Feature

Megaman Series, Serial yang Nyaris Ditinggalkan Capcom

oleh: Culdesacc

Serial Megaman merupakan sebuah serial klasik milik Capcom yang sudah dirilis sejak awal Nintendo Entertainment System (NES) jaya di pasaran. 30 tahun lebih sudah meramaikan industri game, serial Megaman dianggap sebagai salah satu serial yang memiliki sejarah yang cukup keras dan menempuh jalan yang berbatu.

Kali ini, kru KotGa akan sedikit menjelaskan sejarah serial Megaman yang lumayan kelam, bahkan nyaris terbengkalai. Penasaran? Yuk, langsung disimak!

Serial Megaman dimulai sejak perilisannya di tahun 1987 dengan judul Rockman di Jepang. Megaman merupakan game Capcom yang pertama kali dibuat untuk konsol mengingat pada saat itu Arcade merupakan platform gaming yang digandrungi oleh anak-anak muda pada zamannya. Megaman menceritakan tentang pertarungan seorang robot bernama Rock yang dirubah menjadi Megaman (atau Rockman dalam versi Jepang) untuk melawan Robot Masters yang dipimpin oleh Dr. Wily.

Memiliki gameplay dengan tingkat kesulitan yang sangat tinggi, serial Megaman mulai dikenal sebagai game platformer dengan gameplay menantang di zamannya dan terus berkembang hingga serial-serial terbarunya, bahkan di tahun yang sama versi Inggris dari Megaman langsung dirilis untuk pasar barat. Perkembangan serial Megaman terus meningkat setiap seriesnya, namun Megaman 8 dianggap sebagai salah satu serial Megaman yang cukup lemah walau memiliki grafis yang memukau di PlayStation.

Melihat respon terhadap Megaman 8 yang kurang baik, Capcom memutuskan untuk mengistirahatkan serial utama Megaman dan berfokus pada pengembangan serial spin-off yakni Megaman X. Megaman X4 yang dirilis setahun setelah Megaman 8 justru menuai respon yang positif walaupun voice acting yang dianggap buruk. Megaman X5 mendapat respon yang positif namun beberapa mengritik sistem RNG yang menentukan ending dari game tersebut, dan Megaman X6 dianggap game yang terlalu terburu-buru karena dirilis hanya dalam selang waktu beberapa bulan setelah X5 dirilis.

Kejatuhan serial Megaman X dimulai sejak kehadiran konsol PS2. Capcom merilis Megaman X7, sebuah serial baru yang memiliki sistem cukup unik dimana para karakter harus menyusuri stage yang dibagi menjadi 2D dan 3D stage. Sayangnya, X7 dianggap sebagai game Megaman X terburuk karena sistem gameplay yang buruk, voice acting yang buruk, dan juga karakter utama X yang harus di unlock terlebih dahulu sebelum bisa digunakan.

Beberapa tahun setelah kejatuhan Megaman X7, serial Megaman X8 kembali hadir namun dengan mekanisme yang mirip dengan game-game sebelumnya yaitu 2D platformer. Sayangnya, memang kerusakan yang dihasilkan oleh perilisan X7 yang dianggap mengecewakan belum bisa diselamatkan oleh Megaman X8.

Setelah Megaman X gagal di pasaran, Capcom memutuskan untuk sementara menghentikan produksi serial tersebut dan berlanjut untuk fokus pada serial-serial game handheld seperti serial Megaman Battle Network, mengisahkan tentang petualangan Lan Hikari dan MegaMan.EXE dalam petualangan membasmi virus dan grup jahat WWW, dan Megaman Zero, yang merupakan serial lanjutan langsung dari X6 namun dengan gaya penceritaan yang berbeda. Serial Megaman Battle Network berakhir di serial ke-6 pada 2005, dan Megaman Zero berakhir di serial ke-4 di tahun yang sama.

Beberapa saat setelah Nintendo merilis Nintendo 3DS, serial Megaman Starforce yang memiliki mekanisme mirip Battle Network, dan kelanjutan dari Megaman Zero yakni Megaman ZX dirilis dalam konsol tersebut. Dalam konsol PSP yang lebih powerful, dua game remake dari serial utama Megaman yakni Megaman Powered Up dan Megaman Maverick Hunter X juga dirilis dalam konsol tersebut. Sayangnya dua game tersebut juga tidak terlalu menuai sukses jika dibandingkan dengan game-game Megaman Nintendo DS.

Setelah perilisan Nintendo 3DS, Capcom merilis sebuah teaser trailer dari kelanjutan serial Megaman Legends, yaitu Megaman Legends 3 pada tahun 2010. Berkisah beberapa tahun setelah ending Legends 2, tentu kelanjutan dari serial spin-off yang unik ini ditunggu oleh para fans setianya. Namun setahun setelah trailer dirilis, Capcom memutuskan untuk membatalkan Megaman Legends 3 dikarenakan support dari fans dianggap kurang.

Batalnya Megaman Legends 3 memulai periode sunyi dari serial Megaman dalam beberapa tahun kedepan. Keiji Inafune yang memutuskan untuk keluar dari Capcom di akhir 2010 membuat Mighty no. 9 bersama dengan perusahaan baru yakni Comcept. Mighty no. 9 digadang sebagai kelanjutan dari Megaman 8 yang sesungguhnya, berbeda dengan 9 dan 10 yang dibuat dengan gaya retro. Sayangnya, Mighty no. 9 juga berujung dengan kekecewaan dan port yang dijanjikan untuk rilis di 3DS dan juga Vita belum dirilis hingga sekarang.

Walau sempat bungkam beberapa waktu tanpa kabar, akhirnya secercah harapan mulai tiba di tahun 2015 dengan perilisan Megaman Legacy Collection. Game yang melibatkan 10 game Megaman yang bisa dimainkan ini kembali menarik perhatian para fans, dan beberapa menganggap kalau kompilasi ini sukses maka Capcom akan siap untuk mengerjakan serial Megaman yang baru.

Capcom menjawab keinginan para fans pada 2017 dengan pengumuman Megaman 11 sebagai bagian dari perayaan 30 tahun serial Megaman. Kelanjutan dari serial Megaman yang akan rilis pada 2 Oktober mendatang ini jelas disambut dengan baik oleh banyak fans, khususnya beberapa yang kecewa dengan serial 9 dan 10 yang menggunakan grafis ala NES pada konsol yang memiliki power lebih.

Tak hanya Megaman 11, Capcom juga memberikan sinyal bahwa Megaman X akan dilanjutkan ke serial ke-9 setelah beberapa tahun sempat sunyi tanpa kabar. Hal tersebut diutarakan lewat booklet soundtrack MegaMan X Legacy Collection yang telah dirilis di Jepang, setelah X8 terdapat kata-kata misterius yang bertuliskan 'Pertarungan X belum selesai sampai disini saja.' Kalimat yang sama juga terdapat dalam artbook 20 tahun anniversary MegaMan yang bertuliskan 'The legend is not yet complete'.

Baca ini juga :

» Gak Cuma Keren, Ini Berbagai Keuntungan Ketika Mendapatkan Karakter Street Fighter
» Gempar! Ryu Ken & Karakter Street Fighter V: Champion Edition lainnya Menyerang Dunia Summoners War!
» Intip Semua Jurusnya! Com2uS Hadirkan Karakter [Street Fighter V: Champion Edition] di Summoners War
» Jadi Ciri Khas, Ini 7 Senjata Paling Ikonis Sepanjang Seri Resident Evil
» Seri Paling Mencekam? Inilah Kumpulan Detail Lengkap Resident Evil 8: Village!

Sinyal kembalinya serial MegaMan X dengan serial X9 tentunya diperkuat dengan kehadiran MegaMan 11 yang akan hadir di bulan Oktober mendatang. Setelah beberapa tahun sunyi, kini nampaknya Capcom sudah kembali lebih percaya diri untuk merilis beberapa serial baru dari game-game Megaman. Nah, Kotakers sendiri bagaimana? Apakah ada serial Megaman yang hingga sekarang masih membekas di hati? Langsung komentar dibawah ya!

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru