Feature

[SPECIAL] Apakah Spectre DOTA 2 Masih Cocok untuk Digunakan di Ranked?

oleh: ClockWorange
Spectre selalu berada di chart teratas untuk permainan pub dan kehebatannya tidak berkurang saat berada di high skill tier gameplay. Namun dalam kancah professional keadaan Spectre berujung terbalik, menjadi hero yang kurang diminati dan sangat mudah untuk di counter.

Statistik tidak bisa berbohong dan statistik Spectre mengatakan bagaimana dia bisa menjadi salah satu hero terkuat di game ini, dan mungkin hero yang terkuat di lingkungan pub. Dia memenangkan lebih dari 60% gamenya di pub kelas Divine dan merupakan hero paling sukses dalam game ini pada bulan lalu.

Banyak kergauan dan perdebatan yang terjadi, tapi Spectre tidak bisa bisa dibandingkan lagi dengan hero-hero lain dan hero ini sudah menjadi hero yang konsisten digunakan, dia bukan hero yang jarang terlihat dan hero ini bisa di-counter. Tapi apakah Spectre merupakan hero yang layak untuk digunakan?

Build yang Cocok untuk Kalian

build Spectre: pertama mengharuskan kita untuk mendapatkan Radiance secepat mungkin, dan kedua lebih berfokus pada statistik dan pertahanan awal. Sebenarnya kedua build ini dapat bekerja dengan baik di patch sekarang.

Lambat Tapi Pasti

Radiance build adalah build default untuk Spectre karena suatu alasan. Spectre mungkin mendapatkan efek keuntungan terbanyak dari menggunakan Radiance, jika dibandingkan dengan hero-hero lain yang menggunakan item ini, kehadirannya yang bisa berada dimana-mana, sangat mendukung efektifitas aura Radiance.

Progression di build ini melibatkan Ring of Aquila dan Power Treads untuk tankiness awal, secara situasional diikuti oleh Vanguard, Drum of Endurance, Blade Mail atau bahkan Urn of Shadows.

Dengan ini kalian bisa mendapatkan Radiance di early game menit 20, jika kalian membeli situational item mungkin akan selesai di menit 23 atau 25.

Build ini tidak membuat kalian dapat memaksimalkan potensi membunuh dari Spectre. Tapi build ini membuat kalian memberikan damage ke semua hero lawan perlahan-lahan.

Build ini sangat bagus, karena memaksimalkan efisiensi farming hero. Karena hero ini tidak memiliki efisiensi farming yang bagus, Spectre tanpa Radiance akan sangat lambat memiliki item. Saat ultimate sedang cooldown Spectre, dia dapat melakukan farming sembari menunggu ultimate-nya siap kembali.

Spectre bukan lawan terberat dipertarungan networth 20k vs 20k melawan carry musuh, tapi Spectre menjadi carry yang sangat kuat dipertarungan 40k vs 40k.

Dengan membangun item yang bertujuan untuk late game, perlahan-lahan membeli semua item yang paling efisien dia bisa menjamin kemenangan timnya.

Baca ini juga :

» Banyak RPG Menarik! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» PC Kentang Minggir! Inilah Deretan Game PC dengan Ukuran Lebih dari 100GB
» Weekend Seru! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Deretan Game Eksklusif yang Sudah Bisa Dimainkan di Emulator PS3 - RPCS3!
» Tips Main Bar Bar di Mobile Legends Pakai Selena ala Caesius Alter Ego
Aggressive dan Burst Damage

Build ini sangat berbeda dengan build Radiance, membuat momentum perlahan-lahan diawal permainan dengan membuat Phase Boots dan berlanjut membeli Yasha, Manta Style dan Diffusal Blade. Terkadang dilengkapi dengan Mask of Madness.

Yasha dan Diffusal Blade adalah dua item DPS paling hemat biaya untuk Agility Cores. Mereka meningkatkan baik Attack Speed dan Attack Damage sementara Phase Boots memastikan bonus movement speed untuk mencegah hilangnya damage karena musuh tak terkejar.

Spectre jenis ini harus bermain hati-hati saat memulai war, mendapatkan last-hit untuk kill dan mendapatkan gold melalui ganks dan pertempuran kecil. Sedangkan Radiance Spectre sering menjadi mangsa, dipantau oleh tim musuh saat ultimatenya sedang cooldown, Spectre dengan build ini tidak bergantung pada Haunt dan jauh lebih kuat ketika datang untuk pick off lawan, karena tidak terlalu memerlukan ultimatenya.

Tidak seperti Radiance Spectre, build ini juga berlaku untuk Desolate damage talent pada level 10. Ini tidak meningkatkan Desolate damage dengan banyak, tetapi melewatkan Radiance mengartikan Manta Style lebih awal dan karena semua ilusi mendapatkan manfaat sepenuhnya dari Desolate, efek potensial terbesar adalah 45-60 pure damage pada setiap serangan.

Sejauh ini terdengar build ini lebih baik jika dibandingkan dengan Radiance build, bagaimanapun Spectre dengan build ini akan lebih sulit farming. Meskipun memiliki agility yang banyak dari item, build ini tetap kurang efisien untuk menghabiskan camp stack dengan cepat, jalan tercepat mendapatkan gold adalah dengan menculik hero lawan.

Kalian juga tidak bisa terus muncul di lane sendirian, karena hal ini mengundang musuh untuk melakukan gank, dan Spectre dengan build ini kurang bagus untuk membuka inisiasi. Dan karena kurang efisien untuk membunuh neutral camp, jalan terbaik bersama dengan salah satu hero tim dan melakukan gank untuk gold tambahan.

Perlu diingat juga Spectre type ini sering digunakan saat sedang putus asa. Saat kita berada di situasi yang sulit untuk membeli Radiance, dan sangat tidak memungkinkan untuk membeli Radiance untuk early game, build ini sering menjadi jalan keluar, karena bisa berguna untuk early fight.

Build ini juga berfokus pada damage dan kecepatan untuk membunuh satu lawan dan lawan lainnya dengan cepat, tidak seperti Radiance build yang mengandalkan statistic item dan tank build. Spectre dengan build ini juga mengharuskan kita membangun item yang dapat membunuh carry lawan dengan cepat.

Kesimpulan

Spectre belum dianggap overpowered dalam beberapa tahun terakhir. Tidak ada yang mengeluh Spectre terlalu kuat atau sering sekali menang. Faktanya lebih banyak pemain yang berdiskusi kenapa Spectre jarang digunakan di kancah professioal, dan beranggapan Spectre hero yang lemah.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru