Feature

[Diary Kru KotGa] Ini Dota Apa Mobile Legends? Kru KotGa 'Nyobain' Seasonal Ranked!

oleh: Nandozck

Sejak update terbaru di Dota 2 dimana sistem MMR dihilangkan dan menjadi Seasonal Ranked seperti Mobile Legends, main game di ranked serasa seperti baru pertama kali main Dota. Selain calibrate ulang, kru KotGa juga merasa gap individual skill para pemainnya masih terkesan acak. Namun tenang guys, kru KotGa udah menghitung nih kira-kira berapa MMR dari 1 bintang yang didapat.

Jadi ceritanya gini, sekarang MMR udah resmi dihilangin, jadi kalian yang MMRnya masih dibawah 4k bisa sekali lagi ngukur kemampuan kalian dan barangkali, kalian bisa main bersama pemain professional di medal tertingginya, yaitu Divine, ini kalau disamain sama Mobile Legends, Mythic gitu loh.

Baca ini juga :

» Survei Tidak Perlu! 5 Anime yang Kolaborasi dengan game MOBA!
» Saatnya Jadi Pro Player! 7 Game Esports yang Paling Populer di Indonesia!
» Selalu Jadi Pilihan, Ini 5 Hero Favorit Cewek-cewek Saat Awal Main Mobile Legends
» Dari yang Jago sampe yang Kocak! Streamer Dota 2 Indonesia yang Wajib Kalian Tonton
» Cuma Pro Player yang Bisa! Ini 5 Hero M2 yang Jangan Asal Kamu Mainkan di Rank

Ada 7 tahapan medal di Dota saat ini, Herald yang paling rendah, anggap saja Warrior. Lalu Guardian, Crusader, Archon, Legend, Ancient dan Divine. Setiap medal memiliki 5 bintang layaknya Mobile Legends dan kamu akan naik peringkat sesuai kemenangan yang kamu dapat. Jika kamu familiar dengan Mobile Legends, ini kesamaannya:

Herald - Warrior
Guardian - Elite
Crusader - Master
Archon - Grand Master
Legend - Epic
Ancient - Legend
Divine - Mythic

Mirip banget kan? Setelah itu kamu akan dihadapi oleh calibrate ulang, dimana kamu harus bermain 10 kali di ranked hingga mendapatkan medal sesuai dengan performa kamu di 10 game tersebut. Nah makin mirip, kini kamu dapat menaikkan medal dengan bermain solo dan juga party! Ya! Kini solo dan party tidak dipisah di ranked, namun kamu hanya bermain dengan full team, alias 5 orang jika mau naikin medal kamu.

Kamu akan memulai game dengan icon tanda tanya seperti diatas, dan akan ditempatkan dengan orang yang ‘dulunya’ memiliki mmr 2.5 hingga 7k sesuai dengan MMR tertinggi kamu di masa lalu. Nah kru KotGa kan punya mmr 5k dulunya, begitu calibrate pertama, kru KotGa sempet nanya dan ternyata tim kru KotGa berisikan orang-orang yang dulunya punya mmr 3.9 hingga 6k, ini juga kalau mereka jujur yah.

Jika dihitung, kira-kira gambarannya seperti diatas, dimana satu bintang kira-kira mempunyai nilai 140 mmr, jadi sekali menang kalian akan mendapatkan 140 mmr sekaligus guys! Say goodbye to -25 mmr forever!

Kru KotGa udah nyobain rank sebanyak 4 kali, dan mendapatkan skor 2 kali menang 2 kali kalah, namun menurut kru KotGa skill dari tiap pemainnya tidak terlalu seimbang karena adanya perbedaan gap yang sedikit jauh dulunya.

Maklumin aja, karena masih baru jadi calibrate masih ngacak banget, pemain pro seperti Sumail juga sempat mengekspresikan kekecewaannya dimana dia mendapat medal tertinggi yaitu Divine, namun jika ke bagian profile – stats, MMR dia berkurang dari 8.3k menjadi 6.7k. Mau liat seperti apa wajah frustasi Sumail?

Kru KotGa juga ngerasain hal yang sama nih, di 2 game terakhir, sempet ada orang yang ngelag banget sehingga kita harus bermain dengan 4 orang, udah gitu sempet juga ada game dimana 4 carry dipilih dan kru KotGa kebagian jadi support. Berasa main normal mode jadinya, apes.

Intinya, mungkin jika kalian ingin calibrate tunggu seminggu dulu kali yah jika situasi udah mulai normal, atau jika kalian emang punya mental tinggi, bisa mencoba dari sekarang dan menguji ketahanan jiwa kalian. Anggap aja kalian main sama Grand Master atau Epic sendiri di Mobile Legends, kacau bro!

Ngomong-ngomong kok Dota bisa jadi begini ya? Jangan-jangan Valve ngeliat kesuksesan Mobile Legends di Asia Tenggara nih? Hehehe.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru