Feature

[SPECIAL] 7 Karakter Game RPG Tertua dalam Sejarah

Setiap genre game pasti memiliki sejarah yang selalu mengundang rasa penasaran. Baik dari bagaimana genre itu pertama kali bisa terlahir hingga bagaimana evolusinya dari beberapa generasi. Disini kita tidak hanya berbicara soal genre pasaran seperti paltformer yang sudah sangat populer dulunya berkat seri Donkey Kong atau semacamnya, namun juga genre RPG yang tidak lepas dari terobosan baru dan rumah bagi sebagian developer ternama untuk bereksperimen. Genre RPG sendiri pertama kali memulai debutnya pada tahun 1970-an, dimana seorang designer Gary Gygax dan Dave Arneson menciptakan Dungeons & Dragons yang diklaim sebagai game RPG pertama.

Berkat kesuksesan besar dari game tersebut, banyak developer barat akhirnya mulai meracik game RPG mereka sendiri yang kembali melahirkan franchise ikonik lainnya seperti Ultima dan Wizardry. Berkat popularitas dan pengaruh Wizardry yang ternyata jauh lebih populer di Jepang daripada wilayah barat, dari sinilah awal genre JRPG juga ikut dimulai. Tentunya dari sekian banyak game RPG yang sudah ada dipasaran saat ini, kamu pasti sempat merasa penasaran mengenai mana karakter utama yang paling tua dari genre ini. Tidak hanya soal seberapa lama mereka sudah diciptakan, namun juga rasa penasaran akan eksistensi mereka di era gaming masa kini.

Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, pada artikel special kali ini Kru KotGa sudah merangkum list 7 karakter game RPG tertua dalam sejarah. Tentu saja semua karakter dalam list ini bukanlah yang paling tertua, namun hanya sebagian yang masih cukup eksis dan memang memiliki identitas kuat dalam seri gamenya masing-masing. Daripada penasaran, yuk! simak list lengkapnya dibawah ini.


1. Gilgamesh - Tower of Druaga (1984)

Mendapat sebutan Gil, karakter utama dari franchise Tower of Druaga ini sebenarnya tidak banyak dikenali oleh gamer veteran sekalipun. Usia franchise gamenya yang sudah terlalu tua mungkin adalah faktor utamanya, namun hal tersebut bukan berati karakter ini tidak memiliki daya tarik yang kuat. Terlahir sebagai salah satu karakter game RPG tertua dengan latar belakang kisah yang dalam, Gilgamesh adalah sosok pangeran sekaligus ksatria yang memiliki rasa keadilan besar. Setelah mendapat kekuatan berupa pakaian zirah emas ajaib, Gil akhirnya memulai petualangan panjangnya dalam membebaskan kerajaan dari kekuasaan iblis Druaga yang kejam.

Baca ini juga :

» Udah Pernah Maenin Belom? Ini Dia 7 Rekomendasi Game JRPG Yang Keren Dan Asik Di Steam!
» Menarik! Ini Dia 7 Game Mobile Yang Harus Kalian Coba Pas Rilis Di Indonesia!
» Perluas Pasar! 7 Game Online PC Yang Diadaptasi Menjadi Game Mobile!
» HP Kentang Meleleh, Inilah 7 Game Mobile RPG dengan Grafis Paling Fantastis!
» 7 Elemen terkuat di game RPG! Yang Mana Yang Overpower?

2. Prince Fan Freddy - Xanadu series (1985)

Untuk karakter yang satu ini, Kru KotGa sebenarnya tidak begitu paham dengan latar belakang kisahnya. Berdasarkan informasi dari beberapa sumber, Prince Fan Freedy adalah karakter utama yang sudah muncul dari seri Dragon Slayer 2: Xanadu, namun sumber lain juga menyebut kalau di sebenarnya baru muncul di seri Romancia atau yang biasa dikenal luas dengan nama Dragon Slayer Jr. Latar belakangnya di seri original Xanadu memang tidak diketahui, namun pada seri Romancia pangeran muda ini dideskripsikan sebagai petualang yang mendapat takdir untuk menyelamatkan kerajaan Romancia dan Azoruba dari konflik besar.

Tidak hanya harus menyelamatkan putri kerajaan bernama Selina, dia bahkan juga harus mengalahkan naga legendaris Vaides yang juga mengancam kedamaian kerajaan. Tanggung jawab yang dipikulnya memang berat, tapi pada akhirnya Fan berhasil menjadi pahlawan sejati.


3. Hero/Alef - Dragon Warrior (1986)

Karakter utama dari seri original Dragon Warrior atau yang sudah berganti nama menjadi Dragon Quest ini memang tidak begitu mencolok di masanya. Bertindak sebagai silent protagonist yang tidak memiliki pembawaan karakter dan opsi dialog yang hanya dibatasi pada kata "Yes" dan "No," tidak heran tentunya jika dia tidak mendapat perhatian yang cukup kuat. Namun karena termasuk keturunan Erdrick yang dikenal luas sebagai pahlawan paling ikonik di franchise Dragon Quest, banyak fans akhirnya mulai melirik sosoknya. Walaupun hanya dikenal sebagai pahlawan yang telah menyelamatkan kerajaan dari ancaman Dragonlord, karakter ini ternyata juga memiliki pembawaan sifat dalam seri novelnya dimana dia dikenal dengan nama Alef.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru