Feature

5 Bisnis Gelap di Game Online yang Harus Kamu Hindari

Kontributor: Yohan Lie

Berkembangnya industri game online di Indonesia tentunya disertai juga dengan keuntungan dari bisnis pada sektor tersebut. Termasuk keuntungan bagi gamer dalam mencari “recehan” dari game onine yang dimainkan.

Ada banyak cara bagi gamer untuk mendapatkan penghasilan dari game yang mungkin belum pernah terpikirkan oleh kamu. Sebagian ada cara legal, tetapi ada sebagian lainnya yang merupakan cara ilegal melalui bisnis gelap yang tidak boleh dilakuykan. Sebenarnya.

Seperti dua sisi dalam satu koin yang sama, bisnis-bisnis illegal dalam dunia game juga berkembang lantaran ada pihak-pihak yang tidak mempedulikan peraturan tertulis yang berlaku.

Kali ini, Kru KotGa bukannya ingin mengajarkan kamu untuk melakukan perbuatan ilegal, tetapi lebih kepada berbagi pengalaman sehingga kamu bisa memahami bahwa perbuatan-perbuatan yang akan dijabarkan itu bukanlah sesuatu yang patut dilakukan.


1. RMT

RMT atau Real Money Trading adalah memperjual belikan barang-barang virtual dalam game dengan mata uang asli. Umumnya, barang virtual yang diperjual belikan dengan mata uang asli antara lain jual gold atau mata uang di dalam game, ID atau karakter dan item di dalam game.

Sebagian publisher game online menegaskan dalam peraturan ketika gamer melakuian pendaftaran ID maupun instalasi game bahwa mereka melarang adanya RMT serta tidak bertanggung jawab apabila terjadi penipuan dan sebagainya apabila gamer tetap nekat melakukannya. Faktanya, bisa dibilang kalau RMT ini berada pada garis abu-abu antara boleh dan tidak, kembali kepada kebijakan dari publisher game online yang terkait.

Masalahnya, dalam kasus RMT ini, tak jarang gamer menjual barang-barang ilegal seperti ID atau item curian dari hasil hack. Bisa juga item itu didapat dari jasa top-up haram menggunakan carding (kartu kredit curian). Tentu saja yang namanya pencurian adalah sebuah tindakan yang tidak dibenarkan, dan pastinya kamu bakal kenamasalah jika bertransaksi dengan pihak yang seperti ini.

Baca ini juga :

» Wajib Main! Inilah 7 Game PS1 Legendaris yang Ternyata Ada Sekuelnya!
» Jangan Terpaku Nostalgia! Rekomendasi Game Farming yang Lebih Superior dari Harvest Moon BTN!
» Gak Ada Matinya! Inilah 7 Game Fighting dengan Komunitas Teramai dan Paling Aktif!
» Seru Abis! Inilah 10 Rekomendasi Game Konsol Terbaik yang Juga Rilis di Mobile!
» Wajib Paham! Kriteria Membeli Laptop Gaming Terbaik dengan Budget Terbatas!

2. Penipuan

Masih ada kaitannya dengan RMT, tetapi untuk kasus penipuan sepertinya Kru KotGa harus bahas secara khusus nih.

Perkembangnya RMT didukung oleh terbentuknya berbagai grup jual-beli atau munculnya pedagang-pedagang online untuk item virtual. Sayangnya, peluang bisnis ini dimanfaatkan oleh oknum untuk melakukan penipuan.

Ada beberapa kasus penipuan yang Kru KotGa ketahui, yaitu transaksi palsu dimana barang yang dijual tak sesuai dengan kesepakatan, penjual yang kabur setelah menerima bayaran sampai kasus ID yang sudah dijual diambil lagi (hack back) untuk digunakan dalam proses penipuan selanjutnya.

Maka dari itu, biasanya dalam grup jual-beli kerap diadakan jasa rekening bersama (rekber) oleh admin terpercaya. Asal kamu tahu, dalam bisnis apapun, pedagang yang memiliki reputasi baik akan mempermudah dirinya untuk menjual apapun dengan laris.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru