Feature

[SPECIAL] Pengertian Istilah Update Buff, Nerf, Bug dan Rework

oleh: ClockWorange

Halaman Kedua

Rework

Rework adalah perubahan skill, bentuk karakter atau semacamnya, perubahan yang dimaksud bukan hanya sekedar peningkatan saja tapi seperti effect dan kegunaan. Biasanya rework dilakukan pada hero atau item yang kurang laku karena kegunaannya tidak memberikan impact yang besar dalam permainan. Contoh hero yang terkena rework Johnson (Mobile Legends) dan Bloodseeker (DOTA 2).

Baca ini juga :

» Pro Player Auto Tajir Punya! Ini Dia Rincian Lengkap Hadiah Pendapatan Yang Didapat Para Peserta TI1
» TI 10 Akan Dimulai! Apa Saja Yang Akan Terjadi? Ini Dia Deretan Prediksi TI 10 Ala Kru Kotga!
» Indahnya Nostalgia! 7 Game Warnet yang Masih Eksis Hingga Sekarang!
» Indopride Goes Internasional! Perjalanan Xepher & Whitemon Di Scene DOTA 2!
» Biar Gaming Lancar, Inilah 10 Software yang Wajib Para Gamer PC Install!
Bug

Bug adalah segala macam cacat dalam program. Cacat disini adalah kesalahan yang terdapat dalam bahasa pemrograman. Sumber bug bisa ditemukan dari mulai salah design, salah implementasi, salah konfigurasi, dsb. Logo bug sendiri identik dengan kumbang. Bug yang sering ditemukan pada tampilan biasanya berupa cacat pada desain karakter dan map yang tidak sesuai dengan skema, yang membuatnya terlihat berbeda, bahkan aneh. Bug pada keamanan biasanya berupa cacat yang membuat proses keamanan bisa ditembus oleh siapa pun, dan keamanan yang tidak bisa dimasuki oleh siapa pun, bahkan si pemilik.

Kata "bug" berasal dari bahasa Inggris pertengahan yaitu "bugge" yang berarti monster. Pada perang dunia II, istilah bug (atau glitch) digunakan ketika senjata yang digunakan untuk perang mengalami masalah dalam pengoperasiannya.

Istilah bug juga digunakan oleh ilmuwan komputer Grace Hopper, ketika ia dan timnya menangani masalah yang terjadi pada komputer elektromekanik pertama.

Pada tahun 1946, ketika Hopper sudah selesai bertugas, ia bergabung di Harvard untuk melanjutkan pekerjaannya pada komputer Mark II dan Mark III. Operator memeriksa gangguan yang terjadi di Mark II, lalu diketahui bahwa ada ngengat yang terperangkap di dalamnya dan ini disebut sebagai bug. Serangga tersebut secara hati-hati diambil dan ditempelkan pada buku log. Karena kejadian itu, kami menyebut gangguan atau galat sebagai bug.

Kesimpulan: Intinya adanya update buff, nerf, bug, dan rework berguna untuk menghilangkan meta yang lama dan membuat para pemain tidak bosan dengan permainan yang sama. Meskipun banyak yang tidak suka dengan perubahan, tapi pro dan kontra dalam suatu hal sudah menjadi hal yang wajar.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru