Feature

10 Legenda Urban Video Game Yang Dijamin Bikin Kita Kapok Main Sendirian Lagi

oleh: Marvemir

Halaman 1

10. Herobrine (Minecraft)



Fanboy Minecraft atau bukan, pastinya Kotakers sudah tahu banget dengan kisah legenda urban ini. Namun apabila belum mengetahui, oke berikut penjelasannya.

Pasca perilisan game perdananya di 2011, seluruh pemain terkejut bukan main ketika di tengah permainan, menemukan sosok yang menyerupai karakter utama game ini, Steve. Namun bedanya, kedua mata karakter si doppelganger ini, putih total layaknya seperti pegulat WWE Undertaker ketika melakukan pose masuk ring-nya.

Diberi nama Herobrine (tak peduli bagaimanapun cara penyebutannya), karakter ini ditemukan secara acak (random). Dan setiap kali ia muncul, seluruh bangunan keren yang telah kita bangun susah payah menjadi rusak total.

Banyak yang meyakini kalau Herobrine adalah arwah penasaran dari saudara kreator game sandbox ini, Markus Perssson aka Notch. Padahal Notch seringkali mengatakan kalau ia tidak pernah memiliki saudara kandung.

Lalu kalau begitu apa dan siapa Herobrine ini? Ternyata setelah diselidiki dan dikonfirmasi langsung oleh Notch dan tim, Herobrine tidaklah lebih sebuah glitch yang tertinggal di dalam game-nya.

Pasca mengetahui ini, mereka pun langsung membuat patch untuk menghilangkan si Herobrine. Tapi tetap saja hingga detik ini, masih banyak yang lebih meyakini kisah legenda urban tersebut daripada kelogisan yang sudah jelas-jelas telah terbukti ini.

9. Soundtrack Kematian Lavender Town (Pokemon Red & Blue)



Pokemon. Sekali lagi, POKEMON. Kalau dipikir mana mungkin bukan kita bakal ketakutan ketika melihat / mendengar judul ini? Tapi justru itulah yang dirasakan ketika Pokemon Red & Blue versi orisinil (Jepang) dirilis di tahun 1996.

Jadi di level yang bernama Lavender Town, musik latar dari level ini dianggap terdengar sangat creepy yang alhasil menyebabkan siapapun yang mendengarkan, langsung jatuh sakit dan bahkan bunuh diri.

Yap. Sangat gila memang. Tapi begitulah kisah urban yang ada. Gara-gara ini, akhirnya pihak Game Freak dan Nintendo pun, beinisiatif untuk merubah struktur nada level ini untuk rilisan di luar Jepang. Dan memang setelah melakukan ini, tidak terdengar lagi kasus mengerikan tersebut.

Percaya atau tidak percaya, silahkan Kotakers dengar dan nilai sendiri.

8. Rekaman Permainan Nihil & Tragis (Kill Switch)



Kru KotGa yakin pastinya banyak dari kita yang kurang familiar dengan game PC keluaran Karvina Corporation tahun 1989 ini. Wajar. Pasalnya Kill Switch hanya dirilis sebanyak 5000 kopi.

Dan bisa dikatakan untung banget hanya dirilis dalam jumlah tersebut. Karena kalau dirilis lebih banyak atau masih terus dirilis hingga sekarang, entah kengerian apalagi yang akan ditimbulkan oleh game ini. Memangnya kengerian apa sih? Sebelum mengulasnya, mari kita bahas sejenak seluk beluk dari game ini.

Kill Switch kerap didapuk sebagai salah satu game survival horor pertama. Di game ini kita memainkan salah satu dari dua karakter yang disediakan: Ghast & Porto. Ghast adalah hantu yang tidak tampak (invincible) dan Porto adalah manusia wanita.

Dan kita di game ini harus menyelidiki kematian yang terjadi terhadap para pekerja tambang batu bara. Game ini juga menampilkan elemen puzzle yang cukup kompleks di dalamnya yang alhasil, membuat game ini lumayan sulit untuk ditamatkan.

Namun, menurut legenda yang ada, sudah terdapat lumayan banyak gamer yang sukses menamatkan Kill Switch. Tapi, alih-alih merasa sangat bangga karena telah menyelesaikan game-nya, yang ada si pemain menjadi depresi. Loh kenapa demikian?

Baca ini juga :

» Mampu Mencuri Perhatian, 7 Game Ini Catatakan Rekor Jumlah Pemain Tertinggi di Steam
» 10 Game Arcade 90an Penguras Koin & Kantong
» 10 Trend Video Game Yang Sayangnya Kini Sudah Hilang Ditelan Bumi
» 10 Video Game Yang Menampilkan Cross-over Karakter Yang Tidak Terduga
» 10 Game Yang Pas Untuk Menemani Waktu Ngabuburit

Karena setelah berhasil menamatkan, game ini langsung menghapus dirinya sendiri secara misterius dari dalam hard disk PC sehingga gamer tidak akan bisa menamatkannya lagi secara berulang-ulang. Hingga kini, tidak diketahui secara persis apa penyebabnya.

Seakan kisah tersebut belum cukup membuat bulu kuduk merinding, pada tahun 2005 dikabarkan bahwa gamer Jepang bernama Yamamoto Ryuichi berhasil membeli salah satu kopi langka Kill Switch dari situs eBay dengan harga cukup fantastis $733.000.

Setelah membelinya, ia berniat untuk merekam dirinya memainkan game ini via YouTube. Namun apa yang terjadi ketika rekaman videonya diunggah? Bukannya menyaksikan dirinya teriak-teriak seru layaknya seperti kebanyakan gamer yang sedang main game, yang ada warganet hanya melihat dirinya berteriak-teriak dan terisak-isak tak terkendali selagi menatap layar komputer kosong (blank screen).
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru