Feature

Pengertian Istilah Remastered, Remake, Reboot yang Perlu Gamer Ketahui

oleh: Keyboard22
Game zaman sekarang memang cukup banyak yang keren-keren. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kalau banyak game lawas yang jauh lebih menarik atau bahkan layak disebut masterpiece sepanjang masa. Sayangnya, jika memainkan di zaman sekarang, rasanya cukup aneh dengan grafis "jadul" yang ditawarkannya. Tentunya akan jauh lebih menarik jika memainkannya dengan kualitas grafis saat ini.

Jika kamu memperhatikan informasi terbaru mengenai industri gaming belakangan ini, kamu pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar game "lawas" yang diangkat kembali. Namun, pengangkatan kembali sebuah judul game lawas tersebut hadir dengan berbagai macam jenisnya. Mulai dari Remastered, Remake, ataupun Reboot. Apasih maksudnya itu?

Baca ini juga :

» Apakah Pembajakan Akan Membuat Developer Tidak Lagi Merilis Game di PC?
» [Diary Kru KotGa] 2019, Tahun Dimana Anime Bleach Akan Kembali?
» [Diary Kru KotGa] Semakin Terancam, Bagaimana Jadinya Masa Depan Final Fantasy?
» [Diary Kru KotGa] Devil May Cry vs Bayonetta, Mana Franchise Hack and Slash Terbaik?
» [Diary Kru KotGa] Makin Sengit, Game Mana yang Bakal Meraih Gelar GOTY 2018?
1. Remastered

Mungkin, dari ketiga jenis diatas, Remastered adalah yang paling mudah dilakukan dan sudah cukup banyak game-game jadul yang mendapatkan versi Remastered. Beberapa contoh game lawas yang sudah mendapatkan versi remaster adalah Star Ocean: The Last Hope besutan Square Enix dan juga Dark Souls Remastered besutan Bandai Namco serta beberapa judul lainnya yang cukup banyak.

Biasanya, versi Remastered hadir dengan kualitas grafis yang jauh lebih diperhalus. Diperbagus dalam artian hanya dipoles lebih baik, bukan menggantinya dengan engine yang baru. Entah kualitas tekstur yang ditingkatkan, ataupun dukungan resolusi dan framerate yang lebih baik untuk konsol dan PC zaman sekarang.

2. Remake

Berbeda dengan Remastered, untuk melakukan sebuah Remake video game cukup sulit karena developer dituntut untuk "membuat ulang" game tersebut. Entah dari segi kualitas grafis ataupun gameplay yang dirombak sedemikian rupa. Bisa dibilang, developer seperti membuat ulang game tersebut dari awal. Hanya saja, untuk jalan cerita yang ditawarkan masih tetap orisinil.

Beberapa contoh game lawas yang mendapatkannya adalah Shadow of the Colossus yang dirilis oleh Sony dan juga Resident Evil 2 Remake yang akan segera dirilis oleh Capcom pada Januari 2019 mendatang. Meskipun terbilang rumit dan memakan banyak waktu serta resource yang cukup besar, biasanya versi Remake lebih membuat para gamer antusias dibanding versi Remastered yang hanya memperbaiki kualitas grafis.

3. Reboot

Reboot mengacu pada game baru dengan franchise yang sudah ada dalam artian dibuat ulang atau mengulang kembali suatu seri dari awal. Dalam revitalisasi sebuah game ini biasanya banyak digunakan sebagai taktik penjualan atau memang hanya ingin membuat suatu baru yang dirasa perlu agar terlihat lebih segar dengan kualitas yang lebih baik. Berbeda dengan remake, reboot lebih mengacu pada pembuatan ulang sebuah video game yang termasuk membuat ulang jalan cerita yang ditawarkan.

Beberapa contoh game lawas yang mendapatkannya adalah Tomb Raider (2013) yang dirilis oleh Square Enix dan juga DmC Devil May Cry yang dikembangkan oleh Ninja Theory yang menimbulkan berbagai kontroversi karena memperlihatkan perubahan karakter serta jalan cerita diluar harapan para fans. Untuk merilis versi reboot sebuah video game, developer dan publisher memang harus memikirkannya dengan matang-matang.

Baca ini juga :

» Apakah Pembajakan Akan Membuat Developer Tidak Lagi Merilis Game di PC?
» [Diary Kru KotGa] 2019, Tahun Dimana Anime Bleach Akan Kembali?
» [Diary Kru KotGa] Semakin Terancam, Bagaimana Jadinya Masa Depan Final Fantasy?
» [Diary Kru KotGa] Devil May Cry vs Bayonetta, Mana Franchise Hack and Slash Terbaik?
» [Diary Kru KotGa] Makin Sengit, Game Mana yang Bakal Meraih Gelar GOTY 2018?
Sebenarnya, selain ketiga jenis diatas, masih ada beberapa jenis lainnya. Seperti Enhanced Port yang memungkinkan game PlayStation 3 bisa dimainkan di PlayStation 4 ataupun Re-imagining yang sebenarnya sama dengan reboot namun masih menggunakan latar dunia yang masih sama.

Game lawas apa yang kamu harapkan apabila dikembangkan kembali untuk perangkat konsol current gen seperti PlayStation 4 , Xbox One ataupun PC? Tentunya sangat banyak, mengingat game zaman dulu, khususnya sejak keberadaan PlayStation 1 & 2 beberapa game menarik telah muncul dan masih asyik dimainkan sampai sekarang.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru