Feature

[Diary Kru KotGa] Tales Series, Franchise JRPG yang Tetap Setia Dengan Trope Anime

Sejak pertama kali memulai debutnya di Jepang pada tahun 1995 lalu lewat rilis Tales of Phantasia, franchise JRPG Tales sebenarnya menemui banyak tantangan yang sulit saat berusaha menciptakan fan base setia. Demi mengatasi masalah ini, Bandai Namco akhirnya memutuskan untuk membawanya ke wilayah barat dengan harapan agar Tales series mendapatkan pengakuan ke lebih banyak kalangan gamer. Langkah yang sangat tepat untuk diambil, karena sejak satu dekade khususnya beberapa tahun terakhir, franchise ini sudah mendapatkan popularitas dan fan base yang solid.

Satu hal yang paling membedakan Tales dengan franchise JRPG lainnya seperti Final Fantasy, Persona, dan Trails adalah pendekatan konsepnya yang serupa dengan sebuah anime. Sederhananya kamu akan disuguhkan dengan sebuah game dimana mulai dari jalan cerita, karakter, dan latar dunianya sangat mirip dengan sebuah anime bergenre fantasi. Untuk memberikan kesan yang semakin kuat, hampir setiap gamenya selalu memiliki opening anime berdurasi satu sampai dua menit lebih. Kamu bisa lihat beberapa contoh opening kerennya dibawah ini.

Untuk mempertahankan esensi yang ada ini, Bandai Namco akhirnya memutuskan untu kmembuat adaptasi anime dari hampir semua seri Tales. Kru KotGa sendiri sudah menonton semua adaptasi animenya dan berakhir dengan cukup puas. Beberapa diantaranya yang terbaik adalah Tales of Symphonia: The Animation, Tales of the Abyss: The Animation, Tales of Vesperia: The First Strike, Tales of Eternia, dan adaptasi terbaru Tales of Zestiria the X yang dikerjakan langsung oleh studio Ufotable dengan hasil sempurna.

Baca ini juga :

» Nyesel Kalau Gak Nonton! Ini Dia 7 Rekomendasi Anime Baru Yang Akan Rilis di 2022
» Sembari Menunggu Arcane Season 2, Ini Dia Deretan Anime Yang Harus Kamu Tonton Kalau Kamu Suka Arcan
» Mau Jadi Tanjidor? Ini Dia Deretan Game Adaptasi Anime Yang Gak Akan Ngecewain!
» Udah Pernah Maenin Belom? Ini Dia 7 Rekomendasi Game JRPG Yang Keren Dan Asik Di Steam!
» Jadi Wibu! Ini Dia 7 Game Mobile Yang Di Adaptasi Menjadi Anime!

Hingga tahun 2016 kemarin, franchise Tales sudah mendapatkan 16 seri JRPG utama yang kebanyakan dirilis secara eksklusif untuk konsol. Walaupun semua gamenya mengusung nama "Tales of", tapi ketertarikannya antara satu sama lain hampir tidak ada. Jadi mulai dari latar dunia, mitologi, hingga jalan ceritanya sama sekali tidak sama. Sederhananya, Tales series memiliki kemiripan dengan Final Fantasy, dimana latar dunia modern dari Final Fantasy XV memiliki perbedaan yang signifikan dengan tema klasik Final Fantasy IX.

Bagi gamer yang belum pernah memainkan seri Tales sebelumnya, mungkin kebanyakan dari mereka sebelumnya tidak memiliki ketertarikan dengan genre JRPG. Hal ini memang cukup wajar, karena kebanyakan gamer selalu mengganggap kalau JRPG hanya menawarkan sistem gameplay turn-based yang membosankan dengan jalan cerita linear. Tapi untuk franchise Tales hal ini berbeda, karena selain menawarkan sistem battle dimana kamu bisa mengontrol karakter dan menggunakan skill "Artes" dengan leluasa, jalan ceritanya juga tidak mengikat dan kamu bisa melakukan ragam aktifitas lain tanpa keterbatasan.

Tidak ada satupun seri game Tales yang berakhir mengecewakan, bahkan Tales of Zestiria yang dianggap merupakan seri terburuk tetap mendapatkan review hampir sempurna di Steam. Memanfaatkan popularitas franchise yang semakin melejit, Bandai Namco juga melakukan promosi dengan merilis game spin-off seperti Tales of Eternia Online, dan game crossover untuk perangkat mobile seperti Tales of Link, Tales of Card Evolve dan masih banyak lainnya. Selain game dan anime, ada juga seri manga dan drama CD yang memperlihatkan sisi jalan cerita yang lebih kocak dan menyenangkan.

Dengan cerita dan fakta yang sudah kamu baca di atas, Tales mungkin memang tidak jauh berbeda dengan kebanyakan franchise JRPG lain yang bahkan lebih populer. Tapi jika ada satu daya tarik yang tidak bisa dikalahkan dari Tales itu sendiri, konsep yang tetap setia dengan trope anime adalah daya tarik tersebut. Tanpa kamu sadari, sebenarnya franchise ini adalah salah satu alasan kenapa banyak gamer di wilayah barat dapat menerima anime dengan tangan terbuka.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru