Feature

Beragam Tips Krusial yang Sering Diabaikan di Ragnarok Rush

oleh: VolkanKaya

Memasuki saat perkembangan genre MMORPG di tanah air yang sebenarnya tidak begitu dominan saat ini, mungkin sebagian besar gamer hanya mengikuti tren dengan memainkan seri game yang sudah populer dan banyak peminat saja. Namun jika melihat sejarahnya pada awal tahun 2000-an dulu, Ragnarok sudah termasuk salah satu franchise yang mulai mempopulerkan genre ini selama satu dekade lebih dengan basis pemain yang sangat aktif. Tentu saja peralihan generasi juga membawa dampak pada franchise ini, dimana Ragnarok mulai kehilangan popularitasnya yang mendominasi dulunya.

Untuk mengikuti tren pasar game mobile yang semakin marak di Indonesia, pihak Gravity Interactive dan Gravindo akhirnya mulai memasarkan salah satu game mobile terbaru dari franchise ini yang berjudul Ragnarok Rush. Membuka tahap Early-Accessnya beberapa waktu lalu dan akhirnya resmi dirilis, Ragnarok Rush adalah mobile RPG dengan mekanisme gameplay side-scrolling yang responsif. Game ini membawa semua aspek yang disukai oleh para fans veteran dari franchise ini, jadi bisa dibilang Ragnarok Rush adalah game "Fanservice" yang tidak mengecewakan untuk urusan nostalgia.

Jika kamu termasuk salah satu gamer yang tertarik untuk memainkannya, berikut ini Kru KotGa sudah merangkum beberapa tips krusial yang seringkali diabaikan oleh banyak pemain. Daripada penasaran, yuk! simak rangkumannya dibawah ini.


1. Perhitungkan sebelum memilih Job Class permanen

Tidak berbeda jauh dengan game game RPG pada umumnya, Ragnarok Rush memberikan pemain kesempatan untuk memilih karakter dengan gender bebas yang bisa digunakan untuk memulai petualangan baru. Ada tiga slot yang tersedia, dan kamu masih bisa memodifikasi tiap karakter dengan nama dan job class berbeda. Perlu diingat kalau pemilihan job class disini bersifat permanen, jadi kamu tidak bisa mengganti pilihan senjata utama, skill dan equipment yang sudah dimiliki karakter tersebut. Walaupun terkesan sepele, menentukan job class adalah salah satu keputusan paling krusial yang berdampak langsung pada progress permainan. Misalnya saja jika kamu tertarik menggunakan class thief hanya karena penampilannya keren, maka jangan heran jika seandainya karakter yang digunakan tidak dapat bertarung dengan maksimal atau memiliki skill yang bisa dikuasai. Setiap class memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, kamu hanya perlu menyesuaikan gaya bermain yang sekiranya paling cocok saja untuk bisa beradaptasi dengan sistemnya.

Baca ini juga :

» Salah Satu Seri Terbaik? Inilah Roundup Review Untuk Mortal Kombat 11
» 5 Mobile RPG yang Bisa Menyaingi Dominasi MOBA dan Battle-Royale
» Shaolin Monks, dan Kenapa Gamenya Masih Jadi Seri Mortal Kombat Terbaik
» Pahami Betul, Inilah Tips Cepat Naik Lvl. 50+ Untuk Kelas Lahn di Black Desert SEA!
» Hal Mengejutkan yang Dirasakan Setelah Bermain Black Desert SEA

2. Memilih mode permainan yang tepat untuk grinding

Minimnya tutorial dalam Ragnarok Rush tentunya menuntut pemain untuk selalu memperhatikan sistem baru yang diperkenalkan, dimana salah satu yang paling penting adalah mode permainan itu sendiri. Selain mengikuti jalan cerita dalam bentuk chapter, pemain juga mendapatkan akses untuk berburu di dungeon dan mengikuti pertarungan arena. Perbedaan paling mencolok dari ketiga mode ini terletak dari tingkat kesulitannya. Untuk pemula, mengikuti mode "Petualangan" adalah langkah yang paling Kru KotGa sarankan, karena tidak hanya memberikan gambaran jalan cerita yang lebih jelas dari latar belakang dunia dalam game ini, kamu juga tidak perlu khawatir akan musuh yang terlalu overpower dan membutuhkan gear dan pet terbaik untuk dapat dikalahkan.

Sementara untuk dungeon dan arena, kedua mode ini benar-benar memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan bergantung pada seberapa kuat karakter beserta pet yang kamu miliki. Disinilah peran microtransaction mulai terlihat, dimana kamu harus menggunakan diamond untuk dapat membeli gear terkuat dan melakukan summon pet yang masih ditentukan dengan sistem RNG. Memainkan mode story dan challenge tambahan akan memberikan reward yang melimpah, jadi kamu tidak perlu khawatir akan implementasi microtransaction yang sebenarnya opsional dalam game ini.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru