esports Yang Mengakhiri Karirnya di Usia Muda!
» Masterpiece! 7 Game Yang Diadaptasi Menjadi Film Layar Lebar!
» Banyak Game Keren yang Wajib Ditunggu, Inilah Jadwal Rilis Game September 2021!
» Semakin Maju! Inilah 5 Game Esports yang Akan di Pertandingkan di Ajang PON XX 2021 Papua!
1. Tentukan Ekspetasi Kamu
Yap, ketika pertama kali kamu berencana untuk membangun PC gaming, pastinya tentukan dulu ekspetasi kamu akan seperti apa ketika PC gaming kamu sudah selesai dirakit. Maksudnya adalah, apakah kamu sangat menginginkan bermain game dengan resolusi 4K dengan 60 FPS, 4K dengan 30 FPS, atau cuma sekedar bermain game dengan resolusi apapun dengan 30 FPS saja sudah nyaman. Hal, ini tentu penting pada saat nantinya ketika kamu memilih komponen yang sesuai agar budget yang sudah kamu kumpulkan tidak mubazir.

2. Game yang Akan Dimainkan
Ketika sudah menentukan ekspetasi seperti apa kemampuan PC gaming sudah selesai dirakit tentunya kamu harus tahu game apa aja yang nantinya kamu mainkan. Memang kebanyakan gamer akan memainkan game-game terbaru agar lebih kekinian. Tetapi tidak bisa dipungkiri lagi kalau banyak juga gamer yang hanya bermain game itu-itu aja. Misalnya kamu hanya memainkan DOTA 2 dan CS:GO pastinya tidak perlu membutuhkan spesifikasi yang terlalu tinggi dibandingkan game AAA.

3. Pemilihan Hardware
Tentunya hal paling sangat krusial pada saat merakit PC gaming adalah pada saat pemilihan komponen. Dengan 2 point duatas, kru KotGa sudah menganggap kamu sudah menentukan hardware apa saja yang akan kamu beli dan gunakan. Tetapi kru KotGa akan sedikit menjelaskan hardware apa yang pantas kamu pilih sesuai point 1 dan point 2 diatas.

Motherboard merupakan tempat ditaruh berbagai komponen lainnya. Tentu kamu sudah melihat berbagai jenis motherboard yang beredar. Kru KotGa ambil contoh pada LGA 1151 (Skylake & Kaby Lake) terdapat jenis H110, B150/B250, Z170/Z270. Jika kamu hanya ingin bermain game dengan lancar saja sudah bersyukur tentu disarankan untuk mengambil jenis motherboard H110 atau B150/B250 agar tidak mubazir. Tetapi jika kamu hardcore gamer atau overclocker enthusiast tentunya bisa membeli jenis motherboard Z170/Z270.

Power Supply adalah komponen yang sering di abaikan kepentingannya oleh para gamer awam yang baru ingin merakit PC gaming. Bagaimana tidak, kebanyakan dari mereka tidak peduli dengan kualitas komponen pada suatu Power Supply dan hanya mengukur dari watt saja. Biasanya power supply yang bagus menggunakan kapasitor Jepang dengan rail yang jelas. Selain itu kamu bisa melihat beberapa merk power supply yang sudah terpercaya sejak dahulu seperti Seasonic, Super Flower ataupun FSP.

Untuk pemilihan VGA ada case khusus dimana pemilihan varian yang membingungkan seperti RX 480 4GB/8GB ataupun GTX 1060 3GB/6GB, jika kamu bingung untuk memilih yang mana, tidak ada salahnya untuk memilih varian memory vga yang lebih besar karena lebih "future proof", karena kedepannya game AAA makin "haus" memory.

Ketika memilih monitor, semua kembali lagi seperti point 2 diatas. Walupun terkadang memang bagi sebagian orang menganggap bermain game esports membutuhkan monitor yang cukup mahal dengan refresh rate yang tinggi. Untuk pemilihan storage, sebenarnya Harddisk ataupun SSD adalah optional, tetapi jika kamu memiliki budget lebih tidak ada salah menggunakan SSD agar loading OS/game lebih cepat.

Ketika kamu memilih RAM, yang jelas sesuaikan dengan jenis motherboard yang kamu tentukan yang sesuai dengan motherboard yang sudah kru KotGa jelaskan diatas. Jika motherboard kamu hanya berjenis H110 tentu akan sangat mubazir jika kamu membeli RAM dengan frekuensi diatas 2400MHz.

4. Pemilihan Peripheral Gaming
Sebenarnya pemilihan peripheral gaming seharusnya akan disesuaikan dengan selera pengguna. Tetapi untuk pemilihan mouse, kru KotGa merekomendasikan untuk memilih yang sesuai dengan gaya kamu, palm, claw, atau fingertip. Untuk headset, kru KotGa pribadi lebih "srek" dengan suari yang dihasilkan dengan headset yang dibuat oleh brand audio dibanding brand gaming. Tetapi semua itu kembali ke selera masing-masing.

Ketika memilih keyboard, pastinya gamer kekinian sangat ingin menggunakan mechanical keyboard. Kamu harus bijak menentukan mechanical keyboard, jika memang PC gaming kamu "pure" digunakan untuk bermain game, kamu bisa memilih mechanical keyboard dengan red switch dengan tingkat sensitifitas yang tinggi. Tetapi jika PC gaming kamu juga dipakai untuk bekerja/mengetik tidak ada salahnya untuk menggunakan brown switch.

Baca ini juga :

» Juara Turnamen, Auto Kaya! 7 Turnamen Esports dengan Prize Pool Terbesar di Dunia!
» Cedera Hingga Target Sudah Tercapai! 7 Atlet Esports Yang Mengakhiri Karirnya di Usia Muda!
» Masterpiece! 7 Game Yang Diadaptasi Menjadi Film Layar Lebar!
» Banyak Game Keren yang Wajib Ditunggu, Inilah Jadwal Rilis Game September 2021!
» Semakin Maju! Inilah 5 Game Esports yang Akan di Pertandingkan di Ajang PON XX 2021 Papua!
Nah, itulah sedikit tips mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Merakit PC gaming. Beberapa point yang kru KotGa sebutkan diatas adalah yang menurut kru KotGa sangat penting dalam merakit sebuah PC gaming untuk kebutuhan bermain game. Mungkin berbeda lagi jika kamu menggunakan PC untuk content creation. Sampai jumpa di tips-tips kru KotGa selanjutnya ya.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru