Feature

[Diary Kru KotGa] Menguak Alasan Kenapa Square Enix Masih Melupakan Final Fantasy VIII

oleh: VolkanKaya

Memulai debutnya sebagai salah satu franchise JRPG terbaik sepanjang masa, Final Fantasy sudah menjadi bagian dari perkembangan genre RPG yang sudah semakin mendunia. Tidak hanya menawarkan kualitas yang luar biasa di tiap serinya, banyak developer juga berhasil menciptakan sebuah game JRPG fenomenal yang mengambil inspirasi dari Final Fantasy. Sebuah pencapaian yang luar biasa dan menginspirasi tentunya, apalagi mengingat Final Fantasy dikembangkan sebagai game penyelamat finansial Square Soft yang hampir bangkrut pada waktu itu.

Selain mengembangkan seri terbaru seiring berjalannya generasi konsol, pihak developer juga berusaha menarik perhatian lebih banyak fans dengan merilis beberapa seri klasik ke platform baru. Misalnya saja seperti Final Fantasy IX yang akhirnya dirilis dalam versi remaster untuk smartphone dan PC beberapa tahun lalu. Dari semua game Final Fantasy yang tersedia di pasaran saat ini, mungkin Final Fantasy VIII adalah seri yang paling terlupakan dan sudah tidak mendapat perhatian lagi dari Square Enix (Kecuali untuk crossover dalam game Dissidia). Bukan karena tanpa alasan tentunya, karena sejak rilisnya Final Fantasy VIII di tahun 1999, game ini tidak pernah mendapatkan versi remaster dan hanya mendapat rilis port lawas dalam koleksi PSOne Classic untuk PlayStation Portable, PlayStation 3 dan PlayStation Vita.

Baca ini juga :

» Auto Juara, Tips Memenangkan Race CTR: Nitro-Fueled di Hard Mode!
» Nyobain CTR: Nitro-Fueled, Remake Luar Biasa yang Bangkitkan Kenangan Lama!
» Mengenal Crossfire X, Penerus Crossfire yang Superior Untuk Generasi Sekarang!
» 10 Fakta Menarik Soal Final Fantasy VII Remake yang Wajib Kamu Ketahui
» Rekap E3 2019, Inilah Kumpulan Game Terbaik yang Wajib Kamu Nantikan

Puncaknya sendiri terjadi saat ajang Nintendo Direct kemarin, dimana Square Enix resmi mengumumkan koleksi seri klasik Final Fantasy dari seri VII, IX, X, XI, XV Pocket Edition serta Final Fantasy Chronicles untuk Nintendo Switch. Dari urutan tersebut, Final Fantasy VIII sayangnya tidak ikut disertakan dan tentunya membuat banyak fans merasa kecewa. Bagaimana tidak? Final Fantasy VIII memang mendapat pengakuan sebagai salah satu seri Final Fantasy terbaik dengan jalan cerita fantastis dan kisah romansa yang sangat menyentuh. Apakah ini artinya Square Enix memang tidak peduli lagi dengan game ini? Jawabannya sendiri adalah tidak sepenuhnya, dan kali ini Kru KotGa akan berbagi beberapa asumsi akan kebenaran aslinya.

Seperti yang bisa diketahui, Final Fantasy VIII pada tahun 2000 lalu sempat dirilis untuk platform Windows. Hal yang sama ternyata tidak terjadi dengan seri lainnya yang masih bertahan sebagai game eksklusif konsol, jadi Square Enix masih menyimpan beberapa seri lain seperti Final Fantasy VII hingga XII untuk dirilis ulang ke platform baru dalam versi remaster, termasuk juga untuk PC. Jika Square Enix ingin merilis kembali Final Fantasy VIII, maka mereka mau tidak mau harus membuat versi remaster dan menarik game originalnya dari pasaran. Contoh kasus yang sama juga terjadi pada The Last Remnant yang ditarik dari Steam, dimana kemudian Square Enix mengumumkan versi remasternya.

Selain Final Fantasy VIII, seri lainnya yang masih belum mendapatkan remaster sendiri adalah trilogi Final Fantasy XIII. Walaupun gamenya mendapat banyak respon negatif dari para fans, trilogi ini setidaknya masih memiliki potensi untuk kembali menarik perhatian pemain pendatang baru yang bisa mengapresiasi kualitasnya. Semua gamenya sendiri sudah tersedia di Steam, jadi Square Enix juga harus menariknya dari pasaran jika ingin membuat versi remaster, yang alhasil juga membuatnya bernasib sama dengan Final Fantasy VIII. Bicara soal kedua game ini, Final Fantasy VIII dan XIII kebetulan masuk dalam jajaran lima besar game Final Fantasy dengan angka penjualan tertinggi. Square Enix pastinya tahu betul akan pencapaian luar biasa tersebut, jadi untuk saat ini kita hanya bisa melihat rencana mereka di masa mendatang.

Untuk saat ini Kru KotGa tidak bisa memberikan kepastian apapun mengenai langkah yang akan diambil Square Enix kedepannya, karena bagaimana pun juga mereka sudah menerapkan sistem bisnis baru yang lebih mempertimbangkan keuntungan pasar. Jika para fans pada akhirnya memang menginginkan Final Fantasy VIII dan Final Fantasy VIII mendapat remaster, maka ada kemungkinan besar kalau Square Enix ternyata sudah merencanakan hal tersebut dan berusaha menjawab keinginan para fansnya. Daripada remaster, tidak menutup kemungkinan juga tentunya kalau Final Fantasy VIII akan mendapat perlakukan khusus yang berbeda dan kembali hadir dalam versi HD Remake dengan kualitas grafis berbasis engine terbaru.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru