Feature

10 MMORPG PC yang Masih Eksis di Tengah Gempuran Game Esports

Halaman 2

5. Final Fantasy XIV

Final Fantasy XIV adalah MMORPG dengan sistem pembayaran "subscription" yang paling digemari setelah World of Warcraft. Meski terbilang mahal, Square Enix sebelumnya sempat mengumumkan bahwa Final Fantasy XIV telah berhasil menembus angka 10 juta pemain terdaftar pada November 2017 lalu.

Final Fantasy XIV adalah sebuah game MMORPG yang dibuat oleh Square Enix. Pada awal perilisan Final Fantasy XIV menyita banyak sekali perhatian seluruh dunia game, pasalnya Square Enix juga memastikan bahwa tidak ada mekanisme pay-to-win pada game ini. Bagi Kotakers yang kepengen bermain Final Fantasy XIV sebenarnya hanya cukup mengeluarkan sekitar IDR 350.000-an untuk 2 bulan bermain.

6. Revelation Online

Pada 6 Maret 2017 lalu, Revelation Online versi barat telah resmi dirilis. Revelation Online merupakan game MMORPG yang dikembangkan oleh NetEase. Sebuah game yang mengadopsi tema Action MMORPG seperti Blade and Soul dengan balutan gaya khas Negeri China yang kental terlihat pada pemandangannya.

Revelation Online menawarkan game MMORPG 3D dengan penuh petualangan yang mengagumkan, berbagai mode PVP, dungeon seru, berbagai macam class, dan memiliki kustomisasi karakter yang sangat mendetail. Yuk saksikan terlebih dahulu trailer open beta Revelation Online.

7. SoulWorker

SoulWorker adalah game action MMORPG bertema anime yang dikembangkan oleh developer asal Korea Selatan, Lion Games dan diterbitkan oleh publisher Hangame di Jepang. Game ini mengambil latar dunia yang diinvansi oleh makhluk dari dimensi lain, dimana manusia harus mempertahankan bumi. Saat harapan hampir musnah, sebuah kekuatan misterius muncul dalam grup remaja yang akhirnya membawa mereka dalam misi untuk memusnahkan makhluk buas dari dimensi lain tersebut.

Serangkaian konten yang ditawarkan SoulWorker sendiri berupa mode PvE dengan akses ke lebih dari 100 dungeon, mode co-op hingga 4 pemain, hingga area PvP yang terbuka lebar untuk pertarungan berskala besar. Battle system dengan personalised combo dalam game ini sudah disesuaikan dengan animasi cel-shaded yang membuat gameplay terasa lebih epik. Kabar baiknya, kamu dapat memainkan game ini di hampir semua sistem PC kelas low-end tanpa masalah sama sekali.

8. Blade & Soul
Blade and Soul adalah MMORPG yang dikembangkan dan dirilis oleh NCsoft. Game ini berkisah tentang dunia persilatan atau martial-arts bahkan game ini disebut sebagai martial-arts MMORPG karena gameplay yang berbeda dari MMORPG pada umumnya. Saat ini Blade and Soul menjadi salah satu dari MMORPG yang paling banyak dimainkan oleh gamer MMORPG. Sejak dirilis oleh pihak pihak Garena Thailand, banyak gamer terutama dari Asia Tenggara berpindah ke server tersebut.

9. Phantasy Star Online 2

Nama Phantasy Star tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para penggemar game RPG. Game yang memiliki style MMORPG Jepang ini memang memiliki banyak sekali penggemarnya di seluruh dunia. Namun sayangnya Phantasy Star Online 2 dirasa terlambat rilis dan tidak diterima cukup baik di area Asia Tenggara hingga harus tutup servernya pada April 2017 lalu.

10. Guild Wars 2

Guild Wars 2 merupakan game MMORPG dari ArenaNet yang merupakan salah satu game MMORPG terpopuler dari tahun 2012, meskipun pada awalnya memiliki model B2P (Buy-to-Play), kini Guild Wars 2 dibuka dan bisa dimainkan secara gratis dengan tambahan microtransactions di dalamnya. Mungkin kamu tertarik untuk memainkan game yang satu ini.

Baca ini juga :

» Bisa Minum Lewat Headset hingga Cukuran RGB, Deretan Joke Brand Gaming di April Mop!
» Resesi Is Real? Game-Game Besar ini Harus Tutup di Tahun 2023!
» Tahun 2023 Penuh Game Keren! Ini Dia List Game Yang Dinantikan Rilisnya di Tahun Ini!
» Apakah Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang Penghargaan KotakGame Awards 2022
» Awal Tahun 2023 di Rumah Tapi Bingung Mau Ngapain Aja? Saatnya Mainkan 7 Game Ini!
Nah, itulah setidaknya 10 MMORPG yang masih bertahan dan eksis ditengah gempuran game-game esports yang saat ini tengah merajarela. Meski masih ada beberapa judul lainnya, tapi kesepuluhd diatas ialah game-game MMORPG yang paling ramai dimainkan, teruma di Indonesia. Apakah kamu termasuk gamer yang memainkan salah satu game diatas?

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru