Mini Feature

[Diary Kru KotGa] Menanggapi Jual Beli dan Praktik Joki di Mobile Legends

oleh: Salinolino
Memiliki rank tinggi di Mobile Legends: Bang Bang adalah impian para ML-ers. Dengan hal tersebut, pastinya telah terbukti bahwa kita telah memiliki skill dalam bermain Mobile Legends. Makin tinggi rank yang kamu miliki, pastinya makin tinggi juga skill yang kamu miliki.

Akan tetapi bagaimana jika kamu bermain ranked di tier Mythic, lalu bertemu dengan rekan satu tim yang memiliki gameplay layaknya tier Elite atau Master. Untuk saat ini, hal tersebut banyak sekali ditemukan. Mulai dari yang tidak mengetahui role hingga player toxic.

Tapi kamu jangan heran mengapa ada player seperti itu. Jika kamu piki bahwa pemain tersebut memiliki skill layaknya Master atau dibawahnya, itu benar sekali. Lalu kok bisa mereka memiliki akun rank tinggi seperti itu, padahal mainnya saja berantakan bukan main. Di sini Kru KotGa ada dua jawaban buat kamu-kamu yang kebingungan karena hal tersebut, jawaban yang pertama yaitu orang tersebut membeli akun tier tinggi, dan yang kedua orang tersebut menggunakan jasa joki untuk meningkatkan rank miliknya.

Baca ini juga :

» [SPECIAL] Elsu vs Lesley, MM Sniper Mana yang Paling Jitu
» [SPECIAL] Sun vs Wukong, Kera Mana yang Paling Sakti Mandraguna?
» Dasar Penakut! Ini Dia Cara Mengalahkan Elsu si Sniper di Arena of Valor!
» [SPECIAL] Grakk vs Franco, Sama-Sama Tukang Hook, Siapa yang Paling GG?
» Wajib di Banned! 7 Pro Player Mobile Legends Ini Jagonya Kebangetan!
Lalu sebenarnya bagus atau tidak sih jasa joki dan jual beli id Mobile Legends? Untuk lebih lengkapnya, yuk simak Kotakers!

Fenomena joki dalam Mobile Legends seperti bukan hal baru lagi bagi para pemain Mobile Legends. Jika dilihat dari sisi sang joki tersebut, tentunya hal ini terbilang cukup menguntungkan. Bisa dikatakan sembari menyelam minum air, itulah pepatah yang cocok untuk para joki. Jadi mereka bisa menghasilkan uang dari hobby, ya bisa dikatakan hobby yang dibayar. Tetapi tentu saja joki punya kekurangan, yaitu akun Mobile Legends miliknya akan terbengkalai.

Praktik joki biasanya dilakukan oleh pemain yang benar-benar sudah memiliki skill tinggi bermain Mobile Legends. Dan mereka biasanya tidak bermain solo, melainkan ada rekan sesama joki yang berniat untuk memainkan id orang.

Berbeda dengan penjual id Mobile Legends, orang ini tidak mau memainkan id orang, melainkan ia membuat akun kemudian dinaikan sampai rank tinggi, lalu id tersebut dijual. Biasanya untuk seseorang yang menjual id, ia jarang memiliki id utama Mobile Legends, karena tugasnya hanyalah untuk bermain Mobile Legends sampai rank tinggi, kemudian dijual. Tentu hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi mereka-mereka yang menjalani bisnis tersebut.

Lalu sebenarnya apa kerugian bagi pemain lain? Kerugian yang berdampak cukup banyak. Dari pembeli id atau pengguna jasa joki, hingga ke pemain Mobile Legends lainnya. Pertama jika pembeli id membeli id yang memiliki tier mythic misalkan, tetapi ia memiliki skill Master. Tentu hal tersebut akan menyulitkan dirinya untuk bersaing dalam match manapun. Yang bisa ia dapatkan hanyalah kekalahan saja, karena dirinya tidak dapat menyeimbangi gameplay yang ada di tier tersebut.

Sama halnya dengan si pengguna jasa joki, dirinya tidak akan bertahan saat bermain di ranked yang seharusnya bukan selevel dirinya. Jika kamu lagi sial, pastinya pengguna jasa joki tersebut akan dimaki habis-habisan oleh rekan satu timnya.

Untuk pemain lain yang bertemu dengan pengguna jasa joki atau pembeli id Mobile Legends saat bermain, tentu mereka akan merasakan permainan yang aneh dari pemain yang menggunakan jasa joki atau jual beli id tersebut. Hal tersebut sangat amat merugikan tim.

Dan dari Moonton sendiri penah menanggapi hal tersebut, mereka menyatakan bahwa praktik jual beli id atau joki dianggap tidak sah. Karena dapat mengganggu ke seimbangan di antara pemainnya.

Nah menurut kamu gimana nih? Setujukan kamu dengan adanya praktik jual beli id dan jasa joki Mobile Legends?

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru



Latest feature

10 Rekomendasi Game Andro...

Seperti biasa, kru KotGa akan memberikan rekomendasi game mobile ...

Auto Ngibrit! Ini Dia Ami...

Setelah kemarin kita membahas tentang hero Ritcher, hero Warior y...

Nyobain Fitur 'AiMesh' da...

Nah, pada artikel ini kru KotGa akan mencicipi fitur AiMesh dari ...

Most Popular Feature