Feature

[Diary Kru KotGa] Main Game di Layar 144Hz Auto Pro?

oleh: ClockWorange
Untuk sesi diary kali ini, Kru KotGa akan ceritakan pengalaman bermain di layar 144Hz. Seperti yang kalian ketahui professional gamer mementingkan performa di atas segalanya, tidak jarang pro player mengorbankan banyak sekali detali grafis dalam permainan hanya untuk performa semata. Nyatanya memang professional player banyak yang bermain di monitor dengan frame rate 240Hz sekarang ini. Tapi apa itu FPS, apa hal itu penting? Kru KotGa akan jelaskan sedikit apa itu FPS.

FPS adalah singkatan dari frames per second, sebuah ukuran untuk berapa banyak frame yang bisa tertangkap setiap detiknya. Jadi singkatnya semakin tinggi FPS semakin halus dan responsif permainan akan terlihat. Sebaliknya, FPS rendah akan membuatnya tampak seolah-olah game ini patah-patah atau lag, membuatnya lebih sulit untuk dinikmati.

Kalian bisa lihat perbedaanya dengan jelas melalui video dibawah ini. Tapi untuk bisa melihat perbedaan di 120 fps, kalian memerlukan monitor yang support dengan fps tersebut.

Terlihat sangat berbeda bukan? Setelah melihat video di atas apakah kalian paham mengapa pro player menggunakan monitor dengan refresh rate yang tinggi? Sebelum memberikan jawabannya mari dengarkan pengalaman Kru KotGa terlebih dahulu.

Dulu Kru KotGa kurang mengerti mengenai FPS, jujur saja pada tahun 2012 Kru KotGa bermain game MOBA PC, yaitu Heroes of Newerth dengan frame rate 30 saja. Tapi karena memang belum pernah merasakan bermain di FPS 60, rasanya nyaman-nyaman saja. Tapi setelah sewaktu-waktu bermain di FPS 60 perbedaan yang dirasakan sangatlah terasa. Mulai dari control yang lebih cepat, respon yang lebih cepat, dan Kru KotGa bisa menghindar dari stun lawan dengan mudah karena pergerakannya sangat halus.

Yang jadi permasalahan, setelah kembali bermain di 30 FPS, permainan terasa laggy dan tidak smooth dan Kru KotGa secara pribadi jadi ketergantungan dengan FPS 60. Dan pada tahun ini, 2018, Kru KotGa merasakan hal yang serupa, hanya saja kali ini dengan 144 FPS, sekarang ini Kru KotGa melihat 60 FPS seperti Kru KotGa melihat 30 FPS dulu.

Baca ini juga :

» RRQ Hoshi Masih Yang Terdepan! Prediksi Juara MPL Indonesia Season 8 Menurut Kru KotakGame
» Frustasi Hingga Bunuh Diri! 7 Drama Esports Terbesar di Dunia!
» Katanya Saingan Tapi Kok Bedanya Jauh Banget Gini! Perbandingan Efootball vs FIFA 22!
» Bingung Mau Board Game Dari Mana? Ini dia 7 Boardgame yang wajib kamu coba!
» 7 Atlet Esports yang Karirnya Berantakan karena Ketahuan Cheating!
Apa dengan bermain di monitor 144Hz ini Kru KotGa menjadi semakin hebat? Jelas saja, Kru KotGa bermain game-game kompetitif yang membutuhkan respon dan reflek yang cepat. Bermain dengan FPS yang tinggi sangat membantu Kru KotGa mengambil tindakan dengan sangat cepat. Professional Player sekarang ini bahkan bermain di monitor yang memiliki refresh rate 240Hz. Banyaknya Frame yang ditangkap setiap detiknya membantu pemain pro player mengambil tindakan dengan cepat, FPS yang kecil meninggalkan jeda yang berbeda dan membuat game tampak patah-patah, padahal keduanya memiliki ending yang sama. Misalkan saja, kalian sedang bermain game shooter dan menggunakan Sniper rifle, di sini kalian sedang membidik dan menunggu datangnya musuh, dalam skenario seperti ini jika kalian bermain di FPS yang tinggi kalian bisa melihat musuh lebih cepat karena frame yang diambil setiap detiknya lebih banyak dibandingkan dengan fps rendah. Tapi untuk memaksimalkan penggunaan ini, kalian tetap membutuhkan respon yang jauh dari orang normal. Pro player sudah terlatih dan memiliki respon bermain yang cepat, saat musuh terlihat setitik saja mereka akan langsung menembak.


Tapi bukan berarti kalian harus mempunyai montor dengan refresh rate yang tinggi agar bisa bermain dengan baik. Hal ini mungkin tidak perlu dan terdengar sangat sepele, jika kalian hanya bermain pub game saja. Tapi jika kalian bertemu dengan pro player juga yang memiliki skill bermain jelas di atas rata-rata, perbedaan respon sedikit saja bisa mememberikan hasil yang jauh berbeda.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru