Feature

[Diary Kru KotGa] Dilema Gamer, Apakah Sudah Terlambat Untuk Membeli PS4?

oleh: VolkanKaya

Dengan semakin banyaknya game eksklusif PlayStation 4 yang luar biasa, godaan untuk membeli konsol generasi terbaru ini pastinya sulit untuk dibendung para gamer. Disini mereka tidak berusaha untuk mengikuti tren, tapi murni untuk memainkan game tersebut secara langsung karena sudah yakin akan kualitasnya. Tapi jika mengingat umur konsol PlayStation 4 yang sudah "seharusnya" memasuki masa terakhirnya, para gamer yang belum sempat membeli konsol tersebut pasti merasa khawatir.

Kru KotGa sendiri terkadang mendapat pertanyaan dari beberapa teman mengenai PlayStation 4, dan apakah konsol ini masih belum terlambat untuk dibeli. Jawabannya sendiri adalah tidak, karena walaupun sudah memasuki masa lima tahun sejak pertama kali dirilis, pihak Sony justru semakin serius untuk mendukung dominasi konsol ini setidaknya selama beberapa tahun kedepan. Channel YouTube IGN beberapa waktu lalu juga membuat video dari segmen Game Scoop! yang menjelaskan tentang masalah ini.

Baca ini juga :

» Banyak MMORPG Mantap! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Wibu Wajib Tau! Rekomendasi Anime - Musim Gugur 2019
» 7 Game yang Paling Banyak Ditonton Gamers di Youtube Bulan Agustus 2019
» Khilaf Deh! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Banyak Game Wibu! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan

Seperti yang perlu kamu ketahui, PlayStation 4 adalah konsol generasi terbaru yang masih memiliki banyak potensi untuk digali. Mulai dari rilis perdana Infamous: Second Son hingga God of War yang hadir dengan kualitas grafis fantastis bahkan masih dapat dijalankan di konsol PlayStation 4 Slim standar. Dari segi performa, konsol ini masih sanggup menangani game dari berbagai teknologi grafis dan gameplay terbaru.

Kamu bahkan bisa melihat perkembangan jelas di setiap tahunnya, dimana PlayStation 4 terus mendapatkan game eksklusif yang semakin berkualitas. Hal ini tentunya juga berdampak pada pencapaian dan keuntungan besar yang didapat Sony. Untuk mendukung pemasaran konsol yang lebih luas, sayangnya Sony justru meninggalkan PlayStation Vita layaknya anak tiri dan mulai menghentikan produksinya.

Cukup mengecewakan memang, tapi langkah ini diambil agar PlayStation 4 dapat menjadi konsol ideal yang bisa terus bertahan lebih lama dari para pendahulunya. Salah satu faktor keberhasilan PlayStation 4 juga datang dari peran Sony dalam membuat cuplikan iklan pemasaran, dimana PlayStation berhasil meraih posisi pertama di iSpot.tv untuk jumlah tontonan dan impresi TV Ads terbanyak. Mungkin bagi sebagian gamer pencapaian ini tidak begitu penting, tapi justru dari sinilah Sony dapat mengamati minat konsumen di pasaran mengenai game mereka.

Masalah game eksklusif dan dukungan sudah dipastikan tetap ada, lalu apa ada hal lain yang bisa menjaminnya? Kru KotGa sendiri sebenarnya masih sulit untuk memberikan jawaban. Tapi mengingat Sony sudah merilis hardware PlayStation VR tahun 2016 lalu, setidaknya dukungan untuk konsol tersebut pasti akan terus bertahan selama beberapa tahun kedepan.

Sekarang masuk ke intinya, topik ini sengaja Kru KotGa buat karena menyebarnya rumor mengenai Sony yang sudah mulai mengembangkan PlayStation 5. Seperti informasi yang didapat dari media Kotaku, beberapa developer besar dan pegawai inti Sony bahkan masih belum mendengar rencana soal produksi konsol generasi terbaru. Mulai dari penghentian produksi PlayStation Vita, dihilangkannya layanan PlayStation Plus untuk PlayStation 3, hingga fokus dukungan penuh dari Sony dengan merilis gadget PlayStation VR saja sudah menjadi bukti yang solid.

Intinya, terlepas dari kekhawatiran kamu akan PlayStation 4 yang mulai memasuki masa terakhirnya. Semua situasi yang ada saat ini sudah menjadi bukti kuat untuk menjamin umur konsol yang tetap bertahan lebih lama. Apalagi dengan semakin murahnya harga PlayStation 4 yang bisa dibeli di kisaran IDR 3,5-5 juta, mungkin inilah saat paling tepat untuk kembali mempertimbangkan beralih ke konsol ini.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru