Feature

Fakta & Sejarah Zoids yang Mesti Diketahui Para Fans

oleh: Keyboard22
Siapa sih yang tidak kenal Zoids, kebanyakan dari kamu khususnya para pecinta anime mecha pasti kenal betul apa itu Zoids. Bagi kamu yang masih cukup asing, Zoids adalah franchise sci-fi yang diciptakan oleh Takara Tomy, perusahaan mainan Jepang, yang memperkenalkan robot raksasa atau mecha yang disebut dengan Zoids. Secara mendasar, Zoids adalah robot berukuran raksasa yang digunakan sebagai mesin tempur yang dikendalikan oleh pilot manusia. Kebanyakan Zoids tampil dalam wujud singa, harimau, serigala, banteng, dan hewan lainnya, termasuk beragam jenis dinosaurus.

Zoids sendiri pertama kali hadir bukan dalam bentuk serial anime seperti Gundam, melainkan kebalikannya, yaitu pertama kali hadir dalam bentuk model-kit oleh Takara Tomy pada sekitar tahun 1982. Pada awal perilisannya di Jepang tersebut, kamu tidak akan melihat bentuk Zoids yang sudah sangat keren seperti sekarang ini. Bentuknya masih cukup absurd untuk sebuah robot yang dibuat berdasarkan hewan. Oh ya, namanya juga belum disebut Zoids, melainkan Mechabonica.

Nama Zoids sendiri baru dicetuskan oleh Takara Tomy pada saat akhir tahun 1982 dengan target wilayah di benua Amerika. Mengejutkannya, nama Zoids jauh lebih laris jika dibandingkan menggunakan nama Mechabonica di Jepang. Karena hal tersebut, Takara Tomy akhirnya memutuskan nama Mechabonica menjadi Zoids sebagai merek dagangnya di seluruh dunia, termasuk Jepang.

Sekitar tahun 80an, Takara Tomy memutuskan untuk merilis Zoids desain yang lebih keren dan ciamik khusus di pasar Amerika dan Eropa. Zoids tersebut mereka berinama Power Zoids yang memiliki bentuk Tank dan Serpent. Pada saat itu, desainnya sudah sedikit mulai berevolusi jika dibandingkan ketika masih menggunakan nama Mechabonica.

Baca ini juga :

» Jamannya Auto Battler? Inilah 10 Rekomendasi Game Terbaik Minggu Ini
» Banyak Game Baru yang Seru! Inilah 10 Rekomendasi Game Terbaik Minggu Ini
» Banyak yang Menggiurkan, Inilah Rekomendasi Game yang Wajib Dimainkan Minggu Ini
» Banyak yang Grafisnya Fantastis, Inilah Rekomendasi Game yang Wajib Dimainkan Minggu Ini
» 5 Game dengan Rumor Perilisan Paling Menghebohkan
Awal mula kesuksesan Zoids

Pada tahun 1999, bisa dibilang adalah tahun batu loncatannya franchise Zoids. Pada tahun tersebut Takara Tomy melakukan evolusi besar-besaran desain miliknya. Desain Zoids yang sekarang kamu lihat ini, pertama kali dicetuskan pada tahun 1999 dan diluncurkan ulang di Jepang dan beberapa negara lain di wilayah Asia dengan membagi Zoids menjadi dua tipe, yaitu dari Kerajaan Helic dan Guylos.

Bukan sekedar merilis ulang model-kit Zoids dengan bentuk hewan buas yang keren-keren, Takara Tomy juga langsung membuat proyek serial anime-nya dengan banyaknya permintaan dari para fans. Serial anime pertamanya diberinama Zoids: Chaotic Century yang berlangsung sebanyak 67 episode dengan Shield Liger dan Blade Liger sebagai bintang utamanya. Berikut list anime Zoids yang bisa menjadi referensimu untuk ditonton:

  • Zoids: Chaotic Century
  • Zoids: New Century
  • Zoids: Fuzors
  • Zoids: Genesis
  • Zoids: Wild

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru