Feature

[Diary Kru KotGa] Kenapa Statistik Win Rate Rata-Rata Pemain Bisa 50%?

oleh: ClockWorange
Untuk Diary Kru KotGa kali ini kita akan bahas tentang Win Rate, kalian pasti tahu apa itu Win Rate. Win Rate juga menjadi penilaian orang-orang untuk menentukan apakah pemain itu memang pro atau tidak. Tapi ada banyak juga pemain dengan winrate 50% (normal) tapi memiliki kemampuan bermain seperti seorang professional gamer. Berbicara soal itu sadarkah kalian ada satu hal yang aneh dan terasa "ganjal" hampir semua pemain memiiliki Win Rate yang sama yaitu kisaran 50 sampai 60%. Dan hal ini akan kita cari tahu di Diary Kru KotGa kali ini!

Apa itu Win Rate?

Dalam istilah yang paling sederhana, tingkat kemenangan (Win Rate) adalah seberapa sering seorang pemain dapat berharap untuk menang dalam permainan. Tingkat kemenangan ini mungkin muncul sebagai persentase. Dan kalian dapat menghitung Win Rate dengan rumus Total Win : Total Match x 100.

Saat kedua player bertemu hal yang pertama kali diperhatikan sang pemain bukanlah skill melainkan Win Rate, setelah itu baru mereka melihat skill. Tidak jarang juga yang sudah melihat skill tapi setelah melihat Win Rate mereka beranggapan kalau permainan itu hanya keberuntungan belaka saja.

Apakah Win Rate itu penting?

Tentu saja, karena ini bisa menjadi cerminan permainan kalian. Misalkan saja kita sedang bermain Mobile Legends banyak pemain yang bilang pangkat atau rank tidak bisa menjadi pacuan pemain itu hebat atau tidak. Lalu jika rank Tidak bisa menjadi pacuan pemain itu hebat atau tidak apa yang dilihat jika bukan Win Rate? Tapi logikanya jika Win Rate pemain itu sendiri tinggi pasti mereka memiliki rank atau pangkat yang tinggi juga.

Lalu pemain yang memiliki Win Rate kecil berarti sudah pasti noob? Tidak juga, karena mungkin saja mereka baru mencoba bermain game itu, dan butuh pembelajaran di awal-awal permainan yang menyebabkannya harus Lose banyak sekali match, tapi seiring berkembangnya kemampuan Win Rate terasah sedikit demi sedikit.

Baca ini juga :

» Pasti Seru! Inilah 7 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Selalu Jadi Pilihan, Ini 5 Hero Favorit Cewek-cewek Saat Awal Main Mobile Legends
» Tak Cuma Free Fire, 7 Game Mobile Ini Pernah Kolaborasi dengan Attack on Titan!
» Nostalgia, Inilah Game-Game yang Pernah Populer di Facebook
» Dilarang Jadi Streamer Sniper Nakal! 7 Game yang Paling Sering Dimainkan Para VTuber!
Setiap game juga memiliki "Matchmaking System" yang fungsinya untuk membuat game balance (seimbang), sistem ini akan menyesuaikan kemampuan skill kalian dan mempertemukannya dengan pemain yang memiliki kemampuan serupa. Tapi untuk saat ini Matchmaking bukan lagi menggunakan kemampuan individu pemain di setiap permainan, tapi mereka menggunakan MMR / Rank. Kalau menurut pendapat Kru KotGa menggunakan MMR / Rank memiliki kecacatan sendiri apa lagi MMR / Rank setiap pemain tidak dibedakan. Contoh game yang memiliki MMR / Rank terpisah: DOTA 2 dan PUBG. Kenapa harus terpisah? Karena kita tidak tahu apakah pemain itu mencapai rank itu hanya dengan bantuan orang lain atau mereka memiliki skill individu yang layak untuk mencapai rank tersebut.

Kenapa Rata-Rata Win Rate 50%?

Tidak hanya Kru KotGa pasti semua juga pernah merasakan hal ini, Kru KotGa sendiri sering bingung kenapa sehabis menang pasti next game kemungkinan besar akan kalah, dan kalah ini disebabkan hal-hal yang konyol seperti salah satu anggota tim ada yang disconnect, afk atau hal lainnya. Dan jika kita mendapatkan Win Streak sekalipun tak lama kemudian Lose Streak pasti menanti. Apakah ini takdir? Atau sistem Matchmaking memaksakan semua player memiliki Win Rate 50%? Jika kalian lihat di forum Overwatch banyak juga user yang mengeluhkan hal ini.

Tapi ada cara untuk menghindari Win Rate 50% yaitu dengan bermain bersama dengan tim dan bermain secara konsisten, tapi hal ini tidak berlaku untuk DOTA 2 dan PUBG yang memiliki tingkatan rank terpisah untuk solo player dan team player.

Beberapa screenshot statistik game Kru KotGa

DOTA 2 sedikit lagi 50%
Onmoyji Arena hampir 50% juga
Mobile Legends kalau ini Kru KotGa bisa handel biar nggak 50%


Jadi bagaimana menurut Kotakers, apakah Kotakers merasakan hal yang sama?

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru