Feature

Fire Emblem Series, Game Tactics Terbaik Nintendo

oleh: Culdesacc

Serial Tactical RPG merupakan genre yang sempat populer di tahun 2000an. Dengan berbagai macam game yang dirilis pada zaman tersebut seperti Final Fantasy Tactics, Tactics Ogre, Brigandine dan lainnya, genre tersebut populer karena unsur micro-management dan pengaturan masing-masing karakter agar dapat membawa pasukanmu menuju kemenangan.

Game-game tersebut merupakan game yang berasal dari konsol-konsol Sony, namun tren genre Tactical RPG juga populer dalam konsol Nintendo. Salah satu dari serial tactics yang hingga sekarang masih populer dan terus berlanjut merilis game-game terbarunya adalah serial Fire Emblem yang dibuat oleh Intelligent Systems untuk konsol-konsol Nintendo.

Baca ini juga :

» Agar Tidak Salah Pilih! Inilah Tips Cermat Membeli Konsol Game di 2020!
» Biar Nggak Salah! Ini Tips Penting Bagi Kamu yang Baru Main Animal Crossing: New Horizons
» Dari Tukang Ledeng sampai Jadi Legenda, Inilah Evolusi Game Utama Super Mario!
» Rekap E3 2019, Inilah Kumpulan Game Terbaik yang Wajib Kamu Nantikan
» Apakah Emulator Sama Buruknya dengan Pembajakan Game?

Fire Emblem awalnya dirilis untuk konsol Famicom/NES dengan judul Fire Emblem: Shadow Dragon and the Blade of Light. Berkisah tentang pangeran Marth dalam perjalanannya membebaskan kerajaan Altea dari tangan Dolhr Empire. Sejak game tersebut dirilis, popularitas dari game tersebut terus memuncak dengan mekanisme permanent death yang membuat alur permainan dan tingkat kesulitan menjadi sangat tinggi dan membutuhkan pertimbangan besar dalam pengaturan pasukan.

Walau memiliki 6 game dengan cerita yang berbeda-beda dan popularitas yang tinggi di Jepang, nama Fire Emblem belum dikenal di Barat dan hingga tahun 2003, dimana pada saat itu kepopuleran Advance Wars di Barat membuat Intelligent System merilis Fire Emblem Rekka no Ken dengan judul Fire Emblem. Fire Emblem mengisahkan tentang 3 cerita berbeda yang mengisahkan Lyndis/Lyn, Eliwood dan Hector dalam menyatukan daratan Lycia.

Namun, popularitas Fire Emblem agak menurun sejak mereka merilis remake dari Shadow Dragon dalam konsol Nintendo DS yang kurang populer. Setelah 3DS dirilis ke publik, akhirnya Intelligent System merilis Fire Emblem Kakusei/Awakening dengan harapan membangkitkan kembali kepopuleran game tersebut, dan upaya tersebut berhasil dan akhirnya popularitas Fire Emblem kembali dengan game-game terbarunya, Fates, Shadows of Valentia dan kolaborasi dengan Koei Tecmo yaitu Fire Emblem Warriors.

Dengan membawakan mekanisme permanent death, batas pemakaian senjata dan berbagai fitur yang berbeda dalam setiap game, Fire Emblem menjadi salah satu serial game strategi terbaik yang hadir untuk Nintendo dan wajib dimiliki jika kamu memiliki Nintendo 3DS. Atau, kamu bisa mulai mengetahui serial ini dari game mobilenya, Fire Emblem Heroes.

(KotakGame)
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru