Feature

[Diary Kru KotGa] Cuma Modal 700 Ribu, Inilah Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Upgrade PC

Ketika diminta untuk memilih perangkat apa yang paling diinginkan untuk bermain game kekinian, pasti kebanyakan gamer lebih memilih PC daripada konsol. Akan tetapi, kebanyakan orang khususnya para pelajar tidak memiliki budget lebih untuk merakit atau meng-upgrade PC yang ia miliki.

Nah, jika kamu hanya memiliki uang sedikit dan ingin sekali meng-upgrade PC milikmu, jangan khawatir. Karena dengan budget sedikit, ternyata kamu bisa lho upgrade beberapa komponen PC milikmu. Lantas, apa saja yang bisa di upgrade dengan uang yang begitu sedikit?

Pada artikel kali ini, kru KotGa akan memberikan sedikit tips untuk kamu gamer PC kere-kere hore yang ingin upgrade PC. Cuma modal 700 ribuan saja, kamu sudah bisa meningkatkan kemampuan performa dan kualits PC milikmu itu. Lantas, apa saja yang bisa dibeli? Yuk simak artikelnya!

Baca ini juga :

» Zona Nyaman! Rekomendasi Rakitan PC Paling Enak Buat Gaming Gak Pake Mahal
» Rekomendasi Rakit PC Gaming Budget Paling Irit Mulai 3 Jutaaan!
» Bisa Main Game Apapun! Inilah Rekomendasi Rakit PC High-End Sampe 10 Jutaan
» Masih Pelajar? Ini Tips Rakit PC Gaming 4 Jutaan Buat Game Kekinian & Mengerjakan Tugas!
» PC Kentang Merapat! Ini Tips Untuk Meningkatkan Performa PC Kamu
1. Upgrade RAM
Yap, tidak bisa dipungkiri lagi kalau kebanyakan gamer PC yang awam selalu berpatokan pada kapasitas RAM untuk memainkan game kekinian. Memang benar, tapi tidak sepenuhnya juga benar. Karena, kapasitas RAM yang terlalu besar malah akan menjadi mubazir jika tidak terpakai.

Kembali kepada intinya, kapasitas RAM yang tinggi sangat dibutuhkan untuk memainkan game kekinian. Terlepas daripada itu, untuk meningkatkan performa PC secara signifikan, kamu lebih membutuhkan RAM dengan "dual-channel". Dengan budget 700 ribuan, kamu bisa membeli ram dengan konfigurasi 2 x 4GB. Kapasitas tersebut kru KotGa anggap sudah lebih dari cukup untuk memainkan game kekinian, setidaknya untuk satu hingga dua tahun ke depan.

2. Upgrade Power Supply
Power Supply adalah komponen yang sering di abaikan kepentingannya oleh para gamer awam yang baru ingin merakit PC gaming. Bagaimana tidak, kebanyakan dari mereka tidak peduli dengan kualitas komponen pada suatu Power Supply dan hanya mengukur dari watt saja. Terlebih lagi, kebanyakan dari mereka masih menggunakan power supply bawaan casing.

Untuk itu, memilih power supply yang baik dan benar tentunya sangat dibutuhkan unuk keawetan komponen lainnya. Biasanya power supply yang bagus menggunakan kapasitor Jepang dengan rail yang jelas. Selain itu kamu bisa melihat beberapa merk power supply yang sudah terpercaya sejak dahulu seperti Seasonic, Super Flower ataupun FSP yang memiliki varian murah dengan harga 500 ribu - 700 ribu.

3. Upgrade Kapasitas Penyimpanan
Tentu saja jika kamu seorang gamer membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar, semakin hari semakin banyak game yang dirilis. Ingin menghapus game lama, tapi sayang banget kalau harus dihapus. Solusinya? Upgrade kapasitas penyimpanan. Cuma modal 700 ribuan, kamu bisa membeli harddisk berkapasitas 1TB.

4. Upgrade ke SSD
PC kamu sering banget lemot ketika membuka banyak aplikasi sekaligus? Booting sistem operasi terlalu lambat? Upgrade storage kamu menggunakan SSD, terutama untuk sistem operasi. Kebanyakan gamer saat ini sudah menggunakan SSD, terutama untuk sistem operasi. Dengan budget 700 ribuan, kamu bisa mendapatkan SSD berkapasitas 120GB. Kapasitas tersebut sudah lebih dari cukup untuk menampung sistem operasi dan berbagai aplikasi.

5. Upgrade HSF
Bosan dengan HSF aka pendingin prosesor milikmu? Tentu saja, selain memperbagus penampilan, mengganti stock HSF berguna agar prosesor milikmu tetap terjaga suhunya. Selain agar performa PC milikmu tetap konsisten, keawetan prosesor juga dipengaruhi dengan penggunaan pengingin prosesor. Untuk itu, mengganti pendingin prosesor bawaan sangat dibutuhkan. Banyak varian HSF aftermarket yang dijual dengan harga 500 ribu hingga 700 ribu dengan kualitas yang lebih mumpuni dibanding pendingin prosesor bawaan.

Baca ini juga :

» Zona Nyaman! Rekomendasi Rakitan PC Paling Enak Buat Gaming Gak Pake Mahal
» Rekomendasi Rakit PC Gaming Budget Paling Irit Mulai 3 Jutaaan!
» Bisa Main Game Apapun! Inilah Rekomendasi Rakit PC High-End Sampe 10 Jutaan
» Masih Pelajar? Ini Tips Rakit PC Gaming 4 Jutaan Buat Game Kekinian & Mengerjakan Tugas!
» PC Kentang Merapat! Ini Tips Untuk Meningkatkan Performa PC Kamu
Nah, itulah sedikit tips dari kru KotGa untuk kamu yang memiliki budget terbatas tetapi ingin meningkat performa PC milikmu. Kenapa kru KotGa tidak merekomendasikan upgrade GPU? Karena untuk membeli sebuah GPU aka kartu grafis saat ini setidaknya kamu membutuhkan budget sebesar 1.000.000 - 1.200.000 untuk meminang varian terendah NVIDIA GT 1030 atau AMD Radeon RX 550.

Semoga tips kru KotGa diatas berguna untuk kamu, sampai jumpa di tips-tips selanjutnya ya!

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru