Feature

[Diary Kru KotGa] 2019, Tahun Dimana Anime Bleach Akan Kembali?

oleh: VolkanKaya

Memulai debutnya di majalah Weekly Shonen Jump pada tahun 2001 lalu, Bleach sudah berkembang menjadi salah satu seri shonen terpopuler yang masih dikenang oleh para fans. Momen di saat serial manganya telah berakhir memang sulit dilepaskan begitu saja, tapi dukungan dari sang kreator Tite Kubo masih memberikan banyak harapan akan kebangkitan seri ini di masa mendatang. Kru KotGa sendiri termasuk salah satu fans setia Bleach sejak penayangannya di stasiun televisi lokal pada tahun 2000-an dulu, dan rasa cinta itu masih tetap bertahan sampai sekarang. Rumor mengenai kebangkitan seri animenya memang sudah menyebar luas selama beberapa tahun terakhir, tapi kali ini rumor tersebut sudah mulai menunjukkan tanda-tanda dan bukti yang semakin menguat.

Ada banyak detail yang ingin Kru KotGa bahas disini, jadi mari kita selami lebih dalam dari awal. Memasuki tahun 2018, dukungan kepada seri Bleach lewat seri live-action serta event kolaborasi game telah membuat rumor yang ada semakin berkembang. Tidak hanya itu, selama tahun ini ada juga kampanye besar-besaran yang bertajuk [I'M] STILL BLEACH di Jepang. Kampanye ini berfokus untuk mempromosikan seri Bleach di seluruh Jepang lewat artwork memorial dan beragam pendekatan promosi lain kepada publik. Respon yang didapatkannya sendiri sangat positif, dan membuktikan kalau Bleach ternyata masih sangat populer. Hasilnya bisa dilihat dari ranking anime shonen terlaris sepanjang tahun 2018 dari TV Tokyo, dimana Bleach menduduki posisi lima besar. Untuk sebuah anime yang sudah berakhir enam tahun yang lalu, pencapaian ini memang sangat mengagumkan.

Detail terbaru lainnya hadir dari seri light novel Bleach: Can't Fear Your Own World yang akan memasuki seri ketiganya di bulan Desember nanti. Seri yang merupakan sekuel dari manganya ini mengambil fokus jalan cerita antara Four Noble Houses, Soul King, Arrancar dan Fullbringer, dimana Shuhei Hisagi berperan sebagai karakter utamanya. Seri light novel ini juga memperkenalkan karakter antagonis baru bernama Tokinada Tsunayashiro dan Hikone. Lalu apa hubungannya seri ini dengan kebangkitan Bleach? Pertama adalah fakta kalau ceritanya bersifat canon, dan kedua karena seri ini akan mengadakan event kolaborasi dengan game mobile Bleach Brave Souls tahun 2019 mendatang. Lebih dari sekedar event kolaborasi, bisa saja seri Can't Fear Your Own World akan dijadikan pondasi cerita baru Bleach yang akan dijadikan adaptasi anime bersama arc Thousand Year Blood War.

Kru KotGa belum lama ini juga mengamati gerak-gerik dari Yonkou Productions yang memberi sinyal kalau dia sudah tahu akan eksistensi seri anime Bleach. Berdasarkan informasi, dia telah melihat semacam bocoran PV lama dan konsep yang masih dirahasiakan dari publik mengenai suatu proyek anime baru. Dia berkicau di akun Twitternya mengenai "Jadi seri ini masih belum mati ternyata" dan juga "Ini adalah saat terbaik untuk menjadi fans Bleach." Intinya, Yonkou Productions pasti mengetahui informasi penting yang bahkan bagi seorang sumber dalam seperti dirinya tidak bisa membocorkannya begitu saja. Bagi kamu yang masih asing dengan Yonkou Productions, dia adalah salah satu sumber terpercaya yang sering memberi bocoran dan update terbaru mengenai industri anime.

Baca ini juga :

» Alasan Sebenarnya Kenapa Anime Harem Selalu Disukai dan Dibenci
» 5 Anime yang Cocok Tayang di Televisi Indonesia - Part 5
» Nikmatnya ke Dunia Lain, Inilah 8 Anime Isekai Terbaik!
» 5 Anime yang Cocok Tayang di Televisi Indonesia - Part 4
» Apakah Pembajakan Akan Membuat Developer Tidak Lagi Merilis Game di PC?

Untuk detail terakhir yang berhasil Kru KotGa dapat datang dari akun Twitter resmi Studio Pierrot (studio yang dulunya mengerjakan anime Bleach), dimana mereka mengunggah artwork desain anime Ichigo, Hitsugaya, Byakuya dan Rukia dalam kostum kasual. Postingan ini menginformasikan kalau pihak studio nantinya akan membuka booth khusus untuk menjual beragam merchandise spesial di ajang Jump Festa 2019. Dibandingkan postingan lainnya yang mempromosikan merchandise Naruto, Yu Yu Hakusho serta Tokyo Ghoul, postingan mengenai Bleach inilah yang paling banyak mendapat respon dan antusiasme dari para fans. Ajang Jump Festa 2019 akan diadakan pada tanggal 22 Desember mendatang, jadi bisa saja ada kejutan khusus yang sudah disiapkan untuk Bleach.

Jika harus dikompilasi, berikut ini adalah beragam proyek Bleach selama tahun 2018 ini:

  • Film live-action yang juga ditayangkan di Netflix
  • Pembukaan akun Instagram resmi Bleach
  • Event Bleach: Brave Souls dengan arc Thousand Year Blood War
  • Kampanye besar-besaran [I'M] STILL BLEACH di Jepang
  • Peluncuran Art Book Bleach Illustrations: JET
  • Kelanjutan dua chapter seri light novel Can't Fear Your Own World
  • Peluncuran manga spin-off Bleach yang berjudul Burn the Witch
  • Kehadiran Ichigo dan Rukia dengan desain baru di game Jump Force

Kompilasi di atas bahkan belum termasuk pencapaian Bleach sebagai seri anime shonen tersukses dan paling laris versi TV Tokyo selama tahun 2018. Dari semua bocoran detail yang ada sejauh ini, serta keyakinan dari beragam sumber dalam yang mulai memberikan sinyal akan eksistensinya, bisa dibilang Bleach akan kembali bangkit dengan seri anime terbarunya. Bukan hanya sekedar mencakup cerita arc Thousand Year Blood War, tapi proyek anime ini sepertinya akan memperbaiki beragam keganjalan dalam plot ceritanya serta penambahan arc cerita baru dari seri light novel terbarunya. Sesuatu yang besar akan segera datang untuk Bleach, dan saat ini antusiasme dari para fans sudah tidak bisa dibendung lagi.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru