Feature

[Diary Kru KotGa] Pengalaman Pertama Bermain MOBA Battle Royale

oleh: ClockWorange
Genre MOBA dan Battle Royale kian melejit naik, perkembangan game di Indonesia juga kian meningkat. Apalagi sekarang zamannya serba portable, semua orang membutuhkan handphone. Seiring dengan perkembangan zaman ini, pasar game mulai fokus dengan game-game mobile device. Game MOBA pun sudah bisa dimainkan dimana saja dan kapan saja, begitu juga dengan Battle Royale. Smartphone membuat semuanya menjadi lebih mudah.

Karena 2 genre di atas yang sedang berada di puncak, para developer berpikir keras untuk mengeluarkan terobosan baru, dari situlah MOBA Battle Royale mulai ada.

Pertama kali Kru KotGa bermain game MOBA x Battle Royale ini di DOTA 2. Melalui Battle Pass 2018, DOTA 2 mengeluarkan mode dimana para pemainnya bisa bermain MOBA tapi dengan sensasi battle royale. Mode tersebut adalah Underhollow, tim yang berisikan 3 pemain saling bekerja sama untuk menjadi tim yang terbaik.

Menurut Kru KotGa Underhollow memberikan permainan yang berbeda, terlepas permainan DOTA 2 yang umumnya hanya mempertahankan base dan mencoba menghancurkan base lawan. Tidak berhenti sampai di sini Kru KotGa juga pernah mencoba game MOBA Battle Royale lainnya, dan kali ini bukan di PC melainkan mobile device.

Moba yang satu ini namanya sudah tidak asing lagi di telinga gamer mobile Indonesia, game tersebut adalah Mobile Legends. Yap, Mobile Legends juga ikut mengeluarkan MOBA Batte Royale. Mirip dengan Underhollow (DOTA 2), setiap tim juga terdiri dari 3 pemain, selain itu mode ini juga dilengkapi dengan fog map, jadi map menjadi sangat gelap dan vision yang kita miliki juga terbatas, moda battle royale versi Mobile Legends ini dinamakan Mode "Survival".

Berbeda dengan Underhollow, mode Survival lebih kaya akan fitur-fitur barunya. Mereka menambahkan slot spell dan rarity spell, semakin langka spell yang kita temukan, semakin gila juga efeknya. Untuk item kita bisa mencarinya dari membunuh lawan-lawan yang sudah tersebar disekitaran area map tersebut.

Baca ini juga :

» Ini Dia Alasan Mengapa Tier Epic Dijuluki Sebagai Tier Neraka!
» Indo Pride! Ini Dia Prestasi Tim Esports Indonesia di Kancah Internasional!
» 5 Hero Mobile Legends yang Diprediksi Kuasai Land of Dawn di Season 12!
» [SPECIAL] Kombinasi Weapon Andalan Pro Player Apex Legends
» [SPECIAL] In-Depth Guide Chaos Knight, Kembali Berjayanya Strength Core DOTA 2
Underhollow (DOTA 2) vs Survival (Mobile Legends)

Menurut Kru KotGa kedua game tersebut sama-sama memberikan sensasi permainan yang baru. Sayangnya mode-mode tersebut hanya menjadi mode event saja, alias sampingan. Mode-mode tersebut tidak dijadikan sebagai mode kompetitif, tidak ada statistik maupun peringkat yang didapatkan, hanya sekedar membuang-buang waktu saja.

Survival Heroes: MOBA BATTLE ROYALE

Setelah memakan waktu cukup lama, akhirnya hadir game yang menawarkan genre MOBA Battle Royale. Mungkin terdengar tidak jauh berbeda dengan Underhollow yang ditawarkan DOTA 2 dan mode Survival Mobile Legends, tapi MOBA Battle Royale di Survival Heroes menjadi mode utama dan bukanlah mode sampingan. Mereka menawarkan sistem ranking dan statistik, selain itu mode untuk bermain solo atau tim. Permainan tidak terikat kemampuan hero atau class, game ini tidak memiliki hero. Jadi untuk mendapatkan skill kalian harus mengambil weapon dan mereka memiliki banyak sekali weapon. Setiap weapon memiliki variasi skill yang berbeda-beda dan gear armor yang kalian koleksi selama permainan, juga harus di sesuaikan dengan weapon yang kalian dapatkan, demi sinergi weapon dan armor yang terbaik.

Hadirnya game ini juga sangat membantu para pemain yang tidak memiliki basic bermain game FPS, karena rata-rata permainan battle royale itu shooter game. MOBA Battle Royale menjadi jalan bagi pemain yang hanya memiliki basic bermain MOBA tapi ingin merasakan sensasi bermain Battle Royale.

Kita akhiri pengalaman Kru KotGa bermain MOBA Battle Royale sampai sini saja, mungkin pengalaman-pengalaman ini bisa memberikan kalian opsi mana Battle Royale yang cocok untuk dijadikan game utama gadget kalian.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru