Feature

[SPECIAL] Pengertian Istilah Update Buff, Nerf, Bug dan Rework

oleh: ClockWorange
Dalam permainan sudah wajar jika ada perubahan sedikit dalam beberapa hal seperti bug atau skill yang terlalu sakit, kurang sakit, atau mungkin saja kurang berguna. Oleh karena itu developer game biasanya mengeluarkan banyak update mulai dari update mingguan sampai update setiap season. Update juga bermacam-macam ada update untuk fix bug, ada juga update buff, nerf, dan rework, ditambah lagi dengan update penambahan konten-konten baru.

Setiap perubahan dalam sebuah game tentu sangat dipertimbangkan sangat matang oleh para developer game. Mereka tentu tidak asal merombak begitu saja setiap update dengan pertimbangan menurut mereka sendiri.

Para developer game melakukan perubahan jika banyak dari para pemainnya melakukan complain secara terus-menerus akan suatu hal, atau kurang balance biasa disebut juga dengan istilah imba (imbalance). Selain itu update juga dilakukan untuk menghilangkan meta yang sudah lama dan membuat meta baru yang artinya untuk menciptakan suasana permainan yang baru dan tidak itu-itu saja.

Baca ini juga :

» Ling Build Tank Kok Tetap Sakit Ya? Ini 7 Hero Mobile Legends Overpowered dengan Build Item Hybrid
» Nggak Cuma Jago Kagura, Ini Dia Hyper Carry Vale Ala Lemon Sang Alien RRQ
» Yu Zhong Angela Combo Terbaik? Ini 7 Combo Hero Overpowered di Mobile Legends: Bang Bang
» Langsung Set Set Set! Ini 10 Tips Bermain Hero Marksman di Mobile Legends untuk Pemula
» OP Abis! Ini Hero yang Lagi META di Season 3 Marvel Super War
Berbicara soal update pasti kalian sering mendengar istilah buff, nerf, rework dan bug, sudah pahamkah kalian dengan istilah-istilah tersebut? Nah, di minifeature kita kali ini Kru KotGa akan mengetes pemahaman kalian soal istilah-istilah update.

Buff

Pertama yang kita bahas adalah buff, apa itu buff? Buff - (Binary utilized function factor) adalah peningkatan kenaikan status agar lebih baik dari sebelumnya.

Banyak player sering menyalah artikan buff dengan efek yang biasa didapatkan dari membunuh monster, item, dan teman. Padahal buff update memiliki artian yang berbeda meskipun sama-sama meningkatkan kekuatan karakter.

Biasanya hero yang mendapatkan buff di update itu akan menjadi meta dan menggantikan meta yang lama agar permainan lebih berwarna dan tidak itu-itu saja.

Nerf

Nerf - (Narrow effect routed found) mengurangi hal yang bisa membuat imbalance atau melebihi batasan standarisasi dari game itu sendirii (overpowered).

Nerf biasanya dilakukan agar permainan menjadi lebih imbang contohnya seperti Lancelot (Mobile Legends), dan Juggernaut (DOTA 2) yang beberapa kali mendapatkan nerf karena terlalu kuat.

Sama seperti buff nerf juga biasanya dilakukan dengan maksud mengurangi pemakaian hero yang sama atau itu-itu saja.

Tapi apakah artinya hero yang terkena nerf menjadi tidak layak untuk dipakai? Tentunya tidak karena untuk menguasai permainan tidak hanya meta dan hero OP saja yang menjadi faktor penting, tapi ada beberapa faktor lain seperti tingkatan menguasai hero atau pemahan soal item dari hero itu sendiri.

Fitur Index :

  1. Halaman Kedua
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru