Mini Feature

[Diary Kru KotGa] Makin Sengit, Game Mana yang Bakal Meraih Gelar GOTY 2018?

oleh: VolkanKaya

Memainkan sebuah game pastinya sudah menjadi hobi dan rutinitas yang sering dilakukan banyak orang untuk melepas penat. Berfungsi sebagai media hiburan yang sangat seru, terkadang banyak gamer tidak sadar jika dibelakang layar para developer terus bekerja keras untuk melahirkan game berkualitas dan dapat bersaing kuat di pasaran. Jadi walaupun kamu tidak peduli dengan scene yang sedang berlangsung di industri game saat ini, setidaknya mengapresiasi game yang beredar di pasaran khususnya dari developer indie adalah contoh sifat terpuji sebagai gamer. Tentu saja apresiasi bukanlah sesuatu yang mudah untuk diberikan begitu saja, karena kualitas tetap menjadi faktor penentu apakah sebuah game layak untuk dimainkan atau tidak.

Dari sekian banyak game yang sudah dirilis dari tahun ke tahun, pasti ada beberapa diantaranya yang berhasil menduduki posisi puncak dan berakhir dengan gelar Game of the Year. Untuk tahun 2018, sepertinya persaingan untuk mendapat gelar game terbaik juga akan semakin sengit. Salah satu faktor terkuatnya sendiri dikarenakan ada banyak game yang berhasil menawarkan kualitas kelas atas dan sulit untuk dibandingkan satu sama lain. Namun terlepas dari semua itu, pada akhirnya hanya akan ada satu game yang layak untuk menyandang gelar game terbaik sepanjang tahun, dan itulah yang Kru KotGa coba ulas lebih dalam pada artikel Diary ini.

Untuk memprediksi sekiranya mana game yang akan memenangkan GOTY, disini Kru KotGa sudah menentukan empat game raksasa yang memiliki kesempatan terbesar yaitu mulai dari Monster Hunter World, God of War, Marvel's Spider-Man dan Red Dead Redemption 2. Tidak bisa dipungkiri lagi memang kalau keempat game ini memiliki kualitas unggulan dibanding semua game yang dirilis sepanjang tahun ini, tapi pasti ada satu diantaranya yang lebih unggul. Pertama mari membahas Monster Hunter World yang telah mengawali debutnya dengan solid di awal tahun ini. Antusiasme dalam menyambut game ini memang sangat tinggi pada waktu itu dan membuat Capcom harus mengadakan sesi Open Beta yang berhasil mengundang banyak sekali pemain.

Karena mengusung kualitas grafis kelas konsol serta gameplay berburu monster terbaik dibanding semua seri sebelumnya, Monster Hunter World tidak hanya menjadi seri tersukses franchise namun juga semua game yang pernah dirilis oleh Capcom. Bagaimana tidak? Saat ini Monster Hunter World sudah terjual sebanyak 10 juta kopi di seluruh dunia dan angkanya terus meningkat dari waktu ke waktu. Sekarang beralih ke God of War, untuk yang satu ini tidak perlu diragukan lagi pasti banyak gamer di seluruh dunia termasuk tanah air sudah sangat menantikannya sejak awal diumumkan. Popularitas franchise yang sangat kuat bukan satu-satunya faktor disini, karena God of War merupakan sebuah awal baru yang tidak hanya menawarkan pendekatan jalan cerita baru dengan setting mitologi Norse, namun juga gameplay third person action yang lebih solid.

Baca ini juga :

» Siapkan Tabungan, Inilah 10 Game Raksasa yang Wajib Kamu Nantikan di 2019
» Bikin Jatuh Hati, Inilah 10 Karakter Video Game Wanita Paling Seksi
» Melihat Sejarah Perkembangan Fighting Game dari Street Fighter II
» Resident Evil vs Silent Hill, Mana Franchise Survival Horror Terbaik?
» [Diary Kru KotGa] 2019, Tahun Dimana Anime Bleach Akan Kembali?

God of War bisa dibilang sangat sukses dan berhasil merajai pasar selama bulan April. Kualitasnya juga tidak perlu diragukan lagi, dimana game ini berhasil meraih rating 94 di Metacritic. Masih dari rilis eksklusif PlayStation 4, game ketiga yang juga memiliki potensi untuk merebut GOTY adalah Marvel's Spider-Man. Konsep gameplaynya memang terinspirasi dari seri Batman Arkham, namun usaha Insomniac Games untuk mempresentasikan dunia komik Spider-Man dalam game tersebut telah berbuah manis. Disini kita tidak hanya berbicara soal mekanisme gameplay super keren dan sistem meluncur dengan jaring yang adiktif, namun juga penyampaian jalan cerita emosional yang melibatkan banyak karakter original dan eksekusinya yang fantastis. Diluar prediksi, game ini bahkan telah berhasil mencatatkan rekor sebagai game ekslusif PlayStation tersukses sepanjang masa.

Sementara untuk game terakhir yang baru saja dirilis beberapa hari lalu yaitu Red Dead Redemption 2, bisa dibilang peluangnya untuk meraih GOTY adalah yang paling kuat sejauh ini. Bukan tanpa alasan tentunya, karena Red Dead Redemption 2 merupakan proyek game open-world paling ambisius oleh Rockstar. Berbekal waktu pengembangan selama 7 tahun lebih dan dana produksi besar untuk menciptakan sebuah dunia Wild West paling hidup serta realistis, game ini seolah telah menjelma sebagai mahakarya baru sekaligus salah satu game terbaik sepanjang masa. Game ini memang tidak diperuntukan untuk semua orang, namun penggemar game open-world pasti akan langsung jatuh cinta.

Jadi manakah game yang akan meraih gelar Game of the Year (GOTY) tahun 2018 ini? Tentu saja tidak ada yang bisa memprediksi, namun Kru KotGa cukup yakin kalau Red Dead Redemption 2 memiliki peluang terbesar untuk mengklaimnya. Sebagai game kedua yang berhasil merajai industri hiburan setelah Grand Theft Auto V, rasanya gelar tersebut semakin layak untuk didapatkan Rockstar kembali. Namun tentu saja ketiga game lainnya juga memiliki daya tarik dan basis fans yang sangat kuat, jadi hasil akhir pasti akan kembali bergantung pada para gamer sendiri.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru



Latest feature

Auto Ngibrit! Ini Dia Ami...

Setelah kemarin kita membahas tentang hero Ritcher, hero Warior y...

Nyobain Fitur 'AiMesh' da...

Nah, pada artikel ini kru KotGa akan mencicipi fitur AiMesh dari ...

[SPECIAL] Layla vs Moren,...

Sebelumnya Kru KotGa telah banyak membahas perbandingkan antara h...

Most Popular Feature