Feature

[Diary Kru KotGa] Rekomendasi Rakit PC Gaming Tanpa Mahal Untuk Main Game Kekinian

oleh: Keyboard22
Sebagai gamer memilih sebuah platform gaming utama untuk menentukan pengalaman bermain game-game teranyar kedepannya adalah pilihan yang cukup krusial bagi kebanyakan gamer yang setidaknya sudah memiliki budget. Entah memilih membeli konsol tanpa berpusing-pusing memikirkan berbagai komponen dan lebih simple, atau lebih memilih rakit PC karena meskipun cukup rumit, tapi setidaknya lebih mudah untuk melakukan upgrade kedepannya.

Ketika seseorang lebih ingin merakit sebuah PC gaming, tentu saja alasan utamanya adalah kemampuan diatas rata-rata untuk memainkan game, entah itu karena framerate yang fleksibel yang bisa mencapai 240Hz, ataupun kualitas grafis yang lebih fantastis di kebanyakan game-game AAA. Apalagi seperti yang sudah kru KotGa bilang di atas, bahwa PC rakitan bisa di upgrade komponennya satu-per-satu tanpa harus mengganti semuanya ketika ada perkembangan teknologi.

Nah, pada artikel ini setidaknya kru KotGa akan memberitahukanmu rekomendasi rakitan PC gaming dengan budget "menengah" dalam artian komponen yang kru KotGa sebutkan adalah yang paling optimal untuk memainkan game-game AAA seperti Assassin's Creed Odyssey, Monster Hunter World, ataupun game-game esports kekinian dengan budget yang tidak terlalu mahal, tapi juga tidak murah. Lantas, seperti rekomendasinya?

  • Prosesor: AMD Ryzen 5 2600 = IDR 2.970.000
  • GPU: GALAX GeForce GTX 1050 Ti 4GB = IDR 2.650.000
  • Motherboard: ASRock A320M-HDV = IDR 759.000
  • RAM: Silicon Power DDR4-2400 8GBx2 = IDR 2.279.000
  • HDD: WDC Blue 320GB = IDR 170.000
  • PSU: FSP Hexa+ II 500W = IDR 560.000

Total: IDR 9.388.000

Baca ini juga :

» SEGAR! Inilah Rekomendasi Game yang Wajib Dimainkan Minggu Ini
» Banyak RPG Seru, Inilah Rekomendasi Game yang Wajib Dimainkan Minggu Ini
» Jomblo Bahagia! Inilah Rekomendasi Game yang Wajib Dimainkan Minggu Ini
» Weekend Mantap! Inilah 10 Rekomendasi Game yang Wajib Dimainkan Minggu Ini
» Rakit PC Gaming Kentang Tapi Tetap Ngebut Untuk Main Game Kekinian!
Untuk urusan Motherboard, kru KotGa sengaja mengambil varian chipset yang paling rendah untuk AMD Ryzen. Karena pada artikel ini, kru KotGa lebih merekomendasikan untuk gaming hardcore gaming yang tidak mementingkan bagaimana melakukan konfigurasi PC terlalu dalam. Lagipula, A320 sudah sangat cukup untuk bisa menggunakan prosesor tersebut dan melakukan overclock RAM yang terbilang sangat simple.

Kalau harddisk, kapasitas 320GB sangatlah cukup untuk "awal" membangun sebuah PC. Setidaknya bisa untuk install sistem operasi, berbagai aplikasi, sedikit film dan musik, hingga beberapa game favorit yang dimainkan, Monster Hunter World ataupun DOTA 2 misalnya. Kedepannya, kamu bisa menambahkan harddisk dengan kapasitas yang lebih tinggi atau menggunakan SSD.

Untuk urusan casing sepertinya kamu bisa memilih sendiri sesuai dengan selera masing-masing. Harga casing yang murah namun tetap bernuansa gaming berkisar sekitar IDR 400.000 sampai dengan IDR 600.000. Sementara power supply berukuran 500W sudah sangat cukup untuk menampung setidaknya jika kamu ingin upgrade sampai dengan GTX 1070 Ti / RTX 2070 jika memiliki budget.

Dengan spesifikasi diatas, kamu bisa memainkan game terkini menggunakan resolusi 1080p yang tentunya dengan settingan yang menyesuaikan. Motherboard AM4 dengan chipset terendah tersebut masih bisa melakukan overclock RAM untuk meningkatkan performa APU Ryzen tersebut. Kru KotGa rekomendasikan untuk meningkatkan kecepatan RAM hingga 3200Mhz atau minimal 2933Mhz.

Kru KotGa sudah menguji coba memainkan game-game terkini menggunakan prosesor tersebut, baik game AAA maupun esports. Berikut adalah hasil benchmark Ryzen 3 2600 + NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti 4GB ketika dicoba untuk memainkan game terkini:

AMD Ryzen 5 2600 sudah lebih dari cukup untuk memainkan game terkini, bahkan jika hanya menggunakan kartu grafis GTX 1050 Ti. Secara keseluruhan, penggunaan CPU ketika memainkan game selalu di bawah 50 persen. Game-game yang dianggap cukup berat seperti Assassin's Creed Origins dengan mudahnya dijalankan tanpa tersendat sedikitpun. Apalagi, jika kamu memiliki rencana untuk upgrade ke kartu grafis yang jauh lebih baik tidak perlu khawatir mengenai bottleneck.

Nah, kira-kira seperti itulah rekomendasi rakit PC gaming yang kru KotGa sarankan. Budget yang harus dimiliki terbilang tidak murah, tapi juga tidak terlalu mahal, setidaknya tidak sampai menyentuh kisaran harga IDR 10 juta. Jika kamu memiliki saran atau tambahan, jangan ragu untuk menyebutkannya di kolom komentar ya!

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru