Feature

[Diary Kru KotGa] Yu Yu Hakusho, Kisah Detektif Supranatural yang Serampangan

oleh: Culdesacc

Perkembangan anime di Indonesia berawal dari ditayangkannya beberapa anime yang populer di tahun 90an, seperti misalnya Dragon Ball, Doraemon dan beberapa serial Gundam yang dulu ditayangkan dalam layar televisi. Jika ditanyakan pada beberapa orang yang tumbuh pada zaman 90an ini, salah satu anime yang paling dikenal adalah Yu Yu Hakusho.

Yu Yu Hakusho adalah serial yang dibuat oleh Yoshihiro Togashi, yang juga merupakan mangaka dari Hunter X Hunter, dan merupakan anime yang sempat populer di Indonesia sekitar tahun 2000an. Diputar di televisi lokal pada sekitar jam 6 sore, anime Yu Yu Hakusho menjadi anime yang memiliki kepopuleran yang bisa dibilang setara dengan Captain Tsubasa, yang diputar pada sebelum Yu Yu Hakusho ditayangkan.

Baca ini juga :

» Awas Maksiat! 7 Game Mobile Yang Gak Boleh Kalian Mainin Sebelum Buka Puasa Edisi 2022!
» Nyesel Kalau Gak Nonton! Ini Dia 7 Rekomendasi Anime Baru Yang Akan Rilis di 2022
» Sembari Menunggu Arcane Season 2, Ini Dia Deretan Anime Yang Harus Kamu Tonton Kalau Kamu Suka Arcan
» Mau Jadi Tanjidor? Ini Dia Deretan Game Adaptasi Anime Yang Gak Akan Ngecewain!
» Udah Pernah Maenin Belom? Ini Dia 7 Rekomendasi Game JRPG Yang Keren Dan Asik Di Steam!

Yu Yu Hakusho sendiri berkisah tentang bocah SMP serampangan bernama Yusuke Urameshi. Sering merokok di daerah sekolah, berantem melawan anak SMP lain, Yusuke merupakan anak yang ditakuti oleh pelajar seumurnya, bahkan oleh guru-guru di sekolahnya.

Suatu hari, ia meninggal karena menyelamatkan seorang anak kecil yang bermain bola di jalanan. Namun, ia diberitahukan oleh seorang dewi kematian bernama Botan bahwa belum saatnya Yusuke mati, dan ia diberi kesempatan untuk hidup kembali apabila ia mau melakukan berbagai tes yang diberikan oleh Koenma, anak dari dewa neraka.

Ketika hidup kembali, Yusuke ditugaskan untuk menjadi Detektif Alam Baka, yang menyelesaikan berbagai masalah-masalah supranatural yang terjadi dalam kehidupannya. Untuk menyelesaikan misi-misinya, Yusuke dibekali Rei Gun, sebuah serangan supranatural yang dikerahkan lewat jari telunjuknya seperti pistol.

Sampai akhir, Yusuke ditemani oleh Kazuma Kuwabara, preman sekolah yang bisa memanipulasi kekuatan arwahnya menjadi pedang. Kurama, seorang siluman rubah yang menyamar sebagai Shuichi Minamino dan hidup bersama ibunya, dan Hiei, siluman bermata tiga yang mencari keberadaan adiknya.

Pertarungan berbagai pertarungan dilewati oleh Yusuke, mulai dari pertarungan dengan Toguro di Turnamen Kegelapan, hingga pertarungan dengan mantan detektif supranatural Shinobu Sensui. Dalam berbagai pertarungan yang ia hadapi, akhirnya terkuak alasan mengapa Yusuke bisa menjadi kuat hingga sekarang adalah karena ia memiliki darah dari seorang iblis bernama Raizen.

Walau manga Yu Yu Hakusho terasa ditamatkan terburu-buru oleh sang mangaka yang kemudian menulis Hunter X Hunter, anime Yu Yu Hakusho menceritakan turnamen kegelapan dengan lebih jelas dan anime tersebut berakhir pada Episode 112 setelah Yusuke dikalahkan oleh Yomi. Hingga sekarang, kepopuleran Yu Yu Hakusho masih diingat oleh pecinta anime tahun 90an, dimana Kurama populer di kalangan fans wanita, dan Hiei menjadi karakter chuunibyou yang paling dikenal pada saat itu.

(KotakGame)
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru



Most Popular Feature
Tidak ada berita terpopuler