Feature

[Diary Kru KotGa] 6 Game MOBA untuk Android dan iOS Yang Wajib Kalian Coba!

oleh: Cralizer77

Kepopuleran genre MOBA atau multiplayer online battle arena kini semakin mencuat atas hadirnya mod game DOTA (Defense of the Ancients) yang terdapat pada ekspansi Warcraft III: Frozen Throne yang dibuat oleh Icefrog. Keberhasilan tersebut tentu menjadi konsep yang diikuti oleh beberapa game sejenis yang mulai bermunculan untuk PC.

Namun perkembangan teknologi smartphone tidak bisa dipungkiri lagi keseruan bermain game pada PC kini telah berpindah posisi, sehingga kebanyakan gamer lebih asik memainkan game pada sebuah smartphone. Nah, oleh sebab itu akhirnya beberapa developer memutuskan untuk mengembangkan game serupa yang mirip DOTA dengan genre MOBA-nya pada perangkat mobile.

Tentu game MOBA untuk mobile ini hadir dengan navigasi yang lebih dipermudah dan lebih ringan tanpa mengurangi keseruan gameplay MOBA yang telah diterapkan. Namun banyaknya pilihan game MOBA pada perangkat mobile, memang membuat bingung untuk memainkan yang mana.

Nah, kali ini KotakGame akan membagikan daftar enam game MOBA untuk Android dan iOS yang wajib kalian mainkan saat ini. Apa saja? Yuk! Simak sama-sama di bawah ini.

1. Mobile Legends: Bang Bang

Salah satu game MOBA yang lagi populer saat ini adalah Mobile Legends: Bang Bang, hal tersebut dikarenakan rasa penasaran gamer terhadap beberapa gambar yang dibagikan oleh teman atau saudara lewat Facebook. Mobile Legends juga memiliki map berbasis tiga jalur yang sangat populer dalam MOBA, yakni tengah, atas dan bawah. Hanya saja, dalam Mobile Legends ini tidak memiliki sistem "last hit", sehingga siapapun yang telah melakukan last hit, maka player juga akan mendapatkan gold dan experience, terkecuali untuk kill.

Pembagian role dalam Mobile Legends ini sangat mudah dipahami, karena sebelum permainan dimulai kalian dapat menentukan role dengan mengetahuinya pada informasi yang muncul pada saat pemilihan jagoan.

Dengan gameplay MOBA seru dan juga banyaknya player, menjadikan Mobile Legends game MOBA yang wajib kalian coba.

2. VainGlory

VainGlory merupakan game MOBA yang lebih dulu dirilis sebelum Mobile Legends, kehadiran game ini sempat mengundah banyak player untuk mencobanya karena sistem gameplay yang mirip dengan DOTA 2 maupun League of Legends. Dalam VainGlory kalian akan merasakan sistem last hit, sehingga kalian benar-benar merasakan pengalaman bermain game MOBA yang mirip dengan PC.

Bermain Vainglory untuk beberapa gamer yang belum pernah mencoba game MOBA pasti cukup asing. Sangat berbeda dengan game RPG, Vainglory hanya di set sekali menang dalam setiap pertandingan. Tentunya tidak akan makan banyak waktu untuk memainkan Vainglory. Sedangkan untuk para gamer DOTA 2 pasti sudah langsung bisa beradaptasi karena item yang cukup simple dan skill hero terbilang tidak banyak.

3. Ace of Arenas

Gambaran yang lebih mirip dengan Dota 2 dalam versi mobile-nya bisa dikatakan Ace of Arenas. Namun hal tersebut hanyalah sebatas grafis dan peta-nya. Untuk permainannya sendiri bisa dikatakan lebih sederhana dan sama seperti Heroes of Order & Chaos. Permainan ini menyajikan permainan skill determine, sehingga player harus benar-benar lincah dalam memainkannya untuk dapat memenangkan suatu permainan.

Baca ini juga :

» Weekend Seru! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Tips Main Bar Bar di Mobile Legends Pakai Selena ala Caesius Alter Ego
» Cantik-Cantik Jago Nembak, 7 Youtuber Wanita Indonesia yang Ahli Main FPS!
» RPG atau Shooter! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Langsung Gas! Inilah Game HD Android Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan Offline!

4. League of Masters

Sama seperti game VainGlory, game League of Masters yang hadir di mobile ini juga menyajikan permainan berbasis 3 melawan 3. Hanya saja kali ini menggunakan 3 lane yakni atas, tengah, dan bawah. Peta dan grafiknya memang hampir mirip dengan VainGlory. Positioning kamera-nya pun hampir mirip dengan permainan tersebut. Yang membedakan adalah hero, gameplay, dan intensitas bertarungnya. Kemungkinan permainan lebih cepat selesai dalam LoM ini cukup tinggi.

5. Heroes of Order & Chaos

Salah satu game MOBA yang bisa kalian cicipi yakni Heroes of Order & Chaos, dalam game ini tetap menghadirkan map yang khas seperti versi PC lengkap dengan hutan-hutan yang berada di ketiga bagian jalan map tersebut. Membedakan game Heroes of Order & Chaos dengan game MOBA lainny adalah bentuk grafisnya yang lebih imut dibandingkan dengan yang lainnya.

6. Mobile Arena

Setelah kelima game MOBA di atas, kali ini akan segera muncul game MOBA mobile terbaru yang akan segera dirilis oleh Garena yang berjudul Mobile Arena. Mengadopsi gameplay yang mirip dengan League of Legends di PC.

Mobile Arena dikembangkan Tencent, salah satu pemegang lisensi League of Legends selain Riot Games. Sebelum dirilis di Indonesia, game ini sendiri sudah dirilis untuk regional lain namun dengan nama Strike of Kings dan Realm of Valor.

Keberadaan Mobile Arena ijanjikan oleh Garena bakal hadir baik untuk smartphone berbasis Android maupun iOS. Demi pengalaman bermain yang menyenangkan bagi para gamer tanah air, Garena juga menyiapkan server lokal Indonesia, bahkan game ini juga sudah dioptimisasi sebisa mungkin agar kalian dapat main dengan smartphone kelas entry-level.

Saat ini, Mobile Arena masih dalam tahap pra registrasi, untuk gamer yang melakukan pra registrasi, Garena juga akan memberikan beberapa bonus, diantaranya Hero Trial Card.

Itulah keenam game MOBA yang wajib kalian coba pada perangkat Android dan iOS, banyaknya game MOBA saat ini tentu membuat rasa penasaran sebagus apa game MOBA yang tersedia untuk mobile.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru