Feature

[Diary Kru KotGa] Vigilante 8 vs Twisted Metal, Mana yang Terbaik di Zamannya?

oleh: Keyboard22
Dari seluruh konsol game yang ada di dunia ini, gak bisa disangkal sama sekali bahwa Sony dengan Playstation 1 nya yang paling berkesan hingga saat ini. Salah satu faktor utama yang bikin konsol yang dirilis pada tahun 1994 silam ini sangat begitu memorable adalah kumpulan library gamenya yang super duper banyak nan klasik.

Mulai dari game bergenre "waras" sampai yang tidak waras juga ada. Berbicara mengenai game yang "jadul" dan cukup gila dizamannya, tidak bisa terlepas dari Twisted Metal dan saingannya, Vigilante 8. Kedua game tersebut hadir dengan genre vehicular combat yang cukup populer di zamannya. Jika ditelaah lebih lanjut dan dipikir-pikir, mana yang terbaik? Twisted Metal atau Vigilante 8?

Baca ini juga :

» Bikin Parno! Ini 5 Game Horor PS1 Yang Menghantui Gamer Era 2000an
» Nostalgia Banget! 5 Momen yang Dirindukan oleh Gamers Tahun 90-an
» 7 Game PlayStation 1 yang Bikin Gamers Tahun 90an Nostalgia ke Masa Kecil!
» Merasakan Serunya Demo Iron Man VR di Ajang Battle of The Toys 2019!
» Siap Tandingi PC Gaming! Inilah Fakta PS5 yang Siap Membuat Kamu Terkejut!
Twisted Metal
Twisted Metal hadir dengan menceritakan empat faksi yang bertempur untuk merebut kekuasaan, para pemain masuk ke dalam sebuah medan pertempuran yang sengit. Pemain berjuang untuk mendapatkan hadiah berupa satu buah keinginan yang akan dipenuhi oleh Calypso, dalang di balik turnamen Twisted Metal. Para pemain akan saling berusaha untuk mengalahkan lawan-lawannya dengan menggunakan kendaraan yang penuh dengan senjata mematikan.

Twisted Metal sendiri hadir di PlayStation 1 dengan berbagai versi dimana seri perdana rilis pada tahun 1995. Setiap karakter Twisted Metal memiliki cerita dan latar belakang. Secara konsep, Twisted Metal hadir dengan nuansa gelap dan mencekam layaknya sebuah game battle-royale. Setiap kendaraan yang dihadirkan memiliki kemampuannya masing-masing yang unik dan berbeda serta memiliki latar belakang cerita.

Secara pribadi, kru KotGa menyukai bagaimana mekanisme driving yang ditawarkan oleh Twisted Metal, ditambah lagi fitur Nitro yang disematkan cukup krusial di beberapa saat tertentu. Selain itu, ada beberapa gerakan combo yang bisa dilakukan, hanya saja para pemain harus benar-benar menghafalnya. Seperti atas atas kanan untuk membuat shield.

Sayangnya, fitur arena pertarungan yang diberikan tidak begitu luas dibanding pesaingnya. Disisi lain, sudah sangat cukup karena sang developer juga menyematkan beberapa tempat rahasia di setiap map yang cukup sulit ditemukan. Sejak Twisted Metal 2, setiap map memiliki environment yang lebih hidup seperti bangunan yang bisa hancur.
Fitur yang cukup kru KotGa suka adalah pada seri Twisted Metal 4 dimana para pemain bisa membuat mobilnya sendiri. Mulai dari suara karakter, bentuk, nama, hingga kemampuan spesial yang bisa dipilih sesuai selera. Overall, Twisted Metal memiliki keunggulan pada sistem driving, fitur membuat mobile, hingga setiap karakter yang memiliki latar belakang cerita.

Vigilante 8
Secara garis besar, Vigilante 8 menawarkan genre yang sama dengan Twisted Metal dan menjadi pesaing ketat di zamannya. Berbanding balik dengan kesan gelap dan mencekam yang ditawarkan Twisted Metal, Vigilante 8 lebih menawarkan suasana tahun 70an yang lebih retro namun tetap intense dengan kesan battle-royale ala vehicular combat.

Disisi lain, Vigilante 8 menawarkan arena/map yang lebih luas dibandingkan Twisted Metal. Setiap environment menjadi game ini lebih hidup, seperti adanya pom bensin yang bisa meledak, hingga rocket yang akan membawa ke tempat dimana letaknya senjata spesial. Pemain juga bisa mendapatkan senjata/item spesial serta hal unik lainnya dengan menggunakan codes, seperti NO_GRAVITY yang akan membuatmu terbang.
Dari segi karakter, Vigilante 8 juga menawarkan hal yang lebih, seperti para pemain bisa meng-upgrade setiap karakter favoritnya seiring perkembangan permainan. Jika Twisted Metal didominasi dengan senjata balistik, Vigilante 8 memiliki berbagai jenis senjata yang lebih, misalnya adalah "ranjau joget" yang sangat menjengkelkan hingga mobil Obake (Tsunami) yang memiliki kemampuan untuk menyeruduk seperti kilatan dan juga Boogie yang bisa mengeluarkan bola disko.

Cukup sukses seri pertamanya, Vigilante 8: 2nd Offense resmi dirilis pada tahun 1999 dan menjadi pesaing berat Twisted Metal 4 dimasanya. Vigilante 8: 2nd Offense hadir dengan berbagai macam penyempurnaan, mulai dari grafis hingga berbagai macam fitur baru. Overall, Vigilante 8 memiliki keunggulan map yang lebih luas, jenis senjata dan kemampuan karakter yang unik.

Baca ini juga :

» Bikin Parno! Ini 5 Game Horor PS1 Yang Menghantui Gamer Era 2000an
» Nostalgia Banget! 5 Momen yang Dirindukan oleh Gamers Tahun 90-an
» 7 Game PlayStation 1 yang Bikin Gamers Tahun 90an Nostalgia ke Masa Kecil!
» Merasakan Serunya Demo Iron Man VR di Ajang Battle of The Toys 2019!
» Siap Tandingi PC Gaming! Inilah Fakta PS5 yang Siap Membuat Kamu Terkejut!
Dibalik kekurangan dan kelebihan Vigilante 8 dan Twisted Metal. Keduanya sukses mempopulerkan genre vehicular combat yang menjadi favorit di zamannya meski sekarang sudah cukup redup. Vigilante 8 dan Twisted Metal akan selalu dikenang oleh para gamer, terutama bagi mereka yang telah mencicipi PlayStation 1.

So, jika disuruh memilih. Manakah yang terbaik? Vigilante 8 atau Twisted Metal?

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru