Feature

Layanan Streaming Main Game Semakin Marak, Akankah Sukses di Masa Depan?

oleh: Keyboard22
Bisa dibilang, semakin lama teknologi sangat berkembang pesat di berbagai sektor industri, tak terkecuali video games. Mulai dari teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality yang semakin membaik, perkembangan engine yang canggih untuk menghasilkan berbagai game, hingga perangkat seperti konsol, PC dan juga smartphone yang saat juga cukup pesat perkembangannya.

Pada bulan Agustus lalu, CEO Ubisoft - Yves Guillemot mengungkapkan sebuah kata yang cukup fenomenal untuk industri game. Ia mengatakan bahwa layanan "streaming" bermain game akan menjadi masa depan industri game di masa mendatang. Alasannya? Karena lebih praktis dalam berbagai hal. Singkatnya, kamu bisa bermain game apapun, baik yang diperuntukkan untuk konsol seperti Xbox , dan PlayStation, PC, ataupun Switch.

Bagi kamu yang memang masih asing, layanan streaming untuk bermain game akan memungkinkan kamu untuk mengakses sebuah konsol atau PC super canggih dengan bermodalkan internet, PC biasa ataupun smartphone, lalu kamu bisa mengakses dan bermain game menarik yang sudah disediakan. Game-game tersebut bervariasi tergantung penyedianya.

Beberapa raksasa teknologi seperti NVIDIA juga sudah terlebih dahulu memulainya dengan layanan GeForce Now. Bagi kalian kotakers, yang berkeinginan bermain game-game PC kelas AAA namun terhalang oleh PC yang bisa dikatakan low-end, atau mungkin kalian yang hanya punya MacBook Air, bisa memanfaatkan layanan streaming dari NVIDIA tersebut.

Caranya adalah kalian harus gabung ke GeForce Now, pada masa early access ini masih gratis, namun nanti kabarnya layanan ini akan dikenakan biaya USD 25 atau sekitar 330,000 rupiah setiap 20 jam. Untuk bergabung klik disini. Tentunya setelah kalian daftar kalian akan dimasukan ke dalam "Wait List" dan nunggu balasan email dari NVIDIA. Semoga beruntung

Tidak hanya itu, sepertinya Google juga akan ikut ambil bagian dalam bisnis yang kemungkinan sangat menguntungkan dalam beberapa waktu tahun kedepan. Google hadir dengan Project Stream mereka. Melalui Project Stream para pengguna PC yang tidak memiliki spesifikasi hardware yang memadai namun memiliki koneksi internet yang kencang, bisa merasakan nikmatnya bermain game AAA seperti Assassin's Creed Odyssey hanya dengan menggunakan Google Chrome saja.

Saat ini, pihak Google sendiri masih mengembangkan proyek tersebut pada tahap sangat awal dan mencari banyak developer untuk membantu mengembangkannya. Pada tahap beta terbatas yang mereka adakan dalam waktu dekat, Project Stream akan langsung menjajal memainkan Assassin's Creed Odyssey yang juga akan dirilis dalam waktu dekat.

Microsoft juga ikut masuk ke dalam pasar yang menggiurkan tersebut. Melalui Project xCloud, Microsoft mengklaim layanan tersebut akan memungkinkan para gamer yang hanya memiliki smartphone sebagai perangkat gaming utama, bisa memainkan berbagai game AAA seperti Assassin's Creed Odyssey hanya bermodalkan smartphone saja lho Kotakers.

Microsoft sendiri menargetkan Project xCloud bisa segera diluncurkan pada tahun 2019 mendatang. Mereka menambahkan, bahwa saat ini Project xCloud masih memerlukan kontroler untuk memainkan berbagai game di layanan streaming tersebut. Namun nantinya, Microsoft tertarik untuk menambahkan skema touchscreen control agar layanan mereka terlihat lebih ringkas dan murah. Saat ini, Project xCloud sudah memulai tahap beta dan hanya bisa dicicipi oleh beberapa orang tertentu saja. Namun, Microsoft mengklaim bahwa layanan streaming mereka tersebut saat ini sudah sukses memainkan Assassin's Creed Odyssey dan akan dicoba dengan berbagai game konsol lainnya.

Baca ini juga :

» Bikin Jatuh Hati, Inilah 10 Karakter Video Game Wanita Paling Seksi
» Apakah Emulator Sama Buruknya dengan Pembajakan Game?
» [VIDEO] Muramasa & Masamune, Pedang Legendaris yang Sering Muncul di Video Game
» Kamu Gila Tarung? Inilah 5 Tips Jago Bermain Game Fighting
» 5 Bisnis Gelap di Game Online yang Harus Kamu Hindari
Namun dari berbagai layanan streaming bermain game dari raksasa teknologi tersebut, entah itu GeForce Now, Project Stream, ataupun Project xCloud. Para gamer merasa khawatir khususnya bagi mereka yang tinggal di negara berkembang, mengenai kebutuhan akses internet yang kurang memadai. Ya, mungkin untuk saat ini. Diiringi dengan perkembangan teknologi internet seperti jaringan 5G yang sudah mulai dikembangkan, hingga makin terjangkaunya paket internet dari masa ke masa, tidak menutup kemungkinan kalau "internet lelet" sudah bukan menjadi alasan lagi.

Lantas, apakah kamu salah satu gamer yang sudah mengantisipasi kemajuan layanan streaming bermain game?

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru